SUPER 6.6 SALE! DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 99K!

0 Hari 14 Jam 35 Menit 58 Detik

Cara Gampang pakai Rumus Average dalam Excel

Belajar Data Science di Rumah 20-Mei-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-kamis-08-2024-05-21-203309_x_Thumbnail800.jpg

Microsoft excel adalah sebuah aplikasi atau software yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Microsoft ini berbentuk lembar kerja spreadsheet yang bisa digunakan dalam berbagai sistem operasi seperti Windows, macOS, Android, iOS, dan iPadOS. Microsoft excel juga memiliki berbagai rumus atau formula yang masing-masing memiliki kegunaan untuk kepentingan tertentu. Salah satu rumus yang bisa digunakan adalah rumus AVERAGE untuk menghitung nilai rata-rata. Cara menghitung rata-rata dengan excel ini sangat mudah untuk diterapkan.


Pada masa sekarang ini kita seringkali menggunakan bantuan aplikasi atau software untuk memudahkan pekerjaan. Sebagai contoh mudah, seorang guru akan menggunakan bantuan microsoft excel ketika akan mengolah data siswa atau nilai siswa. Pengguna bisa menggunakan berbagai rumus yang tersedia di dalamnya sesuai dengan yang dibutuhkan. Pada artikel kali ini kita akan mengenali terkait rumus AVERAGE dalam microsoft excel. Yuk simak bersama-sama!


1. Nilai Rata-rata

Nilai rata-rata adalah termasuk salah satu perhitungan yang digunakan dalam ilmu matematika. Dalam statistika, nilai rata-rata disebut juga dengan mean. Nilai rata-rata adalah nilai tunggal yang menyatakan sekelompok angka atau data. Untuk lebih mudah memahaminya, nilai rata-rata dapat didapatkan dengan menghitung jumlah dari keseluruhan data dan kemudian membaginya dengan banyaknya data tersebut. Nilai rata-rata ini bisa dihitung dengan cara manual maupun menggunakan bantuan software.


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. AVERAGE

AVERAGE adalah sebuah rumus dalam microsoft excel yang mana fungsinya adalah untuk menghitung nilai rata-rata. Dengan menggunakan rumus AVERAGE ini pengguna tidak perlu menghitung nilai rata-rata dengan cara manual seperti menjumlahkan total nilai lalu membaginya lagi. Penggunaan rumus ini akan sangat memudahkan jika pengguna dihadapkan dengan data nilai yang sangat banyak. Berikut contoh penggunaan rumus AVERAGE.

Excel

dengan mengetikkan rumus AVERAGE tersebut maka akan menghasilkan nilai rata-rata yaitu 85.3.


3. Menghitung Rata-rata 

Seringkali kita menjumpai keberadaan data baik itu berukuran kecil maupun sudah termasuk dalam big data. Nilai rata-rata bisa dihitung dengan cara manual maupun menggunakan bantuan software atau tools tertentu. Namun menghitung nilai rata-rata dengan cara manual untuk data yang berukuran besar akan membutuhkan waktu yang sangat lama sehingga tidak efektif. Jadi, jika data yang dimiliki atau yang ingin dihitung berukuran sangat besar dan banyak, maka alangkah baiknya menggunakan bantuan tools atau software.


4. Contoh Soal

Perhitungan nilai rata-rata bukanlah suatu hal yang asing lagi. Perhitungan ini seringkali dipelajari mulai dari sekolah dasar. Menghitung nilai rata-rata ini dalam dunia pendidikan sering digunakan oleh guru untuk menghitung nilai rata-rata siswa. Perhitungan nilai rata-rata ini bisa digunakan untuk mengetahui kemampuan rata0rata siswa dalam mengerjakan soal yang nantinya bisa diukur dengan batas nilai yang ditentukan oleh guru tersebut.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with Excel


Menghitung nilai rata-rata adalah suatu kebutuhan para statistikawan dalam menerapkan ilmu matematika dasar. Perhitungan in dapat dipermudah dengan menggunakan bantuan bahasa pemrograman terutama jika data yang digunakan berjumlah besar


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab dan ikuti Bootcamp Data Analyst with SQL and Python.


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita




Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login