PROMO 7.7! DISKON 98%
Belajar Data Science Bersertifikat, 12 Bulan hanya 177K!

0 Hari 2 Jam 41 Menit 23 Detik

Buat Strategi Peluang Bisnis dengan Skill Data Science

Belajar Data Science di Rumah 13-Juni-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-kamis-05-2024-06-13-101302_x_Thumbnail800.jpg

Data science atau ilmu data adalah salah satu bidang ilmu yang banyak diperlukan di berbagai bidang. Data science ini terdiri dari berbagai bidang ilmu seperti matematika, statistika, manajemen bisnis, bahasa pemrograman, sistem informasi, dan masih banyak lainnya. Dalam bidang bisnis, data science seringkali digunakan untuk berbagai keperluan yang berkaitan dengan bisnis. Lalu bagaimana data science bisa membantu bisnis? Yuk, simak bersama-sama!


Ketika seseorang ingin menjadi seorang data analyst atau profesi praktisi data lainnya tentu memerlukan berbagai skill yang diperlukan dalam dunia data. Data science merupakan suatu ilmu yang mempelajari tentang cara mengolah data sehingga menjadi informasi. Beberapa penerapan dari data science juga telah sering kita jumpai dalam keseharian. Beberapa contohnya antara lain tersedianya e-commerce, tersedianya aplikasi kesehatan, mobile banking, dan masih banyak lainnya.


1. Membuat Strategi Bisnis

Suatu perusahaan tentu memiliki database sebagai acuan dalam mengelola perusahaan. Perusahaan dapat membuat strategi bisnis berdasarkan database yang ada. Database yang ada nantinya perlu dikelola dan diolah dengan baik agar menghasilkan keputusan yang valid.


Dengan hasil analisis yang baik tentu akan membantu dalam membuat strategi bisnis yang baik dan sesuai dengan keadaan bisnis sehingga dapat menentukan langkah kedepannya.

Data Science

sumber: Armada Finance


Baca juga : Data Science Adalah: Yuk Kenali Lebih Jauh Tentang Data Science!


2. Mengurangi Risiko Penipuan

Pada saat melakukan transaksi jual beli terutama transaksi yang dilakukan secara online, seringkali penipuan menjadi masalah utama. Aktivitas penipuan ini dapat diminimalisir dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan menggunakan data science. Data science memiliki berbagai algoritma yang dapat diterapkan untuk mengawasi aktivitas yang sekiranya mencurigakan. Selain itu data science pun dapat membantu memberi peringatan terhadap user dengan memberikan respons tertentu ketika menemukan data yang tidak wajar.

Data Scientist

sumber: Metro TV


3. Mempermudah Administrasi

Saat ini segala sesuatu mayoritas sudah dilaksanakan secara digital. Walaupun masih ada orang yang belum mengerti cara menggunakan media digital, namun cara ini dianggap memudahkan segala sesuatu dan dapat dikerjakan secara efisien dari segi waktu, tempat maupun sistem.

Perlu kalian ketahui bahwa dibalik semua itu terdapat penerapan data science. Sistem yang dibuat sedemikian rupa perlu benar-benar dibuat berdasarkan keperluan dan data yang ada sehingga hasilnya benar-benar maksimal.

Data Scientist


4. Meningkatkan Penjualan

Seperti yang telah kita ketahui bahwa saat ini sudah banyak perusahaan yang memiliki berbagai cabang bisnis. Dalam bidang perkembangan produk, salah satu tujuan perusahaan antara lain dengan meningkatkan penjualan yang nantinya akan berdampak terhadap peningkatan profit perusahaan. Dengan menggunakan data science, pihak perusahaan dapat melihat dan mengetahui perkembangan trend bisnis atau penjualan yang sedang terupdate dari waktu ke waktu.

Data Science

sumber: Adrian Luis


Baca juga : 3 Contoh Penerapan Data Science yang Sangat Berguna di Dunia Perindustrian


Data science adalah salah satu ilmu yang penting di kecanggihan teknologi masa kini. Keberadaan data science ini diperlukan di berbagai bidang seperti kesehatan, pendidikan,ekonomi, bisnis, manufaktur, retail, dan lainnya. 


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab dan ikuti Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner.


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login