FLASH PROMO!! BELAJAR DATA SCIENCE ONLINE 6 BULAN 399K
Diskon 89%, Akses 76 Modul Data Science Premium, Metode Praktek Sandbox, Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 5 Jam 10 Menit 19 Detik 

Cara Simple Terupdate Buat Grafik di Excel

Belajar Data Science di Rumah 05-Januari-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/f78a2e80f071c5992c3fb1bc618301b2_x_Thumbnail800.jpeg

Halo teman-teman, pernahkah kalian mencari tahu apa saja aplikasi pengolah data yang sering digunakan oleh para data analyst? Terdapat banyak pilihan aplikasi atau software pengolah data, salah satunya adalah Microsoft excel. Selain untuk menganalisis data, excel juga dapat digunakan untuk visualisasi data loh bahkan dengan cara yang mudah. Cara membuat grafik di excel pun tidak rumit, hanya perlu melakukan beberapa langkah sederhana saja.


Pada Microsoft excel terdapat banyak fitur maupun rumus yang dapat digunakan sesuai kebutuhan. Dalam proses visualisasi data, jenis grafik yang tersedia di excel pun begitu beragam. Mulai dari jenis Column, Bar, Pie, Line, Area, Surface, dan lainnya. Penggunaan grafik dalam excel ini dapat memudahkan pembaca dalam memahami data. Bahkan kalian juga bisa mengkustomisasi grafik yang telah dibuat sesuai dengan keinginan dan kebutuhan kalian. Kira-kira bagaimanakah cara membuat grafik di excel? yuk simak artikel berikut ini!


1. Apa Itu Microsoft Excel

Microsoft excel merupakan suatu aplikasi pengolah data dalam bentuk spreadsheet yang terdiri dari banyak baris dan kolom. Excel ini termasuk bagian dari Microsoft office. Excel sering digunakan untuk analisis data, menyusun data, merepresentasikan grafis, dan lainnya, Aplikasi ini sudah dikenal sejak lama, bahkan para pelajar pun sudah mengenal aplikasi ini sejak di bangku sekolah. Penggunaan excel pun seperti tiada habisnya, hampir semua pekerja kantoran baik negeri maupun swasta menggunakan aplikasi ini untuk memudahkan pekerjaan mereka.

Excel


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Analisis Data Menggunakan Excel

Pada era serba digital ini informasi maupun data sangat mudah untuk diperoleh dan diakses. keberadaan data ini memerlukan proses lanjutan untuk menghasilkan kesimpulan atau insight. Caranya adalah dengan proses analisis data. Data yang sangat banyak itu sangat kecil kemungkinannya jika dilakukan dengan cara manual, oleh karena itu membutuhkan bantuan software. Salah satu software yang sering dan familiar digunakan adalah microsoft excel. Dalam excel terdapat berbagai rumus yang dapat kamu gunakan untuk proses analisis seperti CONCATENATE, LEN, COUNTA, SUMIFS, AVERAGEIFS, IFERROR, COUNTIFS, dan masih banyak rumus lainnya yang dapat digunakan sesuai kebutuhan.


Excel


3. Pentingnya Visualisasi Data

Visualisasi data merupakan suatu proses merepresentasikan data dengan menggunakan beberapa elemen visual seperti grafik, diagram. peta, atau lainnya. Visualisasi data ini penting dalam proses analisis data agar hasil analisis data disampaikan dalam bentuk visual yang menarik dan dipahami oleh pembaca. Software atau aplikasi yang digunakan untuk proses visualisasi data pun sangat beragam dengan berbagai kelebihan dan kekurangannya, tergantung dengan kebutuhan dan keinginan pengguna.

Excel


4. Cara Membuat Grafik di Excel

Seperti yang telah diketahui bahwa proses visualisasi data bisa digunakan dengan menggunakan berbagai macam visual seperti grafik, diagram batang, diagram lingkaran,  peta, maupun bentuk lainnya. Pada excel, terdapat langkah-langkah yang dapat kamu terapkan untuk membuat grafik, yaitu sebagai berikut:

  • pilih data yang akan dijadikan bentuk grafik

  • klik insert pada menu bar

  • pilih grafik yang akan digunakan

  • atur posisi grafik ke dalam worksheet

  • kustomisasi grafik, seperti judul grafik atau warna grafik.

Excel


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


Proses visualisasi data merupakan bagian penting dalam tahapan analisis data. Aolikasi yang dapat digunakan untuk proses visualisasi data pun beragam, begitu pula jenis grafik yang ditawarkan. Kamu ingin mencoba belajar excel dari dasar? Langsung saja coba modul gratis yang ada di DQLab. DQLab menyediakan berbagai modul gratis untuk belajar dari dasar dengan bahasa yang mudah dipahami.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita





Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :