DOBEL DISKON 95% + 10% SPESIAL PROMO PUNCAK 7.7!
Belajar Data Science Paket Premium cuma 6 Bulan Hanya 177K!
SERBU SEKARANG!
Pendaftaran ditutup dalam 2 Hari 8 Jam 51 Menit 43 Detik 

Bocoran Teknik Analisis Data Deskriptif dalam Penelitian Kualitatif

Belajar Data Science di Rumah 16-Maret-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/af0a9c1e418bb54190e836e912ef9931_x_Thumbnail800.jpg

Penelitian merupakan suatu kegiatan yang tak asing lagi di era digital, baik itu penelitian kuantitatif maupun kualitatif. Sebuah penelitian pastinya akan melewati suatu proses analisis data. Untuk menghasilkan informasi yang valid dan akurat, maka diperlukan sebuah teknik analisis data yang tepat.


Teknik analisis data deskriptif adalah salah satu teknik atau metode yang digunakan dalam penelitian kualitatif atau bisa juga kuantitatif. Namun pada penelitian kualitatif, lebih menekankan pada pengamatan fenomena dan memerlukan insting yang tajam dari peneliti. Penelitian kualitatif biasanya mempelajari hubungan atau interaksi antara beberapa variabel penelitian dengan tujuan untuk memahami peristiwa yang sedang diteliti serta biasanya meneliti studi kasus dengan dasar teori tertentu.


Walaupun dapat digunakan pada dua jenis penelitian, namun cara penerapannya pun tetap berbeda karena jenis datanya sudah beda dan tidak bisa jika diperlakukan dengan cara analisis yang sama. Sebagai contoh, pada penelitian kuantitatif analisis data deskriptif biasanya menggunakan statistika deskriptif sehingga dapat menampilkan nilai mean, modus, median, maksimum, minimum, dan lain sebagainya. Sedangkan pada penelitian kualitatif teknik analisis data deskriptif yang diterapkan adalah menganalisis, menggambar dan meringkas berbagai kondisi.


Pada artikel kali ini, jenis penelitian yang akan kita bahas yaitu penelitian kualitatif. Bagaimana sih cara kerja teknik analisis data deskriptif pada penelitian kualitatif? Yuk kita bahas bersama!


1. Penelitian Kualitatif

Teknik Analisis Data


Data kualitatif merupakan informasi yang bukan dalam simbol angka atau bilangan, melainkan dalam bentuk kalimat verbal. Data kualitatif didapatkan melalui proses yang menggunakan teknik analisis mendalam sehingga tidak dapat diperoleh secara langsung. Secara umum, terdapat dua jenis penelitian yaitu penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif. Penelitian kualitatif merupakan penelitian yang dalam penelitiannya tidak terlalu fokus pada angka atau nilai, akan tetapi lebih kepada meneliti kondisi objek alamiah. Penelitian kualitatif sendiri terbagi menjadi delapan jenis yaitu etnografi, studi kasus, studi dokumen, observasi alami, wawancara terpusat, fenomenologi, grounded theory dan studi sejarah.


Contoh beberapa penelitian yang menggunakan data kualitatif adalah penelitian yang menunjukkan kualitas dari suatu kejadian atau fenomena, misalnya kualitas air danau menggunakan mesin pembersih air.


Baca juga : 4 Langkah Cara Mudah Implementasi Teknik Analisis Data 



2. Analisis Data Deskriptif

Teknik Analisis Data


Pada penelitian kuantitatif, analisis data deskriptif digunakan untuk menyajikan data kuantitatif dalam bentuk deskriptif seperti bentuk grafik atau tabel. Atau bisa dalam bentuk angka seperti rata-rata atau standar deviasi.


Pada penelitian kualitatif rumusan masalah biasanya diambil dari studi kasus yang akan diteliti. Terdapat beberapa teknik pengumpulan data kualitatif antara lain melalui wawancara, kuesioner atau pengamatan secara langsung. Teknik analisis data deskriptif pada penelitian kualitatif ini berupa proses menganalisis, menggambarkan dan meringkas kejadian atau fenomena dari data yang diperoleh melalui proses wawancara maupun pengamatan langsung ke lapangan. Adapun tujuan dari analisis deskriptif kualitatif adalah untuk menggambarkan secara utuh dan mendalam mengenai kejadian berbagai fenomena yang diteliti.


Secara umum, langkah-langkah dalam menggunakan analisis data deskriptif yang pertama adalah melakukan perumusan masalah, selanjutnya menentukan jenis data yang dibutuhkan dalam penelitian serta menentukan metode pengumpulan data seperti apa yang akan digunakan, dan yang terakhir adalah melakukan pengambilan keputusan berdasarkan data yang sudah diolah.


3. Metode Pengumpulan Data Kualitatif

Teknik Analisis Data

Seperti yang sudah DQLab sebutkan di atas, bahwa salah satu tahap melakukan analisis data deskriptif adalah melakukan pengumpulan data. Dan untuk menghasilkan data yang sesuai diperlukan metode khusus untuk melakukan pengumpulan data yang sistematis. Karena data kualitatif biasanya dilakukan untuk mengetahui permasalahan secara mendalam, maka dalam data kualitatif terdapat beberapa teknik pengumpulan data yang paling umum digunakan.


Yang pertama, wawancara mendalam yang merupakan salah satu teknik pengumpulan data yang sering digunakan dengan cara mengajukan pertanyaan kepada narasumber secara langsung, teknik ini dapat digunakan untuk membuktikan data yang sudah kita peroleh sebelumnya. Yang kedua, observasi yaitu teknik pengumpulan data dengan melakukan pengamatan untuk mendapatkan gambaran lebih detail mengenai suatu kegiatan. Yang ketiga, Focus Group Discussion (FGD) yang merupakan teknik untuk mengadakan diskusi bersama beberapa responden mengenai topik penelitian untuk mengetahui pandangan atau pemahaman mereka, dimana para responden akan mewakili suatu populasi tertentu. Dan yang terakhir adalah teknik dokumentasi yang dilakukan dengan cara mengkaji dokumen-dokumen terkait penelitian atau riset.


4. Karakteristik Analisis Data Deskriptif Kualitatif

Teknik Analisis Data


Karakteristik analisis data deskriptif kualitatif terbagi menjadi tiga elemen utama, yaitu desain, proses pengumpulan data, dan analisis data. Berikut penjelasan dari masing-masing karakteristik:

  • Desain

    Penelitian kualitatif bersifat naturalistik atau sesuai dengan keadaan sebenarnya dilapangan, sehingga peneliti harus terbuka dengan semua fenomena yang mungkin akan muncul.

  • Proses Pengumpulan Data

    Dalam proses pengumpulan data, pengalaman peneliti akan menjadi hal yang sangat dibutuhkan. Karena pada penelitian kualitatif, semakin mendalam pengumpulan narasi atau wawancara yang dapat dilakukan, maka akan semakin baik.

  • Analisis Data

    Pada proses analisis data, penelitian kualitatif akan melibatkan proses induktif, dimana hasil pengamatan akan dijadikan dasar untuk menemukan pola dan tema penelitian. Meskipun begitu, karena keadaan sosial yang terbilang cukup sensitif, peneliti mungkin akan menemukan perubahan temuan jika keadaan di lapangan berubah.


Baca Juga : Langkah-Langkah Menggunakan Teknik Analisis Data Kualitatif


5. Yuk, Belajar Teknik Analisis Data di DQLab!

Teknik Analisis Data


Teknik analisis data merupakan salah satu skill yang harus dikuasai saat ini, terutama bagi para praktisi data maupun akademis dan peneliti. Dengan menguasai teknik analisis data tentunya hasil analisis data akan lebih valid. Dasar-dasar teknik analisis data dapat kita pelajari di DQLab. DQLab menyediakan materi berupa modul dan bisa langsung dipelajari secara live code. Caranya cukup mudah loh, yaitu langsung saja sign up di DQLab.id dan nikmati modul gratis yang hanya ada di DQLab!


Penulis: Salsabila MR

Editor: Annisa Widya Davita


Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!