PROMO KILAT 2 DAYS ONLY!!
Belajar Data Science 3 Bulan hanya 100K!

1 Hari 17 Jam 10 Menit 4 Detik

Cara Membuat Visualisasi Data Spider Chart Pada Excel

Belajar Data Science di Rumah 09-November-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-rabu-08-2023-11-10-133635_x_Thumbnail800.jpg

Excel memiliki beragam bentuk visualisasi data yang bisa diolah dan dimanfaatkan praktisi data untuk menunjang pelaporan. Kamu bisa memilih apa saja bentuk visualisasi yang diinginkan, mulai dari visualisasi data yang sederhana sampai yang paling rumit.


Semua itu dapat ditangani dengan mudah hanya dengan mengandalkan software Excel saja. Salah satu bentuk visualisasi yang sering dipakai dan familiar di telinga kita adalah spider chart atau radar chart.


Spider chart, juga dikenal sebagai radar chart atau spider plot, adalah jenis grafik yang digunakan untuk memvisualisasikan data dalam beberapa dimensi atau kategori yang berbeda. Grafik ini biasanya digunakan untuk membandingkan beberapa kelompok atau entitas berdasarkan sejumlah variabel atau dimensi yang berbeda.


Spider chart sering digunakan untuk menggambarkan profil kinerja relatif atau perbandingan antara beberapa kelompok atau kategori berdasarkan dimensi yang berbeda. Fitur utama dari chart ini adalah garis radial yang berjalan dari pusat grafik ke luar untuk mewakili setiap dimensi atau variabel yang diukur.


Setiap entitas atau kelompok yang dibandingkan akan memiliki garis atau area di dalam grafik, dan posisi relatif dari garis ini pada setiap sumbu menggambarkan bagaimana entitas tersebut berkinerja dalam dimensi tertentu.


Kali ini, kita akan membahas tentang cara membuat visualisasi data spider chart menggunakan Excel. Penasaran? Simak artikelnya sampai habis ya!


1. Definisi Spider Chart

Spider chart, juga dikenal sebagai "radar chart," adalah jenis grafik yang digunakan untuk memvisualisasikan data dalam beberapa dimensi atau kategori yang berbeda. Grafik ini terdiri dari serangkaian garis yang menjulur keluar dari pusat grafik, menyerupai bentuk jaring laba-laba (spider web), dan mewakili sejumlah variabel atau dimensi yang berbeda.


Spider chart biasanya digunakan untuk membandingkan beberapa kelompok atau entitas berdasarkan sejumlah variabel yang berbeda. Setiap entitas atau kelompok akan memiliki garis atau area di dalam grafik, dan posisi relatif garis ini pada setiap sumbu mencerminkan kinerja atau skor mereka dalam dimensi yang sesuai.


Grafik ini memberikan cara yang baik untuk memvisualisasikan perbandingan antara beberapa kelompok dalam beberapa kriteria atau atribut yang berbeda.


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Karakteristik Spider Chart

Spider chart memiliki beberapa karakteristik kunci yang membuatnya berguna untuk memvisualisasikan perbandingan antara beberapa kelompok atau entitas dalam beberapa dimensi yang berbeda. Spider chart memungkinkan visualisasi data dalam beberapa dimensi atau kategori yang berbeda.


Setiap dimensi direpresentasikan oleh sumbu radial yang menjulur keluar dari pusat grafik. Ini memungkinkan pengguna untuk melihat bagaimana berbagai kelompok atau entitas berkinerja dalam berbagai parameter atau atribut.


3. Contoh Penggunaan Spider Chart dalam Kehidupan Sehari-hari

Berikut adalah contoh penggunaan spider chart:

  • Evaluasi Kinerja Produk: Spider chart dapat digunakan untuk membandingkan kinerja produk berbeda berdasarkan atribut seperti harga, kualitas, daya tahan, dan kegunaan.

  • Penilaian Karyawan: Dalam manajemen sumber daya manusia, spider chart dapat digunakan untuk menilai kinerja karyawan dalam berbagai area kompetensi atau keterampilan.

  • Perbandingan Bisnis: Pengusaha dapat menggunakan spider chart untuk membandingkan kinerja bisnis mereka dengan pesaing dalam hal parameter tertentu seperti penjualan, laba, efisiensi operasional, dan layanan pelanggan.

  • Penilaian Kualitas Produk atau Layanan: Spider chart digunakan untuk mengukur kualitas produk atau layanan berdasarkan berbagai faktor yang penting bagi pelanggan.


4. Cara Membuat Spider Chart dengan Excel

Sekarang kita masuk ke dalam langkah-langkah membuat spider chart pada Excel:

  1. Pilih rentang data yang nantinya akan dibuat grafik

Excel

  1. Klik Insert - Other Charts - Radar dan pilih tipe grafik radar yang sesuai dengan keinginan. Disini, kita akan memilih Radar with Markers


    Note: untuk Microsoft Excel 2013, klik Insert - Insert Stock, Surface or Radar Chart - Radar

Excel

  1. Visualisasi radar pun telah siap beserta label axisnya.

Excel

  1. Jika ingin mengubah, klik kanan pada axis, pilih format axis.

Excel

  1. Pada dialog box Format Axis, pilih None pada Axis labels, dan tutup dialog box

Excel

  1. Sudah selesai, visualisasi data spider charts telah siap

Excel


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with Excel


Cantik banget kan hasil visualisasinya? Nah, biar makin jago dan keren nih visualisasi datanya. Kalian bisa loh langsung curi start buat belajar Excel bersama DQLab. Biar skill excel kamu makin excellent! Kalian cukup bikin akun gratisnya kesini. bikin akun gratisnya di DQLab.id dan lakukan signup untuk dapatkan info-info terbaru. 


Pengen mengasah kemampuan kamu untuk bisa mengoperasikan Microsoft Excel? Cobain aja quiz basic testnya dari DQLab, gratis! Kamu juga bisa loh cobain Modul Platinum Excel untuk mengasah kemampuan excel kamu biar lebih mantep lagi dan bisa diakses tanpa batas. Tunggu apa lagi? Yuk, isi form signup dibawah ini!


Penulis: Reyvan Maulid


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login