Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, dan Excel GRATIS
 SIGN UP  

Big Data Beserta Karakteristiknya yang Perlu Kalian Ketahui

Belajar Data Science di Rumah 22-November-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3f12684e4bb875d2639b9b89bc487210_x_Thumbnail800.png

Seiring berkembangnya zaman, internet dan perangkat-perangkatnya semakin menjamur dan melahirkan banyak istilah hingga profesi-profesi baru. Semua jenis aktivitas yang terdapat dalam perangkat-perangkat internet seperti handphone, tablet, dan lainnya menghasilkan data. Dari data-data tersebut juga terdapat banyak jenis lain seperti teks, gambar, foto, video, dan bentuk-bentuk data lainnya yang terus bertambah setiap tahun.


Sesungguhnya, data-data tersebut sangat besar dan tidak dapat dikelola begitu saja oleh perangkat konvensional, dari permasalahan tersebut muncul big data yang menjadi solusi pengelolaan paling baik. Tidak hanya menjadi solusi, big data juga memberikan efisiensi bagi perkembangan industri yang berhubungan dengan data. Oleh karena itu, mari kita bersama-sama mulai mengenal big data dimulai dari karakteristiknya terlebih dahulu.


1. Volume Big Data

Karakteristik pertama adalah volume, volume dalam big data diartikan dengan ukurannya yang sangat besar karena terus menerus bertambah setiap saat. Sebagai contoh saja, ketika floppy disk masih menjadi storage data berukuran 1,25 MB dan kini sudah tidak mungkin lagi untuk menampung data dari beragam aktivitas.


Setiap orang minimal memiliki 1 terabytes atau TB untuk penyimpanan data mereka, bahkan hal tersebut masih dibantu dengan Dropbox, Google Cloud, dan lainnya. Apabila dulu data dihasilkan oleh karyawan atau pekerja, saat ini data dapat tercipta oleh mesin yang merekam segala aktivitas manusia dari transaksi yang dilakukan dan aktivitasnya di media sosial mereka.


Baca juga : Belajar Big Data: Karakteristik, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan Big Data


2. Variety Big Data

Dalam big data terdapat dua jenis data, yaitu structured data dan unstructured data. Structured data adalah data-data yang sudah tertata dengan rapi, contohnya adalah transaksi di ATM atau bank yang menghasilkan data seperti jumlah uang yang diambil, waktu penarikan uang, dan lainnya tersimpan dalam database pihak bank.


Sedangkan unstructured data adalah data-data yang muncul begitu saja dan tidak rapi, contohnya adalah komentar-komentar di media sosial, foto-foto yang terunggah di Instagram, dan masih banyak lagi. Big data menampung segala jenis data yang ada sehingga big data dapat mempermudah kerja manusia.


3. Velocity Big Data

Velocity mengacu pada tingkat kecepatan yang sangat eksponensial, sebagai contoh misalnya kalian bertransaksi atau membuka pesan masuk sambil mengunggah foto di media sosial kalian. Contoh lainnya adalah ketika kalian membeli handphone baru yang tentunya perlu beragam aplikasi untuk handphone tersebut sesuai dengan kebutuhan kalian.


Teknologi dari big data memungkinkan kalian untuk menginstal semua aplikasi itu karena ketika kalian akan melakukan kegiatan tersebut tentunya membutuhkan kecepatan yang signifikan. Maka dari itu, big data dapat memberikan kecepatan tersebut karena mampu memproses dan menganalisa data ketika sedang digunakan tanpa harus tersimpan di database. 


4. Varicity Big Data

Semakin besar volume data, maka semakin beragam dan cepat sehingga untuk memverifikasi data akan semakin sulit. Varicity merupakan karakteristik dalam big data yang menyulitkan kita untuk memvalidasi kebenaran data karena semakin luas dan beragam hingga sulit dikontrol.


Varicity juga dapat dikenal sebagai kebenaran data karena varicity merupakan suatu tingkat akurasi dari informasi yang diberikan oleh sebuah data set. Dengan tingkat kebenaran data yang baik, maka keputusan atau kebijakan yang diambil ketika mengolah data tersebut akan menghasilkan hasil yang lebih baik lagi. Dengan teknologi big data yang ada, maka memungkinkan kita untuk bekerja atau memproses hasil analisis secara cepat dan mudah. 


Baca juga : Big Data Analytics dan Kegunaanya untuk Perkembangan Bisnis


5. Pelajari Lebih Dalam Mengenai Big Data di DQLab

Pada artikel ini, informasi mengenai big data hanya terungkap sebagiannya saja, dalam big data masih terdapat banyak materi yang bisa dipelajari. Kalian dapat memulai sesi belajar mengenai materi-materi lainnya hanya dengan sign up di DQLab.id, lalu kalian akan mendapatkan keuntungan untuk mengerjakan module ‘Introduction Data Science with Python and R’ secara gratis, lho! Yuk, daftarkan diri kalian di DQLab.id dan kuasai materi mengenai big data!


Penulis : Callista Eugenia

Editor : Annissa Widya Davita

Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!