JULY SPECIAL ! DISKON 96%
Belajar Data Science Bersertifikat, 12 Bulan hanya 180K!
0 Hari 2 Jam 12 Menit 20 Detik

Bootcamp Python sebagai Sarana Belajar Bagi Pemula

Belajar Data Science di Rumah 14-Maret-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/kv-2-banner-longtail-selasa-01-2024-03-15-121129_x_Thumbnail800.jpg

Python adalah bahasa pemrograman yang diminati oleh banyak orang. Hal ini disebabkan karena kemampuan nya yang sangat fleksibel untuk menyelesaikan berbagai jenis pekerjaan. Ada banyak library yang berguna untuk tugas yang berbeda-beda. Sehingga tidak heran jika yang menggunakan Python berasal dari berbagai pekerjaan, mulai dari praktisi data, developer, hingga akademisi.


Bagi pemula, proses belajar Python bukanlah hal yang mudah, dengan adanya bootcamp akan sangat membantu proses belajar tersebut. Bootcamp Python adalah program intensif yang dirancang untuk mempercepat pembelajaran pemrograman Python dari dasar hingga tingkat lanjutan dalam waktu yang relatif singkat. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi lebih dalam tentang apa itu bootcamp Python, manfaatnya, apa yang bisa diharapkan, serta bagaimana bootcamp Python di DQLab. Simak pembahasannya yuk!


1. Apa Itu Bootcamp Python?

Python

Bootcamp Python adalah program pelatihan intensif yang memang dirancang untuk mengajarkan pemrograman menggunakan bahasa pemrograman Python. Program pelatihan ini umumnya memiliki durasi yang bervariasi, mulai dari beberapa minggu hingga beberapa bulan, tergantung pada tingkat keahlian yang diinginkan dan juga jangkauan materi pelajaran yang ditawarkan.


Para penyedia bootcamp biasanya akan menawarkan kombinasi dari materi yang bersifat teoritis, praktek dengan project data, latihan coding, serta dukungan dari mentor untuk membantu peserta memahami konsep dasar dan menengah dalam pemrograman Python dengan mudah.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Manfaat Bootcamp Python

Data Scientist

Bootcamp Python akan memberikan cukup banyak manfaat bagi para peserta yang mengikutinya. Adapun manfaat tersebut adalah:

  • Pembelajaran yang Terstruktur. Bootcamp Python akan menyajikan materi pembelajaran secara terstruktur dan dalam urutan yang benar. Umumnya akan dimulai dari dasar-dasar pemrograman hingga konsep yang lebih lanjut seperti pengembangan web, analisis data, atau kecerdasan buatan.

  • Keterlibatan Aktif. Peserta bootcamp terlibat secara aktif dalam pengerjaan project data dan latihan coding yang sengaja dirancang untuk memperkuat pemahaman mereka tentang materi yang diajarkan.

  • Keterampilan dalam Hal Praktik. Bootcamp Python lebih menekankan pada pengembangan keterampilan praktis dibandingkan hanya pemaparan teori saja. Hal ini dapat langsung diterapkan dalam dunia nyata, baik dalam pekerjaan atau project pribadi.

  • Dukungan dari Instruktur. Peserta bootcamp akan mendapatkan dukungan langsung dari instruktur yang berpengalaman dan berpengetahuan luas dalam pemrograman Python. Hal ini memungkinkan mereka untuk mendapatkan bimbingan yang diperlukan untuk mengatasi kesulitan dan menjawab pertanyaan.

  • Networking. Bootcamp Python juga merupakan kesempatan yang baik untuk membangun jaringan dengan sesama peserta dan profesional dalam industri, sehingga akan membuka pintu untuk peluang kerja atau kolaborasi di masa depan.


3. Apa yang Bisa Diharapkan dari Bootcamp Python?

Python

Tentunya para peserta yang mengikuti program ini akan memiliki tujuan nya masing-masing. Adapun hal yang diharapkan dari bootcamp ini adalah:

  • Pendalaman Pemahaman tentang Python. Para peserta bisa memperdalam pemahaman yang mereka miliki mengenai bahasa pemrograman Python, termasuk sintaksis dasar, struktur data, fungsi, modul, dan konsep pemrograman lanjutan seperti pemrograman berorientasi objek.

  • Pengembangan Keterampilan Project. Para peserta akan terlibat dalam project data yang bersifat nyata dan dirancang untuk meningkatkan skill pemrograman Python.

  • Pelatihan Khusus. Bootcamp Python sering kali menawarkan pelatihan khusus dalam bidang tertentu seperti pengembangan web, analisis data, kecerdasan buatan, atau pengembangan game. Sehingga para peserta dapat menentukan area mana yang akan dijadikan fokus pembelajaran.

  • Sertifikat. Banyak bootcamp Python yang menawarkan sertifikat setelah menyelesaikan program pelatihan. Sertifikat ini dapat menjadi salah satu senjata yang kuat saat mencari pekerjaan di industri teknologi informasi.


4. Bootcamp Python DQLab

Python

DQLab juga menyediakan bootcamp Python untuk Data Analyst. Pada bootcamp ini, peserta tidak hanya mempelajari Python namun juga SQL dan Looker Studio yang menjadi tools andalan Data Analyst untuk memproses data dari awal hingga akhir. Bootcamp ini akan berlangsung dari tanggal 25 Maret hingga 10 Juni 2024. Tentu saja mentor nya adalah praktisi data yang ahli di bidangnya, sehingga para peserta pasti bisa mendapatkan materi dan jawaban yang relevan dengan pekerjaan Data Analyst di dunia nyata.


Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL


Bootcamp Python adalah pilihan yang sangat baik bagi siapa pun yang ingin mempercepat pembelajaran pemrograman Python dan memperdalam pemahaman mereka tentang proses analisis data.


DQLab merupakan platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur Chat GPT.  Selain itu DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. 


Yuk sign up di DQLab untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih menarik. Daftar sekarang dan kejar impianmu untuk menjadi Data Analyst! Atau kamu ingin mempelajari Artificial Intelligence lebih dalam & intensif? Yuk ikuti DQLab LiveClass! Nikmati pembelajaran secara langsung dengan metode simulasi yang akan membantu kamu dalam persiapan karir. Kunjungi halaman Bootcamp Data Analyst with SQL and Python untuk informasi lebih lanjut ya!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login