PROMO PUNCAK LEBARAN DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan BERSERTIFIKAT hanya Rp 99K!

1 Hari 23 Jam 45 Menit 3 Detik

Bingung Apa Saja Kegunaan Python? Simak Disini!

Belajar Data Science di Rumah 26-Maret-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-kamis-01-2024-03-25-213937_x_Thumbnail800.jpg

Beberapa tahun belakangan ini kita seringkali mendengar istilah big data. Big data merupakan suatu kumpulan data yang berukuran sangat besar dan bisa terkumpul dalam waktu yang cepat. Big data ini memiliki beberapa karakteristik yaitu volume, variety, velocity, dan veracity. Tahukah kalian bahwa big data ini perlu dianalisis lebih lanjut? Salah satunya bisa dengan menggunakan bahasa python loh. Selain untuk menganalisis data,kira0kira kegunaan python untuk apa saja ya?


Mendengar kata python, apakah yang terlintas di pikiran pertama kali sfdalah tentang ular? Namun ini bukan membahas tentang ular ya, melainkan bahasa pemrograman. Python ini termasuk bahasa pemrograman yang kini banyak dipelajari oleh para pemula maupun yang sudah profesional. Bahasa python dikenal memiliki banyak manfaat dan kegunaan. Pada artikel kali ini kita kan mencari tahu apa saja kegunaan python yang bisa membantu mempermudah kegiatan kita. Yuk simak bersama-sama!


1. Mengembangkan Web

Bahasa python adalah bahasa pemrograman yang telah banyak digunakan oleh programmer maupun developer web (pengembang website). Dalam proses pengembangan website, salah satu peran bahasa python adalah untuk mengirimkan data ke server lalu memproses data dan mengkomunikasikannya. selain untuk mengembangkan website, para programmer juga bisa menggunakan bahasa python untuk membuat aplikasi maupun game.

Python


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Analisis Data

Praktisi data merupakan suatu profesi yang bertugas untuk menganalisis big data dengan menggunakan algoritma machine learning dan bahasa pemrograman tertentu. Bahasa pemrograman yang digunakan pun terdiri dari berbagai macam sesuai dengan kebutuhan pengguna.


Dengan menganalisis data menggunakan bantuan bahasa python, pengguna akan dapat mengetahui kesimpulan atau poin penting yang nantinya dapat digunakan untuk memenuhi tujuan perusahaan dan mengembangkan bisnis perusahaan.

Python


3. Visualisasi Data

Visualisasi data adalah suatu bentuk tampilan visual hasil analisis data yang dibuat agar lebih mudah dimengerti oleh pembaca. Walaupun saat ini trend data scientist meningkat, masih banyak orang yang belum paham atau belum bisa membaca hasil analisis data.


Oleh karena itu hasil analisis data tersebut perlu dikelola dengan sebaik mungkin dan dikemas dengan tampilan yang menarik dan mudah dipahami. Saat ini python termasuk menjadi salah satu tools pilihan untuk membuat visualisasi data yang menarik dan mudah dimengerti.

Python


4. Menyelesaikan Tugas Harian

Bahasa python ini termasuk bahasa pemrograman yang bersifat open source sehingga siapapun bisa menggunakannya. Bahasa python ini bisa juga digunakan untuk membantu menyelesaikan tugas harian seperti memantau harga saham atau kripto, memperbarui daftar belanjaan di rumah, mengubah file teks menjadi spreadsheet, mengganti nama file dalam jumlah banyak, mengatur pengingat untuk aktivita keseharian, membuat worksheet untuk anak, dan lainnya.


Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL


Bahasa python dikenal memiliki begitu manfaat dan kegunaan selain untuk proses analisis data. Oleh karena itu kamu jangan sampai ketinggalan belajar bahasa python ya. Kamu bisa mulai dengan mencoba modul-modul python yang tersedia di DQLab.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab dan ikuti Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner.


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login