PROMO PAYDAY! SERBU PAKET DATA SCIENCE 3 BULAN CUMA 100K!
Diskon Spesial 95% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 13 Jam 37 Menit 32 Detik 

Cara Gabungkan SQL Join Table dari Database Berbeda

Belajar Data Science di Rumah 22-November-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/71e2790b9914493b3fcb2add02e2a8e0_x_Thumbnail800.jpg

SQL JOIN Table adalah salah satu operasi yang seringkali dipakai oleh praktisi data dalam melakukan manipulasi dan pengolahan data. Banyak fungsi yang dihadirkan dari operasi SQL JOIN yang tentunya bisa kamu manfaatkan sahabat DQLab. Salah satunya adalah memperkaya data yang telah kita dapatkan. 


Dalam proses analisis data, terkadang data yang tersedia dalam satu tabel saja belum mampu untuk menghasilkan insight yang bisa menjawab permasalahan yang ada. Sehingga tidak jarang praktisi data dituntut untuk menggabungkan beberapa tabel data, baik dalam database yang sama maupun database yang berbeda. Tujuannya adalah agar sumber data yang diolah menjadi lebih “rich”. Semakin lengkap data yang kita miliki tentu akan membuat insight yang dihasilkan semakin jelas, sehingga pembuatan keputusan bisa dilakukan dengan tepat.


Berbicara soal operasi SQL JOIN, kita bisa menggabungkan data dari dua tabel yang memiliki database serupa ataupun dua tabel dengan database yang berbeda. Walaupun memang secara nyata berbeda tetapi tetap memiliki hubungan. Penggabungan tabel ini akan sangat berguna bagi praktisi data jika data yang ingin dilihat tersedia di dalam beberapa tabel yang berbeda. 


Tapi tahukah kamu bahwa penggunaan JOIN dalam operasi SQL tidak terbatas dalam penggabungan tabel dengan database yang sama loh. Database yang berbeda juga bisa ditangani oleh SQL. Teru bagaimana caranya menggunakan bahasa SQL agar data dari database yang berbeda bisa digunakan secara bersamaan? Nah, pembahasannya akan kita bahas dalam artikel berikut ini. Yuk, simak pembahasannya!


1. Sintaks SQL Join Table

Sebelum kita membahas bagaimana caranya menggabungkan tabel apabila berbeda database, kita perlu tahu terlebih dahulu terkait sintaks yang akan dipakai. Berikut adalah sintaksnya:


SQL

Sedikit penjelasan dari sintaks diatas bahwa ketika kita ingin menggabungkan suatu tabel ataupun lebih dari satu tabel yang letak databasenya berbeda, kita dahulukan dengan perintah SELECT. Lanjut, sebutkan tabel mana yang ingin kita gabungkan. Setelah digabungkan, ketik perintah FROM yang menyatakan asal tabel kemudian dilakukan penggabungan dengan memakai perintah JOIN. 


Baca juga : Saatnya Belajar SQL, Kenali Rekomendasi Query SQL Bagi Pemula


2. Step 1: Membuat Database Pertama Beserta Tabelnya

Kita masuk ke langkah pertama dalam melakukan penggabungan tabel dari database yang berbeda yaitu buatlah database terlebih dahulu. Kalau sahabat DQLab berencana ingin membuat 2 tabel maka dalam langkah pertama buatlah database pertamanya dahulu.


Untuk memulainya, kamu bisa membuat database pertama terlebih dahulu yang bisa kamu namain menjadi database_1. Berikut adalah sintaksnya:

SQL


Berikutnya, buatlah tabel yang akan kita gabungkan. Contoh tabelnya saya mau labelin namanya jadi “products”. Dibawah ini merupakan sintaks dari tabel yang akan kita buat.

SQL

Kemudian, tambahkan 5 data dan masukkan ke dalam tabel “products” tadi.

SQL

Pastikan untuk melakukan pengecekan terlebih dahulu jangan sampai salah memasukkan ya. Terakhir masukkan sintaks dari data-data yang sudah kita masukkan ke dalam tabel.

SQL

Bisa kalian lihat bahwa sudah ada lima data yang telah dimasukkan pada tabel products.

SQL


3. Step 2: Membuat Database Kedua Beserta Tabelnya

Masuk ke dalam tahap kedua, kita akan buat database yang kedua nih teman-teman. Kita namakan dengan database_2

SQL

Kemudian, kita buat tabel keduanya yang akan kita namakan “prices”. Berikut adalah sintaksnya:

SQL

Tambahkan 5 data untuk dimasukkan ke dalam tabel “prices”

SQL

Pastikan dan verifikasi terlebih dahulu apakah data-data yang kita masukkan sudah terisi dan tidak salah ketik. Untuk memastikannya kita bisa mengetikkan sintaks berikut:

SQL

Bisa kalian lihat bahwa sudah ada lima data yang telah dimasukkan pada tabel prices.

SQL



Baca juga : Catat! Ini 3 Keuntungan Belajar SQL dalam Mengolah Data


4. Step 3: Menggabungkan Tabel dari Database yang Berbeda

Selanjutnya kita akan melakukan penggabungan tabel dengan perintah JOIN pada SQL dari dua database yang berbeda. Kamu bisa menggunakan sintaks seperti yang ada di bawah ini

SQL

Sintaks di atas merupakan sebuah template yang nantinya akan diaplikasikan untuk database yang sudah kita buat sebelumnya. Pastikan dengan detail nama database yang sudah kita labelin, tabel yang sudah kita buat dan isi tabelnya menggambarkan tentang apa juga dicek dengan betul ya sahabat DQLab. Hal ini dikarenakan kita akan melakukan penggabungan dua tabel dengan database yang berbeda.


Contoh, ketika kita ingin melakukan LEFT JOIN untuk menggabungkan tabel “product” yang berada di database pertama dengan tabel “prices” yang ada pada database kedua. Keduanya kita gabungkan dengan memberikan label baru yaitu product_id. Berikut adalah sintaksnya yang bisa kalian gunakan:

SQL

Dengan memasukkan sintaks diatas maka kita bisa melihat hasil penggabungan kedua tabel. Berikut adalah outputnya:

SQL


Perhatikan yang diblok warna kuning. Dua tabel yang berada di sebelah kiri berasal dari tabel products yang ada dalam database pertama. Sedangkan dua tabel yang berada di sebelah kanan adalah tabel prices yang ada pada database kedua. Karena menggunakan LEFT JOIN maka yang akan digabungkan letaknya berhadapan setelah tabel yang sudah kita namakan sebelumnya.


5. Step 4: Drop Database yang Sudah Dibuat

Apabila sudah digabungkan dengan menggunakan bantuan LEFT JOIN, kamu bisa langung melakukan drop dari kedua database.


Untuk melakukan drop pada database pertama, kamu juga bisa memasukkan sintaks sebagai berikut:

SQL

Untuk melakukan drop pada database pertama, kamu juga bisa memasukkan sintaks sebagai berikut:

SQL


Setelah memahami cara penggunaan JOIN yang ada di SQL, kamu bisa mulai mengeksplorasi hal lainnya seperti penggunaan GROUP BY, ORDER BY, HAVING, dan masih banyak lagi hal-hal fundamental lainnya dari SQL.


Ingin perdalam SQL? Yuk, mulai bersama DQLab karena DQLab menyediakan modul SQL yang sangat cocok bagi pemula karena membahas hal-hal yang bersifat fundamental. Agar bisa mulai belajar SQL sekarang, kamu cukup signup di DQLab.id atau isi form dibawah ini ya!


Selamat belajar Sahabat DQLab!


Penulis: Reyvan Maulid


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :