2 DAYS ONLY FLASH SALE 5.5
Belajar Data Science 3 Bulan hanya 99K!

1 Hari 13 Jam 11 Menit 29 Detik

Berikut Kumpulan Tools Data Engineer yang Populer

Belajar Data Science di Rumah 08-April-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-senin-04-2024-04-06-212344_x_Thumbnail800.jpg

Halo teman-teman, tentu kalian tahu saat ini profesi yang sedang naik daun dan banyak dibutuhkan adalah profesi praktis data, yang salah satunya adalah data engineer. Data engineer adalah suatu profesi yang secara umum bertanggung jawab terhadap data perusahaan. Seorang data engineer perlu memiliki keahlian dalam menguasai tools data engineer untuk meringankan beban dan tanggung jawabnya dalam mengatasi database perusahaan.


Pada era teknologi maju seperti sekarang ini, diperlukan suatu keahlian dalam mengimbangi kecanggihan teknologi. berbagai keahlian yang diperlukan antara lain seperti menguasai data science, bisa mengoperasikan tools data engineer yang diperlukan sesuai dengan kebutuhan, bisa menganalisis data, mengetahui dasar-dasar machine learning, dan masih banyak lainnya. Pada artikel kali ini kita akan mengenal apa saja tools data engineer yang sering digunakan. Yuk, simak bersama-sama!


1. Python

Python adalah suatu bahasa pemrograman yang beberapa tahun terakhir ini menjadi yang paling populer di kalangan para programmer. Bahasa python ini termasuk bahasa pemrograman tingkat tertinggi dan bersifat open source sehingga bisa digunakan oleh siapapun dengan biaya yang gratis. Bahasa python ni telah sering digunakan untuk mengembangkan situs dan perangkat lunak, menganalisis data, visualisasi data, dan lainnya. 


Data Engineer


Baca juga : Mengenal Data Engineer dan Prospek Karirnya


2. Power BI

Power BI merupakan salah satu tools data engineer yang sering digunakan untuk kepentingan bisnis. Power BI ini termasuk bagian dari Microsoft dan memiliki beberapa versi seperti Power BI Desktop, Power BI Service, Aplikasi Power BI untuk Android dan IOS, Power BI Report Builder dan Power BI Report Server.


Power BI pada umumnya termasuk ke dalam software yang gratis namun hanya memiliki beberapa fitur terbatas. Namun jika pengguna ingin menambahkan atau menggunakan beberapa fitur tambahan maka pengguna dapat mengupdate beberapa paket yang tersedia dengan membayar sejumlah tertentu.

Data Engineer


3. Snowflake

Snowflake termasuk salah satu skema database multidimensional dalam data warehouse. Snowflake ini memiliki beberapa karakteristik yang menjadi ciri khasnya. Beberapa diantaranya seperti ukuran yang kecil, dapat menambahkan dimensi pada skema dan memiliki banyak tabel di dalamnya.


Beberapa kelebihan dari snowflake antara lain cocok ke lebih banyak tools dan hemat storage. Selain kelebihannya, snowflake juga memiliki beberapa kekurangan seperti skema data kompleks, proses lebih lambat, dan memiliki integritas yang lebih rendah.

Data Engineer


4. Kafka

Kafka adalah salah satu tools data engineer yang bersifat open source sehingga gratis digunakan dan terbuka untuk siapa saja. Kafka memiliki beberapa kelebihan seperti bisa digunakan untuk menyimpan, menerima dan mengirim data, bisa digunakan dalam kelompok atau cluster, serta bisa digunakan untuk mereplikasi data ke node-node lainnya. Kafka seringkali digunakan data engineer untuk membuat data pipelines menggunakan data streaming secara real time.

Data Engineer

Baca juga : Data Enginer VS Data Scientist


Tools untuk membantu proses analisis data saat ini telah banyak tersedia dan bisa digunakan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pengguna. Beberapa tools data engineer dapat kamu pelajari dasar-dasarnya di DQLab.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab dan ikuti Bootcamp Data Analyst with SQL and Python.


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login