Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Berminat Ikut Pelatihan Data Science? Ini Manfaatnya!

Belajar Data Science di Rumah 14-Mei-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/kv-2-banner-longtail-selasa-02-2024-05-13-211552_x_Thumbnail800.jpg

Halo teman-teman, kalian penasaran tidak dengan sebuah profesi yang saat ini naik daun dan banyak dibutuhkan oleh berbagai perusahaan maupun untuk kepentingan pribadi? Ya, profesi tersebut adalah data scientist. Data scientist adalah sebuah profesi yang secara umum bertanggung jawab terhadap data perusahaan. Saat ini pun telah banyak media atau tempat untuk pelatihan data science yang tentunya akan memberikan begitu banyak manfaat. 


Data science atau biasa disebut dengan ilmu data adalah bidang ilmu yang merupakan gabungan atau kombinasi dari berbagai bidang ilmu. Data science ini perlu dipelajari dan memerlukan seseorang yang ahli dalam hal tersebut. Oleh karena itulah diperlukan peran seorang data scientist. Seorang data science perlu menguasai beberapa skill yang diperlukan untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab mereka. Pada artikel kali ini kita akan mengenali apa saja manfaat atau keuntungan mengikuti pelatihan data science. yuk, simak bersama-sama!


1. Menambah Wawasan

Ketika seseorang mengikuti pelatihan data science atau sebagainya salah satu tujuan utamanya adalah mendapatkan ilmu atau wawasan baru. Hal ini tentu didapatkan dalam kegiatan pelatihan data science. Dalam pelatihan data science peserta bisa belajar data science dari dasar sampai tingkat lanjut. Oleh Karena itu pelatihan data science ini juga cocok untuk pemula yang baru terjun dalam dunia data.

Data Scientist


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Dibimbing Mentor

Keuntungan lainnya dari mengikuti pelatihan data science adalah adanya mentor profesional yang membantu peserta dalam berlatih data science. Belajar data science bagi pemula mungkin akan sedikit membingungkan, terutama bagi yang belum mengenal bahasa pemrograman sama sekali atau masih belum mendalami materi data science lainnya. Keberadaan mentor inilah yang akan membantu peserta jika mengalami kesulitan atau terdapat kendala pada saat belajar. 

Data Scientist


3. Belajar Terstruktur

Belajar data science bisa dimulai dari mana saja dan bisa dipelajari secara otodidak. Namun tidak sedikit orang yang bingung menentukan langkah awal belajar data science dan apa tahapan selanjutnya yang harus dipelajari. Pada pelatihan data science, seseorang akan diberi semacam silabus atau kurikulum yang berisi materi atau kegiatan apa saja yang dilakukan selama kegiatan pelatihan. Hal ini tentu akan sangat membantu peserta dalam proses belajar data science.

Data Scientist


4. Memperluas Networking

Ketika seseorang mengikuti kursus apapun itu, biasanya akan memiliki komunitas dengan minat yang serupa, begitu pula dengan data science. Para peserta data science akan memiliki komunitas sebagai wadah mereka berbagi keluh kesah dan bisa digunakan pula sebagai wadah untuk saling bertanya ketika menemukan kendala dalam proses analisis data. Dengan adanya komunitas peserta kursus data science maka secara tidak langsung wawasan peserta akan lebih luas dalam menghadapi permasalahan dalam dunia data.

Data Scientist


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


Data science adalah sebuah bidang ilmu yang sangat bermanfaat di era kecanggihan teknologi seperti sekarang ini. Kini diperlukan orang-orang yang ahli dalam data science seperti data scientist. Untuk menjadi data scientist kita bisa mencoba langkah awal dengan mengerjakan modul-modul yang ada di DQLab.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab dan ikuti Bootcamp Data Analyst with SQL and Python.


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login