DOBEL DISKON 95% + 10% SPESIAL PROMO PUNCAK 7.7!
Belajar Data Science Paket Premium cuma 6 Bulan Hanya 177K!
SERBU SEKARANG!
Pendaftaran ditutup dalam 2 Hari 9 Jam 22 Menit 12 Detik 

Berangkat sebagai Programmer, Ifan Kini Switch Career Menjadi Seorang Data Analyst

Belajar Data Science di Rumah 05-Oktober-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/380440771d351fc72e23cbc72b265574_x_Thumbnail800.jpg

Dalam dunia kerja, tak sedikit yang pada akhirnya justru beralih profesi dari satu pekerjaan ke pekerjaan lainnya. Hal ini biasanya disebabkan beberapa faktor, mulai dari ingin mencari pekerjaan yang sesuai dengan passion, ingin menambah pengalaman di bidang lain, merasa tidak puas dengan kemampuan yang dimiliki, dan bahkan merasa tidak tercukupi akan gaji yang diterima. Tapi lain halnya dengan yang dialami oleh Ifan Samuel, semula berprofesi sebagai programmer, kini justru banting setir menjadi seorang Data Analyst. Menurutnya, itu semua terjadi secara tidak sengaja dan tidak pernah terbayangkan sebelumnya. Hmm bagaimana ya? Yuk, simak cerita selengkapnya!


1. Tak Pernah Terpikirkan Sebelumnya

Sejak awal berkarir sebagai technical programmer, Ifan mengaku fokus dalam membuat wadah untuk data. Namun seiring berjalannya waktu, Ifan menilai perkembangan data di era transformasi digital saat ini sangat signifikan. Ia merasa, data menjadi hal yang sangat dibutuhkan bagi hampir seluruh perusahaan. Data dipercaya dapat membawa perubahan yang baik bagi bisnis perusahaan, jika bisa mengolahnya dengan cara yang tepat. Dengan segala pertimbangan, Ifan akhirnya memutuskan untuk terjun ke dunia data. Tak sia-sia, kini ia berhasil menjadi Data Analyst di RupaRupa.com, salah satu e-commerce resmi dari sejumlah perusahaan penjual perabot rumah tangga.


Baca juga : Visualisasi Data: Kunci Galuh Berhasil Beralih Karir ke Bidang Data Science


2. Menimba Ilmu di DQLab, Ini Kompetensi yang Ifan Persiapkan untuk Terjun ke Bidang Data

Guna memaksimalkan kompetensi dalam diri, Ifan memutuskan untuk belajar data science bersama DQLab. Selain memaksimalkan kompetensi dalam diri, hal ini bertujuan agar dirinya bisa mendapatkan pengarahan selama proses belajar data science berlangsung. Dari sejumlah materi yang ia pelajari di DQLab, berikut adalah beberapa materi yang baginya sangat berguna dalam pekerjaannya sekarang.


  • Microsoft Excel

Tools sederhana seperti Ms. Excel seringkali terlupakan, padahal tools ini sangat berguna untuk mengolah data.

  • Query (SQL)

Query dibutuhkan agar dapat menarik data yang kemudian akan diolah. SQL merupakan salah satu bahasa yang saya pelajari.

  • Python

Ifan fokus untuk mempelajari implementasi Python dalam industri, agar dapat memahami bagaimana penggunaannya di dunia nyata.


3. Tips Belajar & Sukses Berkarir di Dunia Data Versi Ifan

Menurut Ifan, ada hal yang perlu kamu perhatikan saat kamu memutuskan untuk beralih profesi, terlebih jika ingin berkarir di dunia data science. Jangan pernah untuk sekedar mencoba. Baginya, ada baiknya jika kamu kenali terlebih dulu apa yang sebenarnya kamu sukai dan kamu perdalam itu dengan terus mempelajarinya. Jangan sampai di tengah jalan, kamu justru kebingungan, antara ingin melanjutkan karir yang baru atau justru balik ke pekerjaan kamu sebelumnya.


“Untuk terjun di dunia nyata, yang paling penting adalah jangan asal coba-coba. Kenali dahulu passion-mu, baru kemudian kembangkan diri sesuai passion. Selama mengikuti passion, seharusnya bekerja menjadi lebih menyenangkan,” kata Ifan.


Baca juga : Persiapan untuk Memulai Karir di Bidang Data Versi Sandi Member DQLab


4. Yuk, Mulai Karirmu Seperti Ifan dengan Mulai Belajar Data Science Bersama DQLab

Menjadi sukses bukan tanpa proses, Sahabat Data DQLab! Kamu juga bisa kok seperti Ifan. Belajar adalah kunci awal kesuksesan. Seperti yang dilakukan Ifan, sebelum akhirnya banting setir menjadi Data Analyst, Ifan terlebih dulu mempelajari tentang data science secara mendalam. Hal itu ia lakukan agar dirinya bisa melakukan kinerja semaksimal mungkin yang bisa ia lakukan. Dengan begitu, kamu pun bisa mendapatkan kredibilitas dengan sendirinya.


Yuk, mulai belajar data science di DQLab! Metode pembelajaran yang praktis dan aplikatif bisa kamu dapatkan di sini. Materi-materi yang akan disampaikan dikemas dalam bentuk modul yang bisa kamu akses secara gratis. Nantinya, kamu akan dibantu oleh fitur Live Code Editor yang akan mengarahkanmu untuk memahami setiap modulnya. Era tranformasi digital, saatnya belajar data science di DQLab!


Penulis : Sandi Sabar Rahman 

Editor : Annissa Widya Davita

Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!