DOBEL DISKON 95% + 10% SPESIAL PROMO PUNCAK 7.7!
Belajar Data Science Paket Premium cuma 6 Bulan Hanya 177K!
SERBU SEKARANG!
Pendaftaran ditutup dalam 2 Hari 8 Jam 35 Menit 32 Detik 

Berawal Dari NON IT, Ricky Sukses Berkarir Menjadi Lead Data Engineer

Belajar Data Science di Rumah 22-Februari-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/b05aa9d97aff3f4200e7270a4a698821_x_Thumbnail800.jpg

“Hai, Aku Ricky Nauvaldy, Lulusan NON-IT yang Berkarir sebagai Lead Data Engineer di Akseleran, Simak Kisahku, Yuk!”


Rasanya bukan hal yang mudah bagi banyak orang untuk memilih karir yang bersebrangan dengan background pendidikan yang kita miliki, termasuk aku. Sebagai lulusan teknik fisika, tentunya cukup panjang perjalanan yang aku lewati sebelum akhirnya kini aku berprofesi sebagai data engineer, Sahabat DQ.


Sebelumnya, aku mengawali perjalan karirku di dunia data sebagai junior software engineer terlebih dahulu. Banyak tantangan yang harus aku lewati sebagai praktisi data yang bukan berasal dari kalangan IT. Namun, itu semua aku lewati dengan penuh keikhlasan, karena aku tahu sesuatu yang indah memang butuh perjuangan. 


Kali ini, aku ingin berbagi sedikit cerita ke kalian, Sahabat DQ! Tentunya, tentang perjalananku dalam meraih impian sebagai praktisi data.


1. Mempelajari Skill Set Dasar yang Dibutuhkan Seorang Data Engineer

Dalam mempersiapkan diri sebagai praktisi data, belajar dan berlatih tentu menjadi makanan sehari-hari bagiku, Sahabat DQ. Layaknya seorang bayi, aku pun merasa buta dengan semua yang ada dalam dunia data science. Oleh sebab itu, perlahan aku mulai mempelajari semua kebutuhan praktisi data, khususnya sebagai data engineer. SQL, Python, dan Talend Open Studio adalah sebagian tools yang aku pelajari dan pahami pada saat memulai perjalanan di industri data. Apa fungsi mereka dan bagaimana cara kerjanya, menjadi prinsip dasar dalam mempelajarinya. Selain itu, aku juga mengasah skill analisisku agar semakin tajam dalam memecahkan permasalahan yang nantinya aku temui di lapangan.


Baca juga: Cara Menjadi Data Engineer : Yuk Pahami Kompetensi Data Engineer dan Data Scientist


2. Tingkatkan Kompetensi bersama DQLab

Bagiku yang tidak memiliki background pendidikan IT, aku merasa membutuhkan seseorang yang bisa memberikanku arahan dalam proses belajar. Singkat cerita, aku menemukan DQLab sebagai salah satu media pembelajaran data science berbasis online. Hal ini aku rasa menjadi pilihan yang tepat untukku menggali pengetahuan yang lebih dalam tentang data. Sebab, pada akhirnya aku bisa bertemu dengan para mentor yang selalu siap memberikan arahan dan masukan.


Bagiku, belajar bersama DQLab menjadi hal yang sangat menyenangkan, Sahabat DQ. Aku bisa belajar secara mandiri dimana saja dan kapan pun dengan bantuan fitur Live Code Editor dengan materi yang dikemas secara menarik. Sehingga aku merasa pembelajaran menjadi kondusif dan efektif. Perjalanan inilah yang pada akhirnya mengantarkanku sebagai data engineer di PT Informasi Teknologi Indonesia, di awal karirku.


3. Nikmati Prosesnya dan Terus Gali Kemampuan Diri

Dalam membangun istana yang megah dan indah, tentu membutuhkan waktu dan proses yang cukup rumit. Sama halnya dengan apa yang telah aku perjuangkan dalam meraih impianku selama ini untuk bisa menjadi seorang praktisi data. Mungkin akan ada saja orang yang melihat apa yang kini aku miliki, diraih secara instan dalam waktu sekejap. Padahal nyatanya, di balik itu semua ada banyak cucuran keringat yang menetes dalam perjalananku. Bahkan hingga hari ini, aku terus memperkaya diriku dengan ilmu baru. Tenang saja, Sahabat DQ, kamu yang saat ini tengah memperjuangkan mimpimu, teruslah kejar dan jangan pernah lelah.


Baca juga: Tugas Utama Data Engineer yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Terjun ke Industri


4. Yuk, Maju Bersama dengan Terus Belajar!

Seperti yang sudah aku bilang, belajar dan berlatih adalah modal utama seseorang yang ingin memiliki karir cemerlang di industri data. Aku yakin, kamu juga bisa sepertiku, Sahabat DQ! Kamu bisa memilih cara belajarmu sesuai dengan gaya belajar dan kebutuhanmu. Sendiri, di lembaga pendidikan, atau mencari teman belajar, semuanya memiliki keuntungannya masing-masing.


Tapi kalau kamu mau mengikuti caraku, kamu juga bisa kok belajar bersama DQLab. Akan ada banyak materi yang menjawab kebutuhan kamu di DQLab yang bisa kamu pelajari. Tampilannya yang menarik dan mudah dipahami membuatku merasa tidak sia-sia dalam menjalani prosesnya. Yuk, saatnya belajar bersama DQLab!

Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!