Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Berbagai Tools Data Engineer yang Patut Kamu Coba

Belajar Data Science di Rumah 24-Mei-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/f29226b57360069477eb7c6271c28ca9_x_Thumbnail800.jpeg

Saat ini berbagai profesi yang berkaitan dengan data menjadi semakin populer. Ya, kecanggihan teknologi yang kita rasakan sekarang memang memiliki begitu banyak efek ke berbagai bidang, salah satunya dalam bidang data. Salah satu profesi yang berkaitan dengan data adalah data engineer, dimana dalam proses pengerjaannya pun memerlukan bantuan tools data engineer untuk memudahkan dan mengefisienkan pekerjaan.


Data engineer merupakan suatu profesi dalam bidang data yang secara umum bertanggung jawab terhadap infrastruktur data perusahaan, mulai dari mengumpulkan data, mengembangkan data, dan memelihara data. Kini berbagai tools data engineer juga sudah banyak tersedia dan bisa dipilih serta digunakan oleh pengguna sesuai kebutuhan dan tujuan penelitian. Berikut beberapa tools data engineer yang bisa kamu coba.


1. Kafka

Kafka adalah salah satu tools data engineer yang bersifat open source sehingga gratis digunakan dan terbuka untuk siapa saja. Kafka memiliki beberapa kelebihan seperti bisa digunakan untuk menyimpan, menerima dan mengirim data, bisa digunakan dalam kelompok atau cluster, serta bisa digunakan untuk mereplikasi data ke node-node lainnya. Kafka seringkali digunakan data engineer untuk membuat data pipelines menggunakan data streaming secara real time.

Data Engineer


Baca juga : Mengenal Data Engineer dan Prospek Karirnya


2. Snowflake

Snowflake merupakan salah satu aplikasi yang sering digunakan para praktisi data terutama dalam proses data warehouse. Snowflake ini termasuk ke dalam database multidimensional dalam data warehouse. Salah satu alasan disebut snowflake adalah dikarenakan database berupa skema memiliki beberapa tabel yang menyerupai kepingan salju. Beberapa kelebihan dari Snowflake adalah cocok ke lebih banyak tool dan hemat storage. Selain itu Snowflake juga memiliki beberapa kekurangan seperti skema data kompleks, proses lebih lambat dan integritas data yang lebih rendah.

Data Engineer  


3. Apache Spark

Apache Spark merupakan sebuah framework yang sering digunakan untuk mengakses data dari berbagai sumber berbeda lalu diolah dan disimpan ke dalam media penyimpanan data. Apache Spark ini juga bersifat open source dan sudah sering digunakan untuk pemrosesan big data. Beberapa kelebihan dari Apache Spark antara lain performa lebih cepat, mudah digunakan, serta dilengkapi dengan SQL Library, Streaming dan Graph Analysis.

Data Engineer


4. Tableau

Proses visualisasi data adalah bagian penting dalam kegiatan analisis data yang mana tujuannya untuk memudahkan pengguna dalam memahami hasil analisis data. Salah satu tools untuk visualisasi data adalah Tableau. Tableau ini memiliki berbagai manfaat seperti untuk membantu pembuatan keputusan bisnis, alat visualisasi data yang praktis, menghubungkan kumpulan data, membuat laporan taktis dengan praktis, analisis tren dan pola data, serta meningkatkan pengalaman pelanggan.

Data Engineer


Baca juga : Data Enginer VS Data Scientist


Data engineer dalam menjalankan tugasnya memerlukan bantuan tools data engineer yang gunanya untuk memudahkan proses analisis data serta memuat prosesnya lebih efisien. Saat ini pun banyak pilihan tools yang dapat dipilih oleh data engineer dan bersifat open source sehingga bisa diakses siapa saja.


DQLab merupakan suatu platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan berbagai bahasa pemrograman populer. Selain itu DQLab merupakan platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT.


DQLab juga menggunakan metode HERO, yaitu Hands-On, Experiental Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis & aplikatif yuk langsung saja sign up di DQLab.id/signup 


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login