BELAJAR DATA SERU, AKSES PAKET DATA SCIENCE 6 BULAN 180K!
Diskon Spesial 90% + 50% Belajar Data Science Bersertifikat
DAFTARKAN DIRIMU
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 2 Jam 21 Menit 22 Detik 

Cara Menjadi Data Analyst dari Dasar Sampai Mahir

Belajar Data Science di Rumah 23-Februari-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/fa3fbc08b1860cd1795f1ac7573275f0_x_Thumbnail800.jpg

Hai sahabat DQ, apakah kalian ingin menjadi seorang data analyst? Atau baru sekedar pengen aja tapi belum ada rencana kira-kira mau belajar soal data analyst dimana? Kabar baik buat kalian semua nih. Berbicara tentang data analyst, profesi yang satu ini bisa dibilang sedang digandrungi oleh masyarakat yang sudah mulai melek data. Sebuah situs kursus Course-Net melakukan penelusuran terhadap salah satu job portal terkenal di Indonesia melansir bahwa tersedia 1.135 lowongan profesi data analyst. Dari penelusuran profesi data analyst ini tersedia posisi mulai dari entry-level hingga senior. Mayoritas perusahaan yang mencari kandidat seorang data analyst berasal dari startup, e-commerce maupun perusahaan sejenis developer. Berbicara soal gaji pun tentunya juga disesuaikan dengan tingkatannya. Semakin tinggi posisinya maka semakin besar pula tanggung jawabnya yang diemban oleh seorang data analyst. Dari penjelasan ini, sahabat DQ pastinya sudah menerka-nerka bagaimana menariknya posisi data analyst ini sepertinya menarik untuk dicoba.


Tapi, sebagai seorang pemula pastinya ada sedikit keraguan alias kebingungan. Pasti akan ada pertanyaan. Data analyst itu kerjanya ngapain ya? Sederhananya seperti ini teman-teman, data analyst memiliki tanggung jawab untuk melakukan penelitian terkait data perusahaan yang digunakan sebagai pengambilan keputusan. Mereka melakukan visualisasi dalam bentuk grafik maupun dashboard. Berdasarkan beberapa peran serta tanggung jawab secara umum seorang data analyst di perusahaan. Sebenarnya sudah sedikit terlihat bagaimana cara menjadi data analyst dan apa saja yang harus dipelajari bagi pemula.. Jika, kebetulan kamu pemula atau masih bingung tentang bagaimana cara menjadi data analyst yang handal, kebetulan banget kamu nemuin artikel yang satu ini.


Pada artikel ini kita akan bahas khusus terkait tips-tips atau hal apa saja sih yang kira-kira menjadi seorang data analyst. Mau tau apa aja sih hal-hal yang dipersiapkan untuk menjadi seorang data analyst? Kali ini DQLab akan bagikan khusus untuk kamu! Yuk simak terus artikel ini untuk mempersiapkan dirimu berkarir menjadi Data Analyst! Pastikan simak baik-baik dan keep scrolling on this article guys!


1. Belajar dari Dasar

Untuk menjadi seorang data analyst, pastikan kalian paling tidak memiliki pondasi atau ilmu dasarnya terlebih dahulu. Dengan memiliki pedoman atau pondasi ilmu yang mendasari teman-teman menjadi seorang data analyst maka kalian akan mudah untuk mempelajari berbagai bidang keilmuan data analyst. Setidaknya ada tiga ilmu dasar yang bisa kalian pelajari untuk menjadi seorang data analyst. Ada bahasa pemrograman R, bahasa pemrograman Python dan SQL. Ketiganya sebenarnya sama-sama dibutuhkan oleh data analyst dalam keperluan pekerjaan pastinya. 

data analyst

R biasanya digunakan ketika melakukan analisis data dimana datanya berasal dari server pribadi. Hampir semua jenis data dapat diolah dengan R. Salah satu library yang disediakan R untuk visualisasi data adalah ggplot2, ggvis dan lattice. Beda dengan Python digunakan oleh developer ketika melakukan pekerjaan statistik yang tersambung dengan aplikasi web atau database tertentu. Salah satu environment python adalah JupyterLab, Spyder, atau Notebook. SQL masih menjadi salah satu bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan. Walaupun saat ini sudah banyak tersedia berbagai jenis database, SQL tetap dibutuhkan untuk mengambil data dari sebuah database.


Baca juga : Kenali Perbedaan Data Scientist, Data Analyst dan Data Engineer


2. Mengikuti Kursus Data Analyst

Salah satu jalan yang bisa sahabat DQ lakukan untuk menjadi seorang data analyst adalah mengikuti kursus data analyst. Kursus data analyst dinilai sebagai langkah awal bagi pemula data untuk mendapatkan ilmu dasar dari data science atau sekedar mempelajari skill baru. Kabar baiknya DQLab punya career tracknya nih khusus untuk data analyst yang bisa sahabat data akses melalui laman dqlab.id. Kalian bisa mulai pelajari dari yang paling dasar ada Python for Data Professional Beginner, Fundamental SQL hingga pemahaman konsep yang lebih mahir seperti Machine Learning for Beginner dan Business Decision Research. 

data analyst

Tenang saja, sahabat data akan menikmati serunya belajar data science secara langsung karena dilengkapi dengan live code editor. Metode ini cocok untuk pembelajaran data analyst sehingga dengan mudah dipahami oleh sahabat data. Pilihan bahasa pemrograman yang tersedia akan membuat kamu jadi lebih siap untuk menghadapi rekrutmen industri data. Nantinya diakhir pembelajaran setelah sahabat data menyelesaikan seluruh chapter dalam modul tersebut, tentunya kamu akan mendapatkan sertifikat sebagai penanda ketika telah selesai menyelesaikan kelasnya. Selamat Belajar Sahabat Data!


3. Memperdalam Ilmu Lewat Studi Kasus Industri

Tidak cuma hanya belajar ilmu-ilmu dasarnya aja nih sahabat DQ, kalian juga bisa lebih banyak belajar untuk memperdalam lewat kasus-kasus yang sering terjadi di industri. Biasanya kita diminta untuk mencari tahu bagaimana dan apa sebenarnya yang terjadi pada setiap kasus yang dikerjakan oleh peserta kursus. Dengan ini maka keingintahuan kita akan bertambah dan literasinya juga semakin meningkat bilamana kasus-kasus yang terjadi di industri memang harus kita selesaikan. 

data analyst

Apalagi di DQLab, selama pembelajaran kita juga selalu diberikan tantangan-tantangan dan juga challenge yang harus dipecahkan dalam kasus-kasus real industri. Seperti kasus di bidang finance, retail, analisis data di bidang kesehatan untuk menganalisis kasus COVID-19 sampai dengan kasus di bidang industri pangan. Kalian bisa langsung cek aja di Academy karena banyak tersedia modul-modul yang membahas tentang studi kasus industri.


4. Menguasai Tools yang Digunakan Perusahaan

Dalam menunjang pekerjaan sebagai data analyst, pastinya ada tools-tools yang mestinya perlu dikuasai sebagai bagian dari pekerjaannya. Mulai dari Tableau, Power BI, Google Data Studio dan masih banyak sederetan tools lain yang dikantongi oleh data analyst. Hal ini tentunya sangat penting karena dengan menggunakan tools-tools tersebut kita juga bisa update dari perkembangan tools yang ada. Memang setiap penggunaan tools memiliki beberapa kelebihan dan kekurangannya masing-masing. 

data analyst

Misalnya penggunaan Tableau. Tableau adalah tools/platform untuk membuat visualisasi data lebih interaktif, mudah dibaca, dan mudah dianalisa. Visualisasi yang dilakukan adalah mengubah data tabel yang kaku menjadi bentuk grafik, diagram, geo mapping, dan sebagainya yang mampu memperlihatkan perubahan dan perbedaan data menjadi lebih jelas. Alhasil, tampilan data hasil analisis statistik biasa menjadi lebih cantik dengan visual yang eye catching menggunakan pilihan dashboard interaktif yang disediakan Tableau


Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya


5. Kamu Ingin Menjadi Data Analyst? DQLab Punya Jawabannya!

Apakah kamu adalah talenta data yang ingin menjadi seorang data analyst? Jika kamu menginginkannya maka DQLab punya sesuatu untukmu! Kalian bisa cobain beberapa rekomendasi toolsnya nih buat yang pengen banget jadi seorang data analyst. Ada SQL, Python, dan tools dalam menunjang visualisasi data seperti Tableau dan Power  BI. Kini Sahabat Data DQLab sudah tidak perlu khawatir lagi. Karena sekarang telah tersedia roadmap pembelajaran berupa Data Analyst Career Track DQLab! Dengan roadmap yang telah dirancang khusus untuk instruktur dan modul-modul lengkap, kamu bisa menjadi lebih siap dengan perbekalannya menjadi seorang Data Analyst. Dengan belajar data science di DQLab sekarang tidak perlu install software lagi. Kamu bisa langsung belajar dari sekarang karena dataset yang telah disediakan sudah sudah terintegrasi dengan live code editor. 

Jika kamu penasaran dengan data science dan ingin belajar data science secara langsung, caranya mudah banget. Kamu bisa loh untuk coba bikin akun gratisnya kesini di DQLab.id dan lakukan signup untuk dapatkan info-info terbaru serta belajar data science. Nikmati pengalaman belajar data science yang menarik dan cobain berlangganan bersama DQLab yang seru dan menyenangkan dengan live code editor. Tersedia berbagai macam modul-modul yang terupdate mulai dari free hingga platinum semua dapat diakses jika kamu ingin berlangganan buat akses seluruh modul lengkapnya. Kalian juga bisa mencoba studi kasus penerapan real case industry dan kamu juga diberikan kesempatan mendapatkan job connector dari perusahaan ternama di ranah industri data. Uniknya kamu bisa langsung apply dari akun kamu loh. So, tunggu apalagi, buruan SIGNUP Sekarang ya!


Penulis: Reyvan Maulid

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :