Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS

Berikut Definisi NPV dan IRR pada Excel

Belajar Data Science di Rumah 01-November-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/longtail-selasa-08-2023-11-01-185736_x_Thumbnail800.jpg

Microsoft excel merupakan suatu software yang berada di bawah naungan microsoft. Microsoft excel ini memiliki beragam fungsi atau formula yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Salah satu contoh nyata dan sering dijumpai menggunakan excel adalah dalam bidang keuangan.


Terdapat berbagai fungsi atau formula yang bisa digunakan untuk keuangan, salah satunya adalah fungsi keuangan (NPV/IRR) pada excel.


Seiring perkembangan zaman saat ini pekerjaan tidak hanya dilakukan secara offline. Saat ini banyak media yang dapat diakses atau dikerjakan secara online. Hal itu tentunya memerlukan bantuan bahasa pemrograman atau software terkait.


Microsoft excel adalah salah satunya. Terdapat banyak keuntungan mempelajari excel. salah satunya adalah tersedianya beragam fungsi atau rumus yang bisa diterapkan untuk berbagai bidang. Yuk, simak artikel berikut ini bersama-sama!


1. Fungsi Keuangan

Dalam dunia bisnis baik itu skala kecil maupun besar, catatan alur masuk dan keluar pada kas bisnis adalah suatu poin penting yang tidak bisa terlewatkan. Penggunaan fungsi keuangan juga suatu hal yang perlu dipelajari dan diterapkan dengan baik dalam dunia bisnis.


Dengan pengelolaan manajemen keuangan seperti menjaga arus kas stabil, membuat struktur modal, perhitungan untung-rugi dan lainnya jika dikelola dengan baik dan diseimbangan denan faktor lainnya tentu akan memberi impact yang baik terhadap bisnis seseorang.


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Fungsi Keuangan Excel

Seperti yang telah kita ketahui bahwa microsoft excel adalah suatu software yang memberikan banyak fungsi tergantung dengan keperluan.


Contoh mudah adalah dalam bidan keuangan, excel menyediakan berbagai fungsi keuangan yang bisa digunakan yaitu seperti fungsi PV, FV, PMT, NPV, IRR, MIRR, YIELDMAT, YIELD, YIELDDISC,XNPV, VDB, TBILLPRICE, TBILLEQ, SYD, SLN, RECEIVED, RATE, RRI, PRICEMAT, PRICEDISC, PPMT, PRICE, NPER, NOMINAL, MDURATION, ISPMT, IPMT, EFFECT,DISC, DDB, dan masih banyak lainnya.


3. Fungsi NPV

Pada bagian sebelumnya kita telah mengenal fungsi keuangan dalam bisnis dan beberapa formula atau rumus keuangan terdapat di excel. NPV atau biasa dikenal dengan Net Present Value merupakan sebuah konsep penting dalam suatu perusahaan yang berguna untuk mengukur kemampuan perusahaan dalam menjalankan investasinya yang nantinya akan berdampak pada cash flow perusahaan.


Jika NPV bernilai positif, maka proyek tersebut diharapkan akan memperoleh keuntungan, dan bila NPV bernilai negatif maka diharapkan tidak mengeluarkan biaya yang berlebihan. Secara umum sintaks dari rumus NPV dalam excel adalah sebagai berikut.

Excel


Jika n adalah jumlah arus kas dalam daftar nilai, maka rumus untuk NPV adalah

Excel


4. Fungsi IRR

IRR atau Internal Rate of Return merupakan tingkat bunga atau rate of return pada saat nilai sekarang dari net cash flow dikurang dengan investasi awal sama dengan nol. IRR ini berkaitan erat dengan NPV, fungsi nilai bersih saat ini .


Tingkat pengembalian yang dihitung oleh IRR adalah suku bunga yang sesuai dengan nilai bersih 0 (nol) saat ini. Berikut rumus sintaks IRR dalam excel

Excel


dengan argumen Nilai, yaitu array atau referensi ke sel yang berisi angka yang ingin dipakai untuk menghitung tingkat pengembalian internal. Argumen Perkiraan merupakan angka yang diperkirakan mendekati hasil IRR.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with Excel


Fungsi keuangan dalam excel terdapat berbagai macam jenis yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. kamu juga bisa belajar rumus excel lainnya di DQLab.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.

Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login