Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS

Berikut Beberapa Fungsi Excel yang Perlu Kamu Coba

Belajar Data Science di Rumah 13-Maret-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1-longtail-jumat-08-2024-03-15-171206_x_Thumbnail800.jpg

Halo teman-teman, kalian sudah tahu bukan dengan aplikasi microsoft excel? Ya, aplikasi ini sering digunakan untuk berbagai keperluan seperti merapikan data, membuat tabel, menghitung perhitungan matematika, menganalisis data, memvisualisasi data, dan masih banyak manfaat lainnya. Ragam fungsi excel yang tersedia dapat dipilih sesuai kebutuhan pengguna. Dengan memaksimalkan fungsi excel yang ada tentu akan lebih mengefisienkan pekerjaan.


Microsoft excel adalah suatu software bagian dari Microsoft. Software ini telah lama dikenal mulai dari usia pelajar sampai pekerja sekalipun. Microsoft excel memiliki banyak kegunaan seperti untuk menghitung kumpulan data dalam berbagai operasi, membuat daftar laporan keuangan, mencari nilai dari kumpulan data, membuat daftar nilai, membuat daftar kehadiran, menghitung kurs mata uang, menganalisis data, menyajikan data dalam berbagai bentuk visualisasi, dan masih banyak lainnya.


Pada artikel kali ini kita akan mengenali beberapa fungsi excel yang biasa digunakan.


1. SUMIF

Aplikasi Microsoft Excel bisa digunakan untuk membantu perhitungan operasi aritmatika, salah satunya adalah dengan menggunakan rumus penjumlahan. Penjumlahan dalam excel bisa menggunakan penjumlahan biasa maupun penjumlahan bersyarat.


Untuk penjumlahan biasa dapat menggunakan rumus SUM, sedangkan untuk penjumlahan bersyarat dapat menggunakan rumus SUMIF. Pada rumus SUMIF, pengguna menjumlahkan data namun data yang akan dijumlahkan harus memiliki syarat tertentu.


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Rumus UPPER

Upper adalah salah satu rumus atau fungsi dalam excel yang berfungsi untuk mengubah kata atau kalimat menjadi huruf besar. Rumus ini berfungsi bagi kalian yang mungkin sudah terlanjur mengetik teks huruf kecil yang panjang dan ingin mengubah teks tersebut menjadi huruf besar. Tentu hal itu akan memakan waktu yang lama jika kita menulis ulang kembali teksnya bukan? Oleh karena itu kita bisa memanfaatkan rumus excel yaitu Upper, dengan sintaks umumnya =UPPER(text). Berikut contoh penggunaannya sebelum menggunakan rumus upper:


Excel


Setelah di klik enter maka hasilnya sebagai berikut:

Excel


3. Rumus LOWER

Jika pada bagian sebelumnya kita mengenali cara mengkonversi huruf kecil menjadi huruf besar, maka dalam excel juga tersedia cara mengubah huruf besar menjadi huruf kecil. Caranya hampir sama dengan rumus upper. Hanya saja pengguna cukup mengetikkan sintaks umumnya yaitu =LOWER(text). Untuk memahaminya perhatikan contoh berikut.


Sebelum menggunakan rumus lower:

Excel


Setelah menggunakan rumus lower:

Excel


4. AVERAGE

Rumus Average merupakan salah satu rumus excel yang sering digunakan dalam perhitungan matematika. Sebagai contoh mudah seorang guru yang merekap nilai siswanya mulai dari menentukan nilai tertinggi, nilai terendah, dan mencari nilai rata-rata.


Untuk mempermudah pekerjaannya dengan banyaknya data jumlah siswa yang ada, pengguna dapat menerapkan rumus Average dalam excel sehingga tidak perlu menghitungnya dengan cara manual.

 Excel


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with Excel


Fungsi-fungsi atau rumus yang tersedia dalam excel memberikan begitu banyak manfaat bagi penggunanya. Setiap fungsi memiliki kegunaan masing-masing yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab dan ikuti Bootcamp Data Analyst with Excel.


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login