Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS

Berikut Pengertian SQL Group By Serta Contohnya

Belajar Data Science di Rumah 05-April-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/490adbdc162a0305c08bee1bbdaaf265_x_Thumbnail800.jpeg

SQL (Structured Query Language) merupakan bahasa query yang harus dipelajari oleh para praktisi data. Seperti yang telah kita ketahui bahwa para praktisi data ini menggunakan database yang besar untuk dianalisis yang mana sangat kecil kemungkinannya untuk diproses secara manual. Dalam penggunaannya, pada SQL terdapat fitur SQL Group By yang umumnya digunakan untuk mengelompokkan baris yang memiliki nilai yang sama.


Bagi seseorang yang bercita-cita menjadi praktisi data baik itu data analyst, data scientist, data engineer, dan sebagainya perlu menguasai bahasa SQL. Bahasa SQL atau biasa dikenal dengan bahasa query untuk database akan sangat digunakan dalam pemrosesan database. SQL ini bisa digunakan untuk mengolah database, mengakses, memanipulasi, membuat, menambahkan, mengubah dan menggabungkan database. Ingin tahu lebih lanjut terkait SQL dan berbagai fungsinya? Yuk, simak artikel berikut ini!


1. Fungsi SQL

Structured Query Language (SQL) merupakan salah satu bahasa pemrograman yang digunakan untuk mengakses, mengubah, memanipulasi, dan membuat database relasional. Fungsi SQL terbagi menjadi dua yaitu fungsi skalar dan fungsi aggregate. 

  • Fungsi skalar terbagi menjadi dua jenis yaitu fungsi skalar untuk numerik value yang biasa digunakan untuk melakukan operasi matematik di SQL secara cepat dan efektif. Beberapa fungsi skalar matematika yang sering digunakan antara lain adalah abs(), ceiling(), floor(), round(), sqrt(), mod(), dan exp(). 

  • Fungsi agregate digunakan untuk melakukan perhitungan pada sekelompok nilai.


Baca juga : Saatnya Belajar SQL, Kenali Rekomendasi Query SQL Bagi Pemula


2. Fungsi Group By

SQL group by merupakan suatu statement yang digunakan untuk mengelompokkan data yang bernilai sama ke dalam satu grup. Dengan menggunakan fungsi agregate seperti (COUNT, MAX, MIN, SUM, AVG) kita juga bisa melakukan agregasi untuk setiap grup atau kelompok yang terbentuk. Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu 1) group by digunakan dengan select, yang artinya kolom yang digunakan di GROUP BY statement juga perlu ditempatkan di SELECT; 2) GROUP BY ditempatkan setelah WHERE, jika tidak menggunakan WHERE maka langsung ditempatkan setelah FROM; 3) jika menggunakan ORDER BY maka GROUP BY ditempatkan sebelum ORDER BY. Berikut ini syntax penggunaan GROUP BY

SQL


3. Group By Single Column

Group by single column berfungsi untuk memastikan data dapat dikelompokkan menggunakan kriteria dari satu kolom saja, misalnya mengelompokkan data berdasarkan provinsi saja. Sebagai contoh kita akan mencoba menghitung jumlah baris dalam kolom order_id dengan menghilangkan duplikatnya dengan DISTINCT sebagai total_order, kemudian menghitung jumlah total dari kolom item_price sebagai total_price dari tabel sales_retail_2019. Perhatikan gambar berikut ini

SQL


4. Group By Multiple Column

Group by multiple column merupakan fungsi yang dapat digunakan untuk mengelompokkan data menggunakan kriteria dari dua kolom atau lebih, misalnya mengelompokkan data berdasarkan province dan brand. Hampir sama seperti contoh sebelumnya, hanya saja output yang dihasilkan pada kolom province tiap kota yang ditampilkan lebih dari satu baris. Hal ini dikarenakan data tersebut tidak hanya dikelompokkan berdasarkan province saja, melainkan berdasarkan brand juga. Perhatikan gambar berikut ini.

SQL


Baca juga : Catat! Ini 3 Keuntungan Belajar SQL dalam Mengolah Data


Penggunaan SQL group by seringkali dibutuhkan oleh para praktisi data dalam proses mengakses atau menampilkan data. Kalian bisa coba mengenali penggunaan SQL group by di DQLab.


DQLab merupakan suatu platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan berbagai bahasa pemrograman populer. Selain itu DQLab merupakan platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT.


DQLab juga menggunakan metode HERO, yaitu Hands-On, Experiental Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis & aplikatif yuk langsung saja sign up di DQLab.id/signup 


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login