GIMANA MEMULAI KARIER JADI DATA ANALYST?
Simak caranya di webinar GRATIS dan raih DOORPRIZE menarik!
DAFTAR SEKARANG!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 0 Jam 15 Menit 20 Detik 

Berawal dari Posisi Data Reporting, Ismaniar Kini Sukses Berkarir sebagai Data Analyst

Belajar Data Science di Rumah 13-Juli-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/8d2ba8d1f580a9bbab04318cac1b9a41_x_Thumbnail800.jpg

Menjalani kegiatan sebagai data reporting nampaknya tak membuat Ismaniar Febriani puas diri akan pencapaiannya di industri data. Justru, ia merasa apa yang ia kerjakan terkesan monoton. Oleh sebab itu, ia memutuskan untuk memperdalam data science dan mencari hal baru yang lebih memberikan tantangan. "Saat saya baru mulai belajar data, saya hanya mengenal Ms. Excel untuk proses pengolahan data. Namun perlahan saya merasa pekerjaan saya repetitif dan ingin mencoba hal baru," kata Ismaniar.


Salah satu upaya yang dilakukan Ismaniar adalah dengan mengikuti kursus online di DQLab. Dengan begitu ia berharap bisa mendapatkan ilmu dan insight baru tentang dunia data science. "Setelah mengikuti salah satu program DQLab, saya menjadi semakin tertarik dengan dunia data. Saya berkeinginan untuk mendalami dunia Data Science dan juga ragam tools yang ada," tambahnya. Untuk itu, kali ini Ismaniar akan membagikan tips dan juga cerita pengalamannya selama belajar bersama DQLab. Ini dia cerita selengkapnya!


1. Pengalaman Ismaniar Mengikuti Program DQLab berupa Bootcamp

Ketika memulai belajar di DQLab, hal yang pertama Ismaniar lakukan adalah mempelajari dasar data science yakni terkait dengan cleansing data. Hal ini berguna untuk memudahkannya mempelajari materi selanjutnya. Satu hal yang menarik dan paling ia sukai selama belajar di DQLab adalah live session yang dipandu langsung oleh mentor praktisi data. Dengan begitu, ia dan peserta lainnya bisa langsung bertanya maupun bertukar pandang seputar data science dengan para mentor. "Dengan pengalaman yang sangat menyenangkan ini, saya semakin yakin untuk terus belajar Data Science bersama DQLab," ujarnya.


Baca juga : Ikuti Program Beasiswa Bootcamp Data Science, GRATIS!


2. Kompetensi Baru yang Ismaniar Implementasikan dalam Pekerjaan Kesehariannya!

Dari sejumlah materi yang telah ia pelajari di DQLab, skill mengoperasikan SQL menjadi salah satu skill yang ia implementasikan dalam pekerjaan sehari-harinya, terutama dalam pembuatan query. Selain SQL, perempuan yang kini bekerja sebagai data analyst di PT EDI Indonesia ini juga mengungkapkan jika dirinya berharap bisa mengimplementasikan ilmu yang berkaitan dengan visualisasi data. Hal tersebut semata-mata agar ia bisa menggunakan tools lebih banyak lagi. "Ke depannya, saya berharap bisa menggunakan beragam tools, tidak hanya dengan Sisense BI yang saya pergunakan saat ini," harapannya setelah belajar data science.


3. Tips Sukses Berkarir Versi Ismaniar

Salah satu tips yang sangat ampuh dalam mempelajari suatu bidang adalah dengan mencintai bidang tersebut. Sama seperti yang dikatakan Ismaniar, baginya yang terutama adalah buatlah diri kalian tertarik dengan data terlebih dulu. Dari sini nantinya kamu bisa mengetahui value apa saja yang akan dihasilkan. Ismaniar menambahkan, menjadi pribadi yang memiliki rasa ingin tahu juga bisa mendorong kamu untuk bisa belajar lebih semangat. "Jadilah pribadi yang 'kepo' dan haus akan ilmu. Setiap harinya, asah pola pikir logika yang kamu miliki dan pemahaman akan query. Dan yang terakhir, pahami proses bisnis," pungkasnya,


Baca juga : Visualisasi Data: Kunci Galuh Berhasil Beralih Karir ke Bidang Data Science


4. Bangun Semangat Belajar & Siapkan Diri Menjadi Seorang Praktisi Data yang Handal!

Menjadi seorang praktisi data di era digital sekarang memberikan kemudahan bagi kamu untuk bisa berkarir. Sebab, hampir di seluruh lini bisnis perusahaan kini tengah mengedepankan pengolahan data. Mengapa? Sebab data dianggap sebagai harta karun yang bisa memberikan insight dan perubahan yang lebih baik lagi untuk perusahaan. Oleh sebab itu, perusahaan membutuhkan infrastruktur yang mumpuni dan tenaga ahli yang bisa memanfaatkan data sebaik mungkin.


Salah satu hal yang bisa kamu tempuh untuk bisa menjadi praktisi adalah dengan mempelajari data science secara kursus online di DQLab. Di DQLab kamu bisa mempelajari sejumlah modul data science secara mandiri dengan bantuan fitur Live Code Editor. Kamu juga tidak perlu repot ke sana kemari, sebab materi pembelajaran bisa kamu akses dimana dan kapan pun kamu mau. Yuk, mulai jelajahi dunia data science bersama DQLab!


Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!