[LAST DAY] MAU PUNYA SKILL DATA SCIENCE YANG AMAYZING?
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 150K  | Pakai Kode: AMAYZING
BURUAN SERBU!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 0 Jam 59 Menit 37 Detik 

Cari Tahu Cara Download Python, Yuk!

Belajar Data Science di Rumah 16-Februari-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/f43a7dbfb01eb55a22b33a45b4a8116d_x_Thumbnail800.jpg

Python termasuk salah satu bahasa pemrograman yang sangat umum digunakan untuk mengolah data. Bahkan saat ini, Python menjadi salah satu skill yang harus dipenuhi oleh mereka yang tertarik untuk berkarir sebagai praktisi data, khususnya oleh Data Scientist. Data Scientist merupakan sebutan bagi mereka yang ahli di bidang Data Science. Ternyata, bahasa pemrograman dengan Data Science merupakan hal yang tidak bisa dipisahkan. Hal ini terjadi karena Data Science lahir dari kombinasi beberapa ilmu yang telah ada sebelumnya, salah satunya adalah programming.


Ada banyak sekali bahasa pemrograman yang bisa kita gunakan di dunia ini. Mulai dari yang ramah untuk pemula hingga yang disediakan untuk tingkat mahir. Pemilihan bahasa pemrograman yang akan digunakan tentu akan sangat tergantung dari kebijakan kantor tempat praktisi data bekerja. Preferensi penggunaan bahasa pemrograman antara kantor yang satu dengan yang lainnya bisa jadi berbeda. Namun Python termasuk salah satu bahasa pemrograman yang umum digunakan oleh praktisi data di berbagai perusahaan. Tapi gimana sih cara mendownload dan menginstall Python sebenarnya? Yuk, simak artikel berikut!


1. Sekilas tentang Python

python

Source: StickPNG


Python menjadi salah satu bahasa pemrograman yang umurnya cukup tua. Bahasa pemrograman ini pertama kali dikembangkan pada tahun 1991 oleh Guido Van Rossum. Fun fact nya, ternyata nama Python terinspirasi dari program televisi favoritnya, yaitu “Monty Python Flying Circus”. Bahasa pemrograman ini termasuk high level programming language atau bahasa pemrograman tingkat tinggi dimana bahasa yang digunakan hampir mirip dengan bahasa manusia (dalam bahasa inggris). Alasan inilah yang kemudian membuat bahasa pemrograman ini mudah untuk dibaca dan ditulis bahkan oleh orang awam sekalipun.


Baca juga: Python vs R, Mana yang Lebih Tepat untuk Beginner?


2. Alasan Harus Mempelajari Python

python

Source: Jagoan Hosting


Tapi kenapa ya kita harus belajar Python? Untuk kamu yang tertarik menjadi praktisi data, mempelajari Python hampir dibilang sebagai sebuah kewajiban. Selain karena bahasa pemrograman Python yang lebih mudah jika dibandingkan dengan bahasa pemrograman lainnya (C++, Java, dll), Python juga sangatlah fleksibel dan bisa digunakan untuk mengerjakan banyak hal. Tidak hanya bisa melakukan berbagai analisis dengan metode yang umum digunakan dalam Data Science, Python juga bisa men-deploy model yang telah dibuat ke dalam sebuah website. Baru-baru ini, Python juga bisa diintegrasikan dengan software Visualisasi seperti Tableau. Hal ini sebenarnya bisa terjadi karena banyaknya library yang ada di Python sehingga membuat bahasa pemrograman ini bisa mengerjakan banyak hal.


3. Cara Download Python

Cara download Python terbilang cukup simple, cukup dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

python

  • Sesuaikan link download dengan OS yang kamu gunakan. Jika kamu menggunakan Windows, maka klik Download Python di bagian Windows. Sementara jika selain Windows, kamu bisa menyesuaikan nya.

  • Setelah berhasil di-download, klik hasil download mu. Kemudian akan muncul Python Set-up.

  • Klik “Install Now”, kemudian di bagian Add Python to Path bisa dicentang ataupun tidak.

python

  • Setelah itu akan muncul verifikasi, maka klik Yes.

  • Proses install telah selesai, jangan lupa klik Close dan coba gunakan program Python tersebut.


4. Di DQLab Kamu Tetap Bisa Belajar Python Tanpa Harus Install

python


“Ah, aku pakai laptop kantor dan connect ke domain kantor nih kak, jadi gak bisa install tanpa persetujuan team IT” 


Eits, tenang dulu. Kata siapa belajar harus ribet? Untuk kamu yang merasa hal yang sama, kamu tetap bisa kok belajar Python tanpa harus menginstalnya terlebih dahulu. DQLab sebagai salah satu lembaga kursus online berkomitmen untuk membuat proses belajar online menjadi lebih mudah, termasuk dengan cara menyediakan live code. Dengan menggunakan live code, kamu tidak perlu pusing-pusing lagi untuk menginstall software tersebut, karena semuanya bisa kamu akses hanya dengan membuka modul yang ingin kamu pelajari. Gampang banget kan?


Baca juga: Belajar Python: Mengenal Array pada Bahasa Pemrograman Python


5. Akses Free Modul Python di DQLab, Yuk!

python

Kamu bisa mulai belajar Python dengan mengakses modul yang paling sederhana, yaitu free modul untuk Python yang berjudul “Introduction to Data Science with Python”. Modul ini cocok sekali untuk kamu yang masih pemula. Selain itu, untuk kamu yang telah menyelesaikan free modul, kamu bisa mulai mengakses berbagai modul premium Python yang ada di DQLab. Ada banyak study case yang diangkat, bahkan study case ini adalah study case yang umum terjadi di industri. Untuk bisa mengakses modul-modul ini, kamu hanya perlu bergabung menjadi member di DQLab.


Menariknya, saat ini DQLab sedang mengadakan promo Valentine buy 1 get 1 hingga tanggal 20 Februari 2022. Kamu cukup membayar 6 bulan subscription untuk mendapatkan 12 bulan subscription sebagai member premium. Tidak hanya itu, kamu juga bisa mendapatkan 2 modul platinum hanya dengan harga 180 ribu. Murah banget kan? Yuk, tunggu apa lagi. Jangan sampai kamu melewatkan penawaran menarik ini!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri


Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!