PROMO PAYDAY! SERBU PAKET DATA SCIENCE 3 BULAN CUMA 100K!
Diskon Spesial 95% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 13 Jam 23 Menit 11 Detik 

Belajar Visualisasi & Storytelling Data Excel, Yuk!

Belajar Data Science di Rumah 08-November-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/df46b17e54ed322ffcdb0fb479b1d1f7_x_Thumbnail800.jpg

Memvisualisasikan data merupakan salah satu skill wajib yang harus dimiliki oleh seorang praktisi data khususnya data scientist. Mengapa? karena seorang data scientist memiliki salah satunya tanggung jawab atau peran untuk dapat mengkomunikasikan hasil dari analisis kepada para semua audience yang mungkin tidak memiliki background IT. Untuk dapat mengkomunikasikan hasil analisis, kamu juga perlu memiliki kemampuan storytelling yang baik.


Dengan begitu kamu dapat mengemasnya dengan bahasa yang lebih sederhana sehingga audiance yang mungkin berasal dari lintas divisi dapat memahami informasi yang telah kamu sampaikan. Excel merupakan salah satu tools yang bisa menjadi pilihan tepat untuk kamu belajar visualisasi data. 


Belajar visualisasi dan storytelling data menyenangkan dan interaktif bersama DQLab melalui sesi live class bisa kamu jadikan pilihan untuk mengupgrade skill data science kamu. Belajar dibimbing oleh mentor-mentor dari yang kompatibel di bidangnya dengan materi dan video yang dapat diakses selamanya. Kamu juga dapat membangun portfolio data yang outstanding. Penasaran? Yuk, intip visualisasi data dengan excel sekarang pada artikel dibawah ini!


1. Konsep Visualisasi dan Storytelling Data

Data storytelling terdiri dari sejumlah komponen penting. Pertama data yang akan disampaikan, kedua narasi yang dibutuhkan dan ketiga visual yang cocok. Sedangkan Data visualization merupakan representasi grafis dari informasi dan data. 


Beberapa perusahaan besar berhasil menggunakan storytelling dalam menunjang kinerja bisnis. Berikut contoh-contoh data storytelling.

  • Google : Jika kamu pengguna gmail dan google map dan sering bepergian dari satu kota ke kota lainya, riwayat perjalan kamu yang terekam oleh google map tersebut akan disajikan dalam tampilan grafis yang menarik, dengan menggunakan visual peta perjalanan dan narasi yang bagus.

  • Spotify: Dengan menampilkan visual yang  menggambarkan kebiasaan dan minat para audiens selama menggunakan meraka.


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Visualisasi Data Piktogram dengan Excel

Salah satu cara membuat data visualisasi yang menarik adalah dengan memanfaatkan diagram interaktif. Apakah kita bisa membuat piktogram interaktif menggunakan excel? Sudah pasti jawabanya Ya! Hal pertama yang harus kita lakukan untuk membuat piktogram interaktif adalah menyiapkan datanya.


Pada contoh kali ini, DQLab menggunakan data jumlah proporsi laki-laki dan perempuan di dusun A sebagai berikut

Excel

Excel


3. Visualisasi Menarik dan Mudah Dipahami

Untuk menampilkan suatu data, kamu tidak bisa langsung membuat desain. Ada beberapa langkah atau tahapan yang harus dilakukan terlebih dahulu. Ini dia penjelasan lebih lengkapnya. 

  • Tetapkan tujuan

    Menetapkan tujuan dari penyajian data itu sendiri. Tujuan ini nantinya akan memudahkan kamu untuk menentukan konsep. Pembuatan data visual pun akan lebih terarah.

  • Tetapkan target

    Dengan memnbuat target kamu dapat menyesuaikan desain data visual supaya mudah dipahami oleh audiens.

  • Dapatkan dan Olah Data

    Tahap ini mungkin akan terus berulang sampai kamu mendapatkan data yang cukup untuk divisualisasikan. 

  • Sajikan Data

    Untuk meningkatkan akurasi data dengan visualnya, sebaiknya gunakan software atau aplikasi khusus untuk visualisasi atau penyajian data. 


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


4. Visualisasi Peta dengan Tipe Data

Kamu dapat menggunakan bagan peta untuk membandingkan nilai dan memperlihatkan kategori di seluruh kawasan geografis. Cukup masukkan daftar nilai geografis, seperti negara, negara, provinsi, kota, kode pos, dan sebagainya, lalu pilih daftar Anda dan masuk ke tab Insert -> Maps -> Filed Map.


excel

excel


excel



Tunggu apalagi buruan gabung sesi live class bersama DQLab. Selain materi tentang visualisasi dan storytelling data kamu juga akan mendapatkan materi Excel lainnya mencakup teknik filtering, rumus Excel sederhana dan advance, bahkan melakukan data explorasi dengan menggunakan dataset Drama Korea, lho. Menarik banget kan?


excel


Yuk, gunakan waktu weekend kamu untuk upgrade skill data science bersama mentor-mentor DQLab yang kompatibel dibidangnya.Selain itu materi dan video recording yang dapat diakses selamanya membuat belajar kamu makin fleksibel. Caranya mudah cukup:

  • Klik Tombol Daftar Sekarang

  • Selesaikan Pembayaran Melalui Midtrans

  • Kamu akan mendapatkan instruksi untuk mengikuti kelas selambatnya 24 jam setelah pembayaran (mohon cek email & whatsapp untuk informasi lebih lanjut)

  • Hubungi CS DQLab di wa.me/6281399253075 jika mengalami kendala atau belum mendapatkan konfirmasi setelah melakukan pembelian.


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :