JULY SPECIAL ! DISKON 96%
Belajar Data Science Bersertifikat, 12 Bulan hanya 180K!
0 Hari 0 Jam 59 Menit 13 Detik

Buat Grafik Lebih Mudah di Excel, Sudah Coba?

Belajar Data Science di Rumah 12-Maret-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1-longtail-rabu-08-2024-03-15-152830_x_Thumbnail800.jpg

Halo teman-teman, apakah kalian pernah melihat grafik atau bentuk visualisasi data yang sering ditampilkan setelah selesai proses analisis data? Proses analisis data ini merupakan suatu tahapan dalam pengolahan data yang tidak bisa terlewatkan. Setelah data selesai dianalisis, diperlukan suatu media atau perantara untuk menyampaikan hasil analisis dengan mudah, seperti membuat grafik. Pada artikel kali ini kita akan mengenali cara membuat grafik di excel dengan mudah.


Microsoft excel adalah suatu software atau aplikasi yang saat ini tentu sudah tidak asing di telinga kita. Kemungkinan mayoritas pemilik laptop atau PC memiliki software ini. Microsoft excel memiliki beragam manfaat dan kegunaan yang bisa memudahkan pekerjaan.


Pada umumnya aplikasi ini digunakan untuk memudahkan perhitungan matematika, membuat laporan keuangan, dan lainnya. Lebih spesifiknya, microsoft excel juga bisa digunakan untuk menganalisis data dan membuat visualisasi data.


1. Visualisasi Data

Visualisasi data adalah suatu proses menggunakan elemen visual untuk menyampaikan hasil analisis data agar lebih mudah dipahami. Proses visualisasi data ini akan sangat membantu para pembaca terutama yang awam terhadap data agar lebih mudah memahami apa yang disampaikan.


Hal ini dikarenakan seseorang cenderung lebih tertarik kepada elemen visual seperti penggunaan grafik, diagram, peta, dan lain sebagainya.

Excel


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Pengertian Grafik

Grafik adalah suatu gabungan antara angka,huruf, tabel atau sebagainya. Grafik bisa berisi informasi dari data yang telah diinputkan sebelumnya. Penggunaan grafik ini seringkali memudahkan pembaca dalam memahami data. Grafik sudah sangat sering digunakan baik dalam dunia pendidikan maupun dunia kerja sebagai sarana penyampai yang bersifat edukatif. Grafik terdiri dari berbagai macam dan bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan.


Excel


3. Cara Membuat Grafik di Excel

Setelah mengetahui pentingnya visualisasi data dan dapat diproses menggunakan excel, maka kita juga perlu mengetahui langkah mudah cara membuat grafik di excel yaitu sebagai berikut:

  1. membuka aplikasi microsoft excel lalu pilih ‘blank workbook’

  2. input data yang akan dijadikan grafik, lalu blok data

  3. pilih menu toolbar ‘insert’ lalu pilih ‘charts’ atau ‘grafik’

  4. pilih model grafik yang diinginkan

  5. grafik akan muncul dan bisa dimodifikasi sesuai keinginan dan kebutuhan


Berikut adalah contoh hasil penggunaan grafik di excel

Excel


4. Cara Personalisasi Grafik

Setelah berhasil membuat grafik di Excel, ada kalanya kita kurang puas dengan tampilan grafik yang awal. Oleh karena itu terdapat beberapa tips yang bisa digunakan untuk mengatur tampilan grafik sesuai keinginan kita, antara lain:

  • cara mengganti data di setiap sumbu, yaitu klik kanan pada grafik yang sudah ada > klik select data > klik switch row/column > klik ok

  • cara merubah tampilan layout dan label sumbu grafik, yaitu klik pada grafik > klik menu “Chart Design” > atur sesuai dengan keinginan

  • cara mengubah ukuran bagan legenda dan label sumbu grafik, yaitu klik label satu per satu > klik menu Home > pilih jenis dan ukuran font sesuai keinginan


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with Excel


Microsoft excel adalah suatu bahasa pemrograman yang perlu dipelajari karena memiliki banyak manfaat dan bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Dasar-dasar excel bisa dipelajari di DQLab.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab dan ikuti Bootcamp Data Analyst with Excel.


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login