Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, dan Excel GRATIS
 SIGN UP  

Buat Grafik di Excel dalam Hitungan Menit? Ini Dia Caranya!

Belajar Data Science di Rumah 21-Oktober-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2cbe08d1c59c2fbfb9ca827d19219f5f_x_Thumbnail800.png

Apabila kalian sering menggunakan aplikasi pengolah data ataupun pekerjaan kalian sehari-hari kalian berkaitan dengan data, pastinya kalian familiar dengan aplikasi pengolah data terpopuler ini, yaitu Excel. Excel merupakan aplikasi yang diciptakan dan dikembangkan oleh perusahaan software Microsoft. 


Dalam Excel tersedia banyak sekali fitur dan alat yang dapat membantu pekerjaan atau tugas kalian agar lebih efisien, efektif, dan apik. Salah satu fitur yang akan kita bahas dalam artikel ini adalah grafik, penggunaan grafik dalam Excel seringkali digunakan untuk menyajikan data agar lebih mudah dimengerti orang lain. Yuk, simak bersama!


1. Pengertian Grafik

Sebelum membahas lebih dalam mengenai grafik, kalian perlu mengetahui terlebih dahulu definisi dan tujuan penggunaan grafik. Grafik merupakan kumpulan data dari beberapa tabel yang disajikan dalam bentuk gambar atau pola, contohnya seperti lingkaran, batang, kerucut, dan lainnya. Grafik juga dapat diartikan sebagai kerangka atau gambaran dari pasang surutnya suatu data yang ada.


Tujuan dari grafik adalah memvisualisasikan data-data pada tabel agar dapat memberikan informasi secara sederhana, benar, dan mudah dipahami oleh penerima materi. Data yang digunakan untuk membuat grafik dapat berupa angka, huruf, simbol, gambar, kata-kata, dan lainnya. Dengan menggunakan grafik, kalian tidak perlu menampilkan rangkaian tabel data mentah yang tidak efisien.


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Jenis-jenis Grafik

Setelah mengetahui pengertian dan tujuan dari pembuatan grafik, kalian juga perlu mengetahui jenis-jenis grafik terpopuler yang terdapat di Excel dan dapat kalian gunakan. Berikut masing-masing jenis grafik beserta penjelasannya.


  • Column Chart (Grafik Kolom)

    Grafik ini menampilkan kategori data dalam bentuk kolom atau baris secara vertikal. Grafik kolom dapat kalian gunakan untuk membandingkan suatu kategori data dalam rentang nilai atau waktu tertentu.


  • Line Chart (Grafik Garis)

    Grafik satu ini merupakan salah satu yang paling sering digunakan karena dapat menampilkan data yang didistribusikan secara merata. Grafik garis akan memperlihatkan data berkelanjutan dari waktu ke waktu sehingga sangat cocok untuk menampilkan tren data pada interval tertentu seperti bulan atau tahun.


  • Pie Chart (Grafik Lingkaran)

    Grafik lingkaran termasuk sering digunakan juga karena dapat menampilkan perbandingan ukuran data dalam bentuk persentase. Penggunaan grafik lingkaran dalam Excel bisa diterapkan dalam beberapa format, seperti 2D atau 3D.


  • Bar Chart (Grafik Batang)

    Grafik batang memiliki karakteristik yang hampir mirip dengan grafik kolom, yang membedakan hanyalah penyajian datanya dilakukan secara horizontal. Jenis grafik ini juga dapat kalian tampilkan dalam format 2D atau 3D.


3. Langkah Membuat Grafik

Karena penggunaan dan pengaplikasian grafik yang mudah, banyak orang yang memanfaatkan fitur ini agar dapat membuat hasil kerjanya lebih terlihat profesional dan estetik. Berikut langkah-langkah cara membuat grafik di Excel dalam waktu hitungan menit.


  • Blok bagian data termasuk kolom dan baris data yang ingin kalian masukkan ke dalam grafik.

  • Klik menu toolbar ‘Insert’, kemudian pilih ‘Charts’ atau grafik yang sesuai dengan keinginan.

  • Setelah klik grafik yang diinginkan, secara otomatis grafik pilihan kalian akan muncul di lembar kerja Excel.

  • Kalian dapat klik menu ‘Design’ apabila ingin merubah warna grafik dan sebagainya.


4. Cara Mengubah Jenis Grafik

Dalam membuat grafik tidak jarang banyak keputusan yang tiba-tiba berubah, namun tidak perlu khawatir mengenai hasil pekerjaan kalian. Kalian bisa dengan mudah mengubah jenis grafik sebelumnya menjadi grafik yang lebih sesuai dengan kebutuhan kalian. Berikut langkah-langkah dalam mengubah jenis grafik.


  • Pada menu ‘Design’, klik perintah ‘Change Chart Type’.

  • Kotak dialog perintah tersebut akan muncul, kemudian kalian dapat memilih jenis grafik dan tata letak yang baru setelah klik ‘OK’,

  • Jenis grafik baru yang kalian pilih akan muncul, contoh dari grafik kolom menjadi grafik garis.


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


5. Ketahui Fitur Excel Lainnya yang Dapat Memudahkan Pekerjaan

Selain fitur grafik, Excel masih memiliki banyak potensi yang dapat kalian gali lebih dalam lagi. Kalian bisa mendapatkan informasi seputar Excel di DQLab dengan mengikuti sesi belajar kursus Data Science. Selain informasi mengenai Excel, kalian juga bisa mendapatkan banyak informasi seputar Data Science yang tentunya dapat menarik minat kalian. Jika kalian tertarik, kalian bisa sign up di DQLab.id, kemudian kalian dapat langsung mengerjakan module ‘Introduction Data Science with Python and R’ secara gratis, lho! Ayo, perbanyak pengetahuan kalian dengan belajar bersama DQLab.id!



Penulis : Callista Eugenia

Editor : Annissa Widya Davita

Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!