Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, dan Excel GRATIS
 SIGN UP  

Berkenalan Dengan Query SQL Serta Beberapa Jenisnya

Belajar Data Science di Rumah 01-November-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/eb3ce00ad639a9a43362744bf9dcf959_x_Thumbnail800.png

Bagi kamu yang baru saja mempelajari atau mengenal tentang data, pasti tidak asing dengan istilah query pada SQL. Query SQL merupakan salah satu bahasa kueri yang populer serta sangat umum digunakan dalam pengolahan database. Jika kamu ingin berkarir di bidang data, bahasa pemrograman Structured Query Language atau SQL ini menjadi salah satu bahasa pemrograman yang wajib untuk kamu kuasai.


Pada artikel kali ini, DQLab akan mengajak kamu untuk berkenalan dengan Query SQL serta 3 jenis Query SQL, yaitu DDL, DML dan DCL yang penting kamu ketahui sebagai pemula. Yuk, langsung simak penjelasan dibawah ini!


1. Mengenal Istilah Query

Ketika kamu mendengar kata “Query”, apa yang akan terlintas di benakmu?


Jika menerjemahkan kata query ke dalam bahasa indonesia, hasil terjemahan tersebut mengacu pada pengertian permintaan akan informasi. Pada umumnya, query sering dikaitkan dalam bahasa pemrograman yang digunakan pada perangkat komputer. Arti query pada bahasa pemrograman komputer adalah informasi yang diterima ataupun diambil dari suatu database. Hal tersebut berguna untuk memanipulasi, menambah, menghapus serta mengubah data.Query juga sering disebut dengan bahasa kueri. Saat menggunakan query, kamu akan mengetikkan instruksi berupa sekumpulan kode yang dapat dipahami oleh database.


Singkatnya, Query memiliki kemampuan untuk membantu dalam mengatur data yang perlu ditampilkan sesuai dengan keinginan kamu. Bahasa Query yang paling populer dan sering digunakan oleh kalangan database administrator adalah SQL.


Belajar Query MySQL Dasar yang Wajib Kamu Tahu Khususnya Untuk Pemula


2. Query SQL

SQL atau Structured Query Language merupakan bahasa kueri yang paling populer dan sering digunakan. Bahasa pemrograman ini digunakan untuk mengakses, memanipulasi serta mengubah data yang berbasis relasional.Query ini sangat familiar dalam pengolahan database. Jika kamu ingin bekerja di bidang data, Structured Query Language atau SQL adalah salah satu bahasa pemrograman yang wajib kamu kuasai. Menurut data SQLizer, SQL menjadi bahasa pemrograman kedua yang paling banyak digunakan oleh developer dengan persentase 50,8%.


3. Fungsi Query SQL

Structure Query Language merupakan bahasa kueri database yang membantu para praktisi data untuk mengekstrak data,melakukan operasi analisis serta pengambilan informasi tertentu dari database. Keterampilan ini membantu untuk memastikan informasi dengan mudah ditarik atas permintaan serta dianalisis dengan benar. SQL juga sangat berguna untuk membantu dalam mengelola kumpulan data dengan volume yang besar. Saat ini, ada berbagai bahasa kueri yang dapat digunakan. 


Meskipun saat ini terdapat berbagai jenis, mayoritas database tetap menggunakan dasar dari SQL. MySQL, Microsoft SQL, PostgreSQL menjadi contoh jenis database yang masih menggunakan dasar SQL. Praktisi data seperti Data Analyst yang ahli dalam menggunakan alat dan bahasa pemrograman memberikan kepastian bahwa mereka dapat bekerja secara efektif dengan pelatihan maupun pengawasan yang minimal. 


4. Beberapa Jenis Query SQL

Query SQL ini digolongkan menjadi beberapa jenis seperti DDL (Data Definition Language), DML (Data Manipulation Language), dan DCL (Data Control Language). Berikut adalah penjelasan terkait jenis Query SQL tersebut :


  • DDL (Data Definition Language)

    Data Definition Language (DDL) adalah sub perintah query SQL yang digunakan untuk mendefinisikan data di sebuah database dan table. Dengan query inilah kamu dapat membuat tabel baru, mengubah dataset, menghapus data, membuat indeks, menentukan struktur penyimpanan tabel dan sebagainya. Terdapat lima perintah penting dalam DDL, yaitu CREATE, ALTER, RENAME, SHOW dan DROP.

  • DML (Data ManipulatIon Language)

    DML (Data ManipulatIon Language) merupakan sebuah perintah query SQL yang digunakan ketika DDL telah dibuat. Query DML ini dipakai untuk melakukan manipulasi data atau pengolahan data atau record dalam table pada sebuah database. Perintah dalam DML terbagi ke dalam empat jenis. Beberapa di antaranya adalah INSERT, SELECT, UPDATE, dan DELETE.

  • DCL (Data Control Language)

    DCL (Data Control Language) adalah perintah dasar pada query SQL yang berfungsi untuk mengatur hak apa saja yang dimiliki oleh pengguna, auditan penggunaan database, alokasi space, dan definisi space. DCL merupakan perintah SQL yang berhubungan dengan manipulasi user dan hak akses (privileges). Melalui perintah ini, seorang admin database dapat menjaga kerahasiaan sebuah database. Terutama untuk yang penting. DCL berdasarkan perintah dasarnya terbagi dalam dua perintah utama, yaitu GRANT dan REVOKE.


Saatnya Belajar SQL, Kenali Rekomendasi Query SQL Bagi Pemula


5. Yuk, Belajar Query SQL Bersama DQLab!

Belajar Data Science tidak terbatas untuk mereka yang memiliki background STEM saja. Semua orang bisa mempelajari Data Science dengan mudah, praktis dan fun bersama DQLab. Ingin memperdalam kompetensi kamu dalam mempelajari Query? Yuk, tunggu apa lagi langsung sign up di DQLab.id untuk belajar SQL lebih dalam!

Siap Mulai karir di industri data bersama DQLab!


Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!