Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, dan Excel GRATIS
 SIGN UP  

Yuk, Cari Tahu Langkah Jitu Belajar Data Science

Belajar Data Science di Rumah 20-April-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3ec2d0edab2a692afe7e7d51c10aaa60_x_Thumbnail800.jpg

Data science merupakan ilmu yang mempelajari tentang data. Data science merupakan ilmu yang mempelajari mengenai "penambangan" dan analisis dari suatu data sehingga menjadi informasi yang relevan. Di antara beberapa teknik seperti Artificial Intelligence (AI) dan Machine Learning (ML), data science merupakan salah satu teknik yang paling sering digunakan. Oleh karena itu pada masa kini banyak orang ingin mengetahui bagaimana cara memulai belajar data science agar menjadi seorang data scientist.


1. Memahami Kompetensi dasar Data Science


Menjadi seorang data science harus memiliki beberapa kompetensi dasar yang harus dikuasai. Kompetensi dasar ini menjadi salah satu syarat agar berhasil dalam belajar data science. Kompetensi-kompetensi dasar itu diantaranya adalah pemahaman aljabar linear sebagai pondasi logika dalam melakukan pengkodingan algoritma. Kemudian selanjutnya adalah memahami konsep-konsep kalkulus yang mana di dalamnya terdapat banyak peran integral yang dapat diterapkan dalam data science. Langkah selanjutnya adalah memahami konsep statistika, konsep probabilitas dan tentunya yang tidak kalah penting adalah kemampuan dalam bahasa pemrograman.


Baca juga : Awali Kursus Data Science Gratis Di Era Pandemi Bersama DQLab


2. Memperbanyak Latihan Beberapa Dataset


Kompetensi-kompetensi yang diperlukan dalam belajar data science sepatutnya dapat segera diaplikasikan dalam dataset yang berbeda-beda. Tujuannya adalah agar kita menjadi terlatih dalam menganalisis data menggunakan beberapa metode atau teknik sesuai dengan dataset yang ada. Selain itu dengan sering berlatih menggunakan dataset, secara langsung maupun tidak langsung kita akan mendapatkan banyak ilmu atau clue baru dari setiap kasus yang ada.


3. Mengikuti Kompetisi Data Science


Mengikuti kompetisi data science merupakan salah satu langkah jitu dalam belajar data science. Dengan mengikuti kompetisi maka akan melatih mental kita seperti saat di dunia kerja. Selain itu manfaat dari kompetisi adalah sebagai ajang latihan kita dengan dataset yang ada dan nyata, yang mana pada beberapa kasus hal itu digunakan untuk memecahkan permasalahan suatu perusahaan atau user si pemilik dataset sehingga dapat memicu diri kita sendiri untuk mengerjakannya semaksimal mungkin.


Baca juga : Kursus Data Science Jakarta: Tips Cermat Belajar Data Science bersama DQLab!


4. Yuk Mulai Belajar Menjadi Data Scientist Bersama DQLab!       


Gunakan Kode Voucher "DQTRIAL", dan simak informasi di bawah ini mendapatkan 30 Hari FREE TRIAL:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Buka academy.dqlab.id dan pilih menu redeem voucher 

  3. Redeem voucher "DQTRIAL" dan check menu my profile untuk melihat masa subscription yang sudah terakumulasi. 

  4. Selamat, akun kamu sudah terupgrade, dan kamu bisa mulai Belajar Data Science GRATIS 1 bulan.


    Penulis : Latifah Uswatun

    Editor : Annissa Widya Davita


      Postingan Terkait

      Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!