BELAJAR DATA SERU, AKSES PAKET DATA SCIENCE 6 BULAN 180K!
Diskon Spesial 90% + 50% Belajar Data Science Bersertifikat
DAFTARKAN DIRIMU
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 7 Jam 50 Menit 23 Detik 

Cara Belajar Data Science yang Efektif Zaman Now!

Belajar Data Science di Rumah 20-Desember-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/48aa737a76f0b3616577b5b528cf16a7_x_Thumbnail800.jpeg

Setiap manusia umumnya memiliki cara tersendiri untuk bisa memahami suatu hal. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah daya tangkap. Seorang pelopor di bidang gaya belajar, Rita Dunn, menemukan beragam variabel yang mempengaruhi cara belajar seseorang, yakni mulai dari faktor fisik, emosional, sosiologis, dan lingkungan. Ada yang cepat menangkap ilmu ketika belajar di sekolah atau kuliah, ada yang justru lebih merasa cepat menyerap ilmu ketika belajar sendiri di rumah, ada juga yang lebih semangat ketika mendengarkan musik, dan lain sebagainya.


Di era digitalisasi saat ini, tentu sudah banyak pilihan yang tersedia, kan Sahabat Data DQLab? Termasuk dengan sumber-sumber yang bisa kita jadikan bahan pembelajaran. Apa saja ya? Dan bagaimana sih cara belajar yang efektif di zaman "now"?


1. Ragam Cara Belajar

Banyak cara dan sumber yang bisa kamu jadikan bahan pembelajaran. Tentunya, kamu bisa memilih yang sesuai dengan kepribadianmu, Sahabat Data DQLab!

  • Belajar Tatap Muka

    Cara yang satu ini adalah cara yang paling umum dan banyak digunakan, termasuk yang diterapkan di sekolah maupun kuliah. Salah satu syarat metode ini adalah kehadiran sang guru. Sang guru akan memberikan pengarahan pada saat proses pembelajaran berlangsung. Jika ada yang mau ditanyakan, murid bisa langsung bertanya pada guru. Jadi, sistem komunikasi yang terjadi adalah komunikasi dua arah.

  • Online Learning

    Semenjak virus corona mewabah di belahan dunia, hampir seluruh aktivitas manusia terbatas, khususnya aktivitas di ruang publik. Melihat kondisi seperti ini, hadirlah metode pembelajaran yang disebut dengan online learning. Sebenarnya, metode ini sudah ada sejak dulu. Hanya saja tidak sebanyak saat ini. Metode ini mirip dengan belajar tatap muka yang menghadirkan sang guru, hanya saja tidak terjadi secara langsung. Umumnya, video call menjadi cara yang ditempuh.

  • Video Based Learning

    Dalam metode belajar yang satu ini, video menjadi jembatan antara guru dengan murid. Dimana sang guru memberikan penjelasan tentang isi materi pembelajaran yang telah direkam sebelumnya. Jadi, murid atau peserta didik bisa melihat video hasil rekaman tersebut. Metode video based learning ini tidak hanya terjadi di lingkup lembaga pendidikan formal, melainkan juga bisa kita lakukan secara mandiri, salah satu contohnya adalah melalui video pembelajaran di Youtube.

  • Belajar Otodidak

    Metode pembelajaran yang satu membuat kita untuk bisa mencari segala hal secara sendiri. Tidak hanya sekedar mencari, kita juga harus bisa memahami segalanya tanpa bimbingan orang lain/guru. 


Baca juga : Berangkat sebagai Programmer, Ifan Kini Switch Career Menjadi Seorang Data Analyst


2. Metode Belajar Zaman Now

Dari keempat metode yang tadi sudah dijelaskan, sayangnya tidak semua orang cocok dengan metode-metode tersebut. Meskipun metode belajar sudah berkembang dan bervariasi, tapi tidak semua cara belajar bisa diterapkan ke semua orang. Tapi, ada satu metode yang bisa menyesuaikan masing-masing orang nih, Sahabat Data DQLab! Namanya adalah metode Self-Paced Learning. Yang dimaksud dengan Self-Paced Learning adalah pembelajaran secara mandiri yang menyesuaikan dengan kondisi sehingga dapat dilakukan kapan saja dan dimana pun secara online.


3. Keuntungan Belajar dengan Metode Belajar Zaman Now

Dengan menyesuaikan kondisi yang ada, metode Self-Paced Learning disebut-sebut sebagai metode belajar yang cocok diterapkan di zaman sekarang atau yang disebut dengan zaman now. Apalagi melihat kondisi yang ada saat ini, sejak hadirnya virus corona di tengah masyarakat aktivitas masyarakat menjadi sangat terbatas. Ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan melalui pembelajaran ini.


Pertama, waktu belajar yang fleksibel. Tentu ini adalah hal yang diinginkan banyak orang. Karena dengan ini, belajar bisa dilakukan saja, khususnya ketika mood sedang baik. Kedua, dengan menerapkan metode ini kita bisa belajar dimana saja, tidak mesti di sekolah. Sehingga, kita masih bisa melakukan aktivitas lainnya, jika sewaktu-waktu mengharuskan kita melakukan lebih dari satu kegiatan di waktu yang sama. Yang terpenting adalah membagai fokus kita pada apa yang kita kerjakan. Keuntungan lainnya yang bisa kamu dapatkan adalah kamu akan cenderung menantang diri untuk terus update dan upgrade ilmu.


Baca juga : Belajar Data Science Anti Ribet Tanpa Install Software bersama DQLab


4. Cobain Belajar di DQLab dengan Metode Self-Paced Learning!

Buat kamu yang tertarik untuk belajar secara Self-Paced Learning kamu bisa coba untuk mulai belajar di DQLab.id. Di DQLab kamu akan mempelajari data science secara bertahap. Tentunya, materi pembelajaran bisa kamu pelajari secara fleksibel dan dimana pun kamu berada. Kamu juga akan ditemani fitur Live Code Editor yang akan membimbingmu belajar. Yuk, mulai belajar secara Self-Paced Learning sekarang juga!



Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :