Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, dan Excel GRATIS
 SIGN UP  

Buat Aplikasi dengan Python? Yuk Coba Sekarang

Belajar Data Science di Rumah 16-Desember-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/0929350064aa758e9bee40af9434f463_x_Thumbnail800.png

Python saat ini menjadi primadona dalam dunia pemrograman dan sebagian besar aplikasi yang kita sering jumpai bahkan menggunakan Python untuk membuat aplikasi yang dapat menghibur kita seperti Spotify, Netflix, YouTube, dll. Aplikasi-aplikasi tersebut dibangun menggunakan bahasa pemrograman, tidak hanya membantu pembuatan aplikasi manfaat lainnya yaitu Python juga dapat digunakan untuk mengembangkan web, analisis data, dll.


Hal ini dikarenakan bahasa python memiliki beberapa kelebihan seperti mudah dipelajari dan dipahami, open source sehingga tidak perlu membeli lisensi, memiliki banyak library, mudah diaplikasikan, dan meningkatkan produktivitas. Dari sekian banyak kelebihan python itu lah yang menjadi alasan banyak orang atau perusahaan menggunakannya untuk membuat aplikasi. lalu, apa sajakah aplikasi yang digunakan menggunakan bahasa python?


1. Netflix

Bagi para pecinta drama atau film mungkin sebagian besar sudah tidak asing dengan aplikasi ini. Python digunakan dalam aplikasi Netflix dalam kerangka machine learning. beberapa algoritma yang digunakan dalam Netflix menggunakan TensorFlow, Keras dan PyTorch. Netflix seringkali menggunakan Jupyter Notebook dalam penerapannya. Penggunaan Python tidak hanya untuk membuat aplikasi, akan tetapi digunakan pula untuk strategi pemasaran, sesi penayangan vidio, dll. 


Baca Juga : Belajar Python: Mengenal Array pada Bahasa Pemrograman Python


2. Spotify

Mendengarkan musik saat ini sudah menjadi bagian atau teman dalam keseharian orang-orang. Jika dahulu ketika ingin mendengarkan musik harus melalui video atau download mp3 terlebih dahulu, saat ini kita bisa streaming musik menggunakan Spotify. Spotify merupakan aplikasi layanan streaming musik dengan jumlah pengguna aktif mencapai 217 juta orang. Dalam pembuatan aplikasi ini, bahasa python turut andil di dalamnya bersamaan dengan bahasa pemrograman lainnya. Adapun penerapan python pada Spotify yaitu salah satunya menggunakan Luigi, modul python yang disinkronkan dengan Hadoop.


3. YouTube

YouTube merupakan sebuah situs web yang dapat digunakan untuk menayangkan serta membagi video oleh pengguna yang telah digunakan oleh hampir seluruh orang di dunia. YouTube pun juga menggunakan bahasa python untuk mengembangkan aplikasinya. Salah satu contoh library python yang digunakan oleh YouTube adalah pytube. Pytube merupakan library yang sangat ringan dan fitur-fiturnya terfokus ke seputar laman video YouTube dan dapat digunakan untuk mendownload video dari YouTube.


4. Instagram

Instagram merupakan aplikasi yang digunakan untuk membagikan memori berupa foto dan video. Bagi para generasi milenial tentunya sudah tidak asing dengan aplikasi ini. Bahkan, saat ini anak di bawah umur dan orang tua pun telah banyak bergabung menjadi pengguna instagram. Siapa sangka bahwa aplikasi kekinian ini menggunakan bahasa python di dalamnya. Salah satu alasan python dipilih untuk membuat aplikasi ini adalah dikarenakan python ramah pengguna, sederhana dan cukup populer sehingga memudahkan bagi para developer ketika membutuhkan tim.


Baca juga: Apa Saja Tutorial Python Dasar? Yuk Simak Versi DQLab


5. Yuk, Mulai Belajar Python di DQLab

Python merupakan salah satu bahasa pemrograman yang sering digunakan oleh data scientist, data analyst dan data engineer. Untuk kalian yang sama sekali belum mengerti mengenai bahasa pemrograman Python, kalian bisa mulai belajar secara online di DQLab . DQLab menyediakan materi berupa modul dan bisa langsung dipelajari secara live code. Caranya cukup mudah loh,  yaitu langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati modul gratis DQLab. Selain bahasa Python, terdapat bahasa pemrograman lainnya seperti R, Excel dan SQL.


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!