DQLab Super Giveaway! Belajar Data Science 6 Bulan hanya Rp.99.000! DAFTAR

Pakai Kode: KUPON99K. Berakhir 2 Days 17 Jam : 2 Menit : 47 Detik

Cara Membuat Visualisasi Data Scatter Plot dengan Excel

Belajar Data Science di Rumah 09-Juni-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/85648447be34eaff114787d3db65f404_x_Thumbnail800.jpg

Bosan dengan visualisasi data excel yang itu-itu aja? Sahabat data pengen banget dong pastinya menyajikan visualisasi data excel yang kece, menarik dan tidak biasa. Kalian bisa cobain visualisasi data dengan excel menggunakan grafik Scatterplot. Diagram Scatter berfungsi untuk melakukan pengujian terhadap seberapa kuatnya hubungan antara 2 (dua) variabel serta menentukan jenis hubungan dari 2 (dua) variabel tersebut apakah hubungan Positif, hubungan Negatif ataupun tidak ada hubungan sama sekali. Grafik scatterplot atau yang memiliki nama lain grafik pencar merupakan diagram grafis yang dibangun dari dua sumbu X dan Y (variabel X dan variabel Y). Nilai dari sepasang variabel ini digambarkan sebagai titik-titik point. Karena itu scatter diagram sering pula disebut sebagai scatter plots. Grafik pola poin tersebut dapat menunjukkan pola hubungan. Paling sering diagram pencar digunakan untuk membuktikan atau menyangkal hubungan sebab akibat. Dalam analisis statistik, scatterplot sering digunakan untuk mengetahui apakah sebuah variabel memiliki hubungan yang berbanding lurus atau justru berbanding terbalik. 


Apabila scatter plot atau diagram pencar menunjukkan suatu keterkaitan maka tidak heran jika grafik ini menampilkan suatu keeratan hubungan terkait variabel yang akan diteliti maupun dilihat besar nilai keeratan hubungannya. Dengan model chart ini kita bisa melihat variabel mana yang memiliki hubungan positif dan bagian mana yang memiliki hubungan negatif dan sebaliknya. Setiap penyajian diagram scatterplot selalu menyertakan absis dan ordinat dari diagram kartesius yang ada. Penggunaan scatterplot ini sangat bermanfaat dan selalu digunakan pada analisis statistik maupun analisis kuantitatif. Pada artikel DQLab kali ini, kita akan membahas mengenai penggunaan grafik scatter plot atau diagram pencar dan langkah-langkah membuat grafik scatterplot sebagai salah satu penerapan visualisasi data melalui excel. Dengan harapan bisa menjadi tambahan insight dan rekomendasi grafik bagi kalian calon praktisi data maupun data enthusiast. Jangan lewatkan artikel berikut ini, pastikan simak baik-baik, stay tune and keep scrolling on this article guys!




1.Pola Diagram Scatterplot

Terdapat 3 pola dalam Scatter Diagram yaitu Pola positif, negatif dan pola tidak berkorelasi. Pola positif yaitu pola yang menunjukkan hubungan atau korelasi positif di antara Variabel X dan Variabel Y dimana nilai-nilai besar dari Variabel X berhubungan dengan nilai-nilai besarnya Variabel Y, sedangkan nilai-nilai kecil variabel X berhubungan dengan nilai-nilai kecil Variabel Y. Selanjutnya, pola negatif yaitu pola yang menunjukkan hubungan atau korelasi negatif di antara Variabel X dan Variabel Y dimana nilai-nilai besar Variabel X berhubungan dengan nilai-nilai kecil Variabel Y sedangkan nilai-nilai kecil Variabel X berhubungan dengan nilai-nilai besar Variabel X. Terakhir adalah yaitu Pola yang berkemungkinan tidak memiliki hubungan karena tidak ada kecenderungan nilai-nilai tertentu pada variabel X terhadap nilai-nilai tertentu pada Variabel Y.


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2.Kapan Menggunakan Diagram Scatterplot

Scatter Diagram atau Diagram Tebar adalah salah satu alat dari QC Seven Tools (7 alat pengendalian Kualitas) yang berfungsi untuk melakukan pengujian terhadap seberapa kuatnya hubungan antara 2 (dua) variabel serta menentukan jenis hubungan dari 2 (dua) variabel tersebut apakah hubungan Positif, hubungan Negatif ataupun tidak ada hubungan sama sekali. Bentuk dari Scatter Diagram adalah gambaran grafis yang terdiri dari sekumpulan titik-titik (point)dari nilai sepasang variabel (Variabel X dan Variabel Y). Grafik pola poin tersebut dapat menunjukkan pola hubungan. Paling sering diagram pencar digunakan untuk membuktikan atau menyangkal hubungan sebab akibat


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


3.Contoh Kasus Penggunaan Diagram Scatterplot

Banyak sekali terdapat contoh kasus pada penggunaan diagram scatterplot. Terutama difokuskan pada analisis hubungan antara dua variabel yang tentunya saling terkait. Seperti misalnya, contoh kasus untuk pengujian kekuatan hubungan antara 2 variabel yakni Hubungan antara kecepatan Mesin dengan Kualitas Produk, Hubungan antara Total Jam Lembur dengan tingkat absensi Tenaga Kerja, hubungan work engagement dengan budaya kerja dan produktivitas kerja karyawan.


4.Langkah-Langkah Membuat Diagram Scatter Plot di Excel 

Dalam membuat diagram scatter (x,y) di excel 2016 sebenarnya sangat simpel. Langkah awal yang harus anda lakukan adalah membuat lembar kerja baru. Setelah itu entrikan/inputkan data anda yang ingin di buat diagram scatter nya. Silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:

1.Input data yang akan dianalisis dan ingin diketahui pengujian hubungannya

2.Blok semua data yang telah diinput

3. Langkah selanjutnya adalah, pilihlah tab insert lalu cari insert scatter (x,y) pada menu chart

4. Pilih design diagram scatter yang diinginkan dan nanti akan muncul diagram scatter sesuai data yang anda inputkan.

5. Setelah diagram anda jadi, anda bisa mengubah desain dan format pada diagram anda. Dengan cara mengklik diagram tersebut dan akan muncul 2 tab baru. Yaitu tab Design dan tab Format. Dalam kedua tab tersebut terdapat banyak tools yang dapat membantu anda untuk mengubah desain dan format diagram anda


5.Hasilkan Visualisasi Data Excel Terbaikmu Bersama DQLab

Mempelajari dan menguasai Excel adalah suatu pondasi yang perlu dimiliki seorang calon praktisi data. Dengan mempelajari Excel, kamu akan terlatih dan terbiasa untuk menghasilkan informasi dari olahan data mentah. Apalagi sekarang ini, Excel digunakan di hampir seluruh bidang industri manapun. Jika kamu penasaran dengan rumus dasar Excel dan visualisasi data dengan excel, caranya mudah banget. Kamu bisa loh untuk coba bikin akun gratisnya kesini di DQLab.id/signup. Nikmati pengalaman belajar Excel bersama DQLab yang seru dan menyenangkan dengan cobain basic test untuk menguji kemampuan excel kamu dan cobain modul platinum DQLab Excel yang bisa kamu akses selamanya. Ayo persiapkan dirimu untuk berkarir sebagai praktisi data yang kompeten!


Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!