PROMO PAYDAY! SERBU PAKET DATA SCIENCE 3 BULAN CUMA 100K!
Diskon Spesial 95% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 22 Jam 7 Menit 16 Detik 

Bidang Pemerintahan Juga Butuh Skill Data Science, Untuk Apa Ya?

Belajar Data Science di Rumah 30-September-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/4c11c80db540d1e6523e65df0590d45a_x_Thumbnail800.jpg

Perkembangan teknologi digital tidak hanya menghampiri sektor teknologi dan data saja, melainkan juga mempengaruhi keberlangsungan dari sektor-sektor lainnya.


Adanya perkembangan teknologi digital membuat keberadaan Data Science terasa begitu penting untuk mengatasi berbagai permasalahan yang disebabkan karena teknologi yang semakin canggih tersebut.


Salah satu contoh sektor yang juga menerapkan Data Science untuk keberlangsungannya adalah pemerintahan. Sebagaimana yang kita ketahui, pemerintahan memegang peranan penting untuk keberlangsungan sebuah negara.


Dengan menggunakan Data Science, beberapa pekerjaan menjadi lebih mudah untuk diselesaikan. Kira-kira apa saja sih contoh penerapan Data Science dalam pemerintahan? Kita akan membahasnya dalam artikel ini. Stay tuned ya!


1. Mencegah Terorisme

data science

Pernahkah kalian mendengar berita tentang adanya aktivitas terorisme? Tentu hal ini cukup membahayakan karena banyak orang-orang yang tidak bersalah terkena dampaknya. Sebuah negara sudah selayaknya memiliki cara yang bisa digunakan untuk mencegah terjadinya aktivitas ini.


Media sosial terkadang bisa digunakan oleh para teroris untuk merekrut anggotanya, meskipun mungkin dilakukan secara diam-diam dan berhati-hati. Algoritma Machine Learning dan Text Mining dengan memanfaatkan teknologi NLP (Natural Language Processing) bisa digunakan untuk mendeteksi setiap pembicaraan tau chat yang tidak normal, interaksi, kontak, serta gerak gerik di lokasi yang diduga berbahaya.


Baca juga: Memahami Keunggulan dan Manfaat Data Science dalam Dunia Bisnis


2. Mengatasi Cyber Attack

data science

Ketika teknologi berkembang dengan begitu pesat dan semua hal mulai melibatkan teknologi, mulailah muncul kejahatan jenis baru. Cybersecurity yang merupakan jaminan keamanan digital menjadi salah satu permasalahan yang umum dihadapi oleh suatu negara.


Di level pemerintahan, tentu sekali ada begitu banyak data-data penting yang harus dilindungi. Dengan memanfaatkan Data Science, pemerintah bisa memantau serta mencari trend dan pola dari aktivitas yang melibatkan data sensitif dan menandai tindakan yang mencurigakan.


3. Smart City

data science

Smart City tentunya akan menjadi tujuan masa depan hampir semua negara. Beberapa negara yang lebih maju sudah mulai menerapkan konsep ini untuk meningkatkan efisiensi, misalnya saja Amerika dan China. Konsep smart city tentu tidak akan jauh-jauh dari Data Science.


Contoh dari penerapan smart city ini adalah Traffic Management, dimana sistem traffic nya sudah dihubungkan dengan Machine Learning agar bisa membaca pola yang terjadi di jalanan secara real time. Sehingga tidak mengherankan jika lampu merah akan mengikuti keadaan jalanan. Hal ini bisa jadi menjadi salah satu cara untuk mengatasi kemacetan.


4. Meningkatkan Kinerja Pemerintahan

Data Science juga bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kinerja pemerintah. Dengan begitu banyak data yang dimiliki, pemerintah bisa dengan mudah untuk mendapatkan informasi dengan akurat dan efisien. Hal ini akan berdampak pada proses pengambilan keputusan yang sesuai dengan kebutuhan jauh lebih mudah.


Dengan memanfaatkan forecasting, pemerintah bisa memprediksi hal-hal yang akan terjadi di masa depan. Dengan meningkatnya kinerja pemerintah, tentu akan membuat kehidupan rakyat menjadi lebih sejahtera.


Baca juga : 3 Contoh Penerapan Data Science yang Sangat Berguna di Dunia Perindustrian


Perkembangan Data Science di berbagai sektor membuat kita harus mulai membuka mata untuk melihat peluang besar ini. Jika tidak ingin ketinggalan zaman, maka kita harus mengupgrade diri. Salah satu caranya, kamu bisa mempelajari Data Science bersama DQLab.


Di sana kamu akan mendapatkan module lengkap, sertifikat sebagai bukti telah menyelesaikan modul pembelajaran dan juga bisa langsung menerapkan pembelajarannya melalui fitur project yang tersedia. 


Tunggu apalagi? Yuk langsung bergabung dengan cara signup di DQLab kemudian nikmati pembelajaran modul gratis “Introduction to Data Science with Python” atau “Introduction to Data Science with R”. Dengan memulai pembelajarannya dari sekarang, kamu siap menghadapi tantangan di era digital dan mewujudkan karirmu sebagai Data Scientist di tahun 2022.


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :