FLASH PROMO!! BELAJAR DATA SCIENCE ONLINE 6 BULAN 399K
Diskon 89%, Akses 76 Modul Data Science Premium, Metode Praktek Sandbox, Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 4 Jam 49 Menit 18 Detik 

Bootcamp Python DQLab Pelajari Operasi Nested List

Belajar Data Science di Rumah 20-Desember-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1b94132e001785b9cf84a23095cfd5ba_x_Thumbnail800.jpg

Di antara sekian banyak tipe data dalam bahasa pemrograman Python, tipe data list adalah tipe data yang paling banyak digunakan. Tidak heran jika list Python bisa menjadi sebuah tumpuan awal untuk belajar programming dari dasar. Selain karena materinya yang dasar juga alurnya mudah dipahami terkhusus untuk pemula. Tipe data list dapat menampung banyak data dalam satu instruksi. Didalamnya bisa berisi banyak variasi data yang bisa kamu manfaatkan.


Didalam list kita dapat mengisi nilai dengan tipe data string, integer, float, Boolean, tuple, dictionary bahkan list dapat diisi dengan list juga (bersarang). Bagi yang sudah memahami bahasa pemrograman lain list memiliki cara kerja yang hampir sama dengan array numerik yang membedakan adalah isi dari list itu sendiri. Namun apa jadinya jika kita ingin membuat sebuah list di dalam list? Apakah sebelumnya kamu sudah pernah mengetahuinya?


Jadi konsep dari list sendiri adalah kita bisa mengisi objek apapun didalamnya. Bahkan list di dalam list juga bisa diisi baik dalam bentuk angka maupun karakter. Hal ini dikenal dengan konsep nested list. 


Sederhananya, ketika ada list yang berisi list di dalamnya sebagai elemen (sublist) atau data, maka list itu dikenal sebagai nested list. Ada banyak variasi operasi nested list yang bisa kamu aplikasikan dalam bahasa pemrograman Python. Apa saja? Yuk kita simak artikelnya berikut dan baca sampai habis ya!


1. Mengakses Item Nested List Berdasarkan Indeks

Operasi pertama dalam tipe data list adalah akses item nested list berdasarkan indeks. Disini kamu bisa mengambil item tertentu secara spesifik yang ada di dalam list. Untuk lebih jelasnya, kamu dapat melihat contoh yang ada dibawah ini.

Python

Sebelum lanjut, kalian perhatikan baik-baik. Disitu kita sudah membuat list yang berisi kombinasi angka dengan huruf. Lalu, kita coba untuk mengakses sublist dengan menggunakan indexing method. 


Nah disini kita akan mengakses untuk list yang ketiga. Didalam nested list, ada tiga didalamnya. Jadi bukan satu ya, tetap dihitung masing-masing.

List 1 = 10, 20, 30

List 2 = [‘a’, ‘b’, ‘c’]

List 3 = 50


Tapi disini kita hanya ambil yang list di dalam list alias list bersarang (nested list). Disini yang masuk dalam sub_list ada pada list 2 dimana ada tiga anggotanya. Lalu, kita ketikkan sintaks “list inside the nested list” yang berarti kita mengakses list yang ada di dalam list dengan menggunakan kurung siku [3]. 


Kemudian, kita mengakses hanya elemen kedua saja dari list yang ada didalam list tadi. Harusnya dari sini, kita sudah bisa menemukan jawabannya dong. Jawabannya adalah B. apakah benar? Berikut adalah hasil outputnya

Python

See, yang termasuk nested list adalah elemen yang ada di dalam kurung siku. Kemudian elemen kedua dari nested list yang diambil adalah b.


Baca juga : Coding Python Dasar dengan Array Addressing List


2. Menambahkan Item ke dalam Nested List

Item juga dapat ditambahkan ke daftar bersarang (Nested List) sesuai dengan kondisi yang ada. Salah satunya dengan menggunakan metode append() untuk menambahkan nilai yang ada di bagian akhir nested list. Berikut adalah contoh dari data list dengan menggunakan metode append().

Python

Disini kita bisa lihat bahwa ada satu rangkaian nested list yang berisikan 4 elemen. Tapi di dalamnya ada satu list yang ada di dalam list yaitu [2,3]. Rencananya, kita ingin menambahkan satu elemen yaitu 5 di bagian akhir nested list. Caranya gimana? Cukup dengan menggunakan metode append(). Berikut adalah outputnya.

Python

Dengan menggunakan append(), user dapat menambahkan anggota baru item pada indeks yang diberikan. Eitss… disini kamu bisa menyisipkan diantara list berikut. Kita coba deh di bagian tengah ya. Caranya gimana?

Python

Coba perhatikan baik-baik, disini kita menambahkan angka 5 didalam index 1 yang ada pada sublist. Nah, kita bisa pakai untuk menambahkan angka 5 dengan menggunakan insert (1,5). Jadi dengan menggunakan metode insert() untuk menyisipkan item pada indeks yang diberikan dalam nested list. So, berikut adalah outputnya:


3. Mengubah Nilai Item ke dalam Nested List

Adakalanya kita bisa lho sahabat DQLab untuk mengubah nilai item ke dalam nested list. Jadi bisa untuk mengubah angka berapapun yang kita inginkan, walaupun berada di nested list. Seperti sintaks yang kita ingin masukkan di bawah ini.

Python

Kalau kita perhatikan, untuk elemen nested listnya masih sama ya. Cuman, kita ingin mengubah salah satu angka yang ada didalam list. Caranya, kita masukkan sintaks nested_list[1][1] = 5. Berikut adalah hasilnya

Python

Berdasarkan hasil output, yang awalnya ada angka 3 didalam list setelah diubah maka menjadi angka 5. Dengan demikian saat kita menggunakan = 5 maka hasilnya langsung berubah.


Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL


4. Menghapus Item dari Nested List

Masuk ke operasi tipe data list selanjutnya adalah hapus item dari nested list. Disini kita akan jelaskan tiga metode untuk menghapus item dari nested list. Ada pop(), del(), dan remove(). Kita bahas satu-satu.

Metode pop()

Cara pertama untuk menghapus item yang ada di dalam nested list adalah pop(). Disini kamu bisa menggunakan metode pop() untuk mengubah daftar dengan menghapus elemen tertentu.

Python

Disini kita ingin mencoba untuk menghapus salah satu elemen yang ada pada list didalam list. Pada sintaks diatas, kita menggunakan fungsi pop(). Berikut adalah hasilnya

Python

Dari hasil diatas, kita bisa menyimpulkan bahwa angka 3 telah dikeluarkan dari list. Sebab, kita ingin menghilangkan angka 3 dengan menggunakan fungsi pop().


Metode del()

Cara kedua untuk menghapus item yang ada di dalam list adalah delete(). Sebenarnya konsepnya mirip dengan metode pop. Namun delete() ini dipakai untuk menghapus elemen yang tidak diperlukan. Berikut adalah contohnya:

Python

Berikut adalah outputnya:

Python

Berdasarkan hasil diatas, sesuai dengan instruksi memang diminta untuk menghilangkan angka 3 dari nested list yang telah disediakan. 


Metode remove()

Satu lagi cara yang bisa kamu aplikasikan dalam menghapus item yaitu remove(). Apabila indeks item tidak diketahui dan user ingin menghapus maka metode remove() adalah salah satu pilihan yang tepat. Berikut adalah contohnya:

Python

Disini kita ingin mencoba untuk menghapus salah satu elemen yang ada pada list didalam list. Pada sintaks diatas, kita menggunakan fungsi remove(). Berikut adalah hasilnya

Python


Belajar coding python akan sangat mudah dan so easy kalau misalnya tidak praktek buat nulis array dan printilan-printilannya. Mau tahu dan pengen lebih lanjut lagi untuk belajar menulis array python? Gausah galau-galau lagi deh ya. Yuk langsung aja belajar coding Python bersama DQLab


DQLab Bootcamp menyediakan pembelajaran mulai dari dasar hingga intermediate atau advance. Pada tiap pertemuan peserta akan diperkenalkan mengenai pengolahan data dasar dengan Python mulai dari memasukkan data dari file, mengurutkan, memfilter dan menampilkan data dalam bentuk grafik sederhana dengan bantuan struktur data List pada Python, dan struktur data yang lebih baik.


Yuk, belajar terstruktur dan lebih interaktif cukup dengan Sign up sekarang di DQLab.id atau klik button dibawah ini untuk nikmati pengalaman belajar yang seru dan menyenangkan!


Penulis: Reyvan Maulid


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :