FLASH PROMO!! AKSES PAKET DATA SCIENCE 6 BULAN 180K!
Diskon Spesial 90% + 50% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 5 Jam 13 Menit 15 Detik 

Cara Buat Grafik di Excel: Tutorial Membuat Bar Chart Excel dalam 5 Menit

Belajar Data Science di Rumah 09-Desember-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/885dadca1215592dadf1116f5c54cf8e_x_Thumbnail800.png

Setelah sebelumnya kita telah membahas diagram garis (Line Chart) dan langkah-langkah dalam membuatnya, selanjutnya kita akan membahas bagaimana cara membuat diagram batang (Bar Chart) pada Excel. Tentu sebagian besar dari kita tahu apa itu diagram batang, karena sejak dari sekolah dasar kita sudah mengenal apa itu diagram batang. Secara umum, diagram batang atau Bar Chart yaitu suatu bentuk visualisasi data dalam bentuk batang persegi baik itu dua dimensi maupun tiga dimensi yang bertujuan untuk membantu kita dalam membaca hasil pengolahan data antar dua variabel yang saling berhubungan. Dengan mengetahui cara membuat Bar Chart, tentu akan memudahkan pekerjaan kita jadi lebih ringkas dan efisien. 

Langkah-langkah dalam membuat Bar Chart pun sangatlah sederhana, sehingga kamu bisa dengan cepat dalam mempelajarinya. Jika kamu masih bingung bagaimana cara membuat Bar Chart di Excel, pada artikel kali ini DQLab akan menjelaskan mulai dari mengetahui apa itu Bar Chart hingga cara membuat grafiknya di Excel. Berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu ikuti. Selamat membaca!


1. Pengertian Bar Chart

Excel Bar Charts - Clustered, Stacked - Template - Automate Excel

Source: automateexcel.com


Bar Chart ditemukan dalam bentuk bagan balok dan panjang balok yang menunjukan rentang waktu dari setiap kegiatan oleh L. Gantt Chart dan Frederick W.Taylor. Bar Chart merupakan sebuah visualisasi yang ditampilkan berupa grafik dengan bentuk diagram batang, oleh karena itu Bar Chart juga sering disebut sebagai diagram batang. Grafik atau diagram batang digunakan untuk menyajikan perbandingan data pada satu atau beberapa seri data. Misalnya, menampilkan angka penjualan untuk setiap bulan dalam satu tahun, menampilkan secara grafis pertumbuhan penduduk di suatu tempat dalam kurun waktu tertentu atau menampilkan angka penjualan setiap bulan dalam satu tahun di beberapa kota. Data pada diagram batang disajikan dalam bentuk persegi panjang horizontal, yang panjangnya sesuai dengan nilai masing-masing. Dengan begitu kita bisa melihat dengan cepat dan mudah data mana yang memiliki kinerja atau nilai yang lebih tinggi dibandingkan dengan data yang lain.


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Cara Membuat Bar Chart

Ada berbagai jenis grafik batang yang dapat kamu sesuaikan nantinya di Excel, tetapi yang paling sederhana adalah grafik batang yang digunakan untuk membandingkan nilai untuk setiap baris di Excel. Berikut langkah-langkah membuat diagram batang:

  • Pilih sel yang ingin dibuat grafiknya, termasuk judul kolom dan label baris. Sel-sel ini akan menjadi sumber data untuk grafik. Pada contoh, kita akan pilih sel A3:B8.


  • Kemudian klik menu Tab Insert ¡ª klik perintah Charts yang diinginkan. Dalam contoh kita, kita akan pilih Bar Chart.


  • Pilih jenis grafik yang diinginkan dari menu drop-down.


  • Grafik yang dipilih akan ditampilkan ke dalam worksheet.


3. Cara Membandingkan Data dengan Bar Chart

Selanjutnya, dengan Bar Chart kita juga dapat membandingkan data dalam 2 kolom atau lebih di Excel. Ini adalah cara yang tepat untuk mengidentifikasi tren dari waktu ke waktu untuk beberapa item. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Untuk membuat Clustered Chart, pilih semua data dalam spreadsheet. Pastikan untuk menyertakan semua label, semua kolom data, juga termasuk header.


  • Kemudian klik menu Tab Insert ¡ª Charts ¡ª pilihlah ikon Bar Charts. Di menu drop-down, pilih diagram kelompok 2D Bar atau 3D Bar Clustered Chart.


  • Selanjutnya kamu akan melihat grafik batang tersebut ada pada lembar kerja Excel. Disana terlihat bahwa untuk setiap kategori penerima, batang dengan warna berbeda mewakili setiap kolom. Header kolom di bagian bawah diagram mengidentifikasi apa yang diwakili oleh setiap warna.


4. Cara Mengubah Tampilan Bar Chart

Untuk mengubah tampilan grafik batang dan memvariasikan warna batang menurut seri data, kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Klik kanan pada salah satu batang dan pilih Format Data Series.


  • Di panel Format Data Series, pilih ikon Fill & Line (paint can) dan di bawah Fill pilih "Vary colors by point"

  • Kamu pun juga dapat mengedit judul hanya dengan memilih judul Grafik dan mengetik ulang yang baru.

  • Selain itu, kamu dapat memodifikasi pemformatan area mana pun pada grafik, seperti area plot atau area grafik, dengan mengklik kanan dan memilih opsi Format.


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


5. Cobalah Diagram Lainnya Sesuai dengan Kebutuhan Datamu

Diagram batang atau grafik batang (Bar Chart) pada umumnya banyak ditemukan dalam ilmu statistika, misalnya saja untuk sebuah presentasi kita membutuhkan sebuah visualisasi sederhana dalam menyampaikan sebuah kumpulan data yang terdiri dari angka dan tulisan. Oleh karena itu banyak dari kita yang mencoba menerapkannya dengan bantuan program pengolah data termasuk salah satunya dengan membuat diagram batang di Microsoft Excel. 

Yuk belajar visualisasi data bersama DQLab! Ikuti tutorial Excel lainnya lebih lengkap dengan mengakses Modul Platinum DQLab Excel dengan buat akun baru dan bergabung secara FREE hanya di DQLab.id. Nikmati berbagai modul visualisasi data yang menarik untuk dipelajari. Tidak hanya Excel, loh! DQLab juga memiliki berbagai modul visualisasi data menggunakan bahasa pemrograman yang banyak digunakan di dunia industri. Jadi tunggu apa lagi? Tingkatkan skill visualisasi data bersama DQLab!


Penulis: Salsabila Miftah R

Editor: Annissa Widya Davita



Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :