Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Catat! Ini 5 Penggunaan Python dalam Data Science

Belajar Data Science di Rumah 20-Oktober-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1-longtail-jumat-01-2023-10-20-183136_x_Thumbnail800.jpg

Python menjadi salah satu bahasa pemrograman yang sering digunakan di bidang data science. Tidak hanya karena sintaksnya yang mudah dipahami dan dipelajari, tapi juga kelengkapan fitur serta kemampuannya menganalisis data dalam waktu yang singkat. Tak heran, jika kini banyak individu yang mulai menggunakan bahasa pemrograman satu ini untuk beragam kebutuhan.


Apa saja penggunaan Python terutama dalam data science? Berikut akan dijelaskan 5 hal paling umum yang bisa kalian lakukan dengan Python. Mulai dari pemrosesan data hingga analisis sentimen. Dengan pemahaman dasar ini, diharapkan kalian bisa eksplorasi lebih lanjut cara memanfaatkan Python untuk kebutuhan lainnya.


1. Pemrosesan Data

Python


Tahapan awal dalam setiap proyek Data Science adalah mengumpulkan dan mempersiapkan data. Python menyediakan pustaka seperti Pandas yang memungkinkan para praktisi data untuk memuat, membersihkan, dan mentransformasi data dengan mudah.


Dengan fungsi-fungsi Pandas, kita bisa mengatasi data yang hilang, mengubah tipe data, atau bahkan melakukan operasi kompleks seperti pivot dan aggregasi.


Selain itu, Python juga mendukung integrasi dengan berbagai sumber data seperti SQL databases, Excel spreadsheets, dan file CSV. Dengan ini, kalian bisa mengakses dan memanipulasi data dari berbagai sumber dengan cepat dan efisien, meningkatkan kecepatan dan fleksibilitas dari proses analisis data.


Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL


2. Visualisasi Data

Python

Visualisasi juga menjadi hal penting dalam data science karena memungkinkan kita untuk memahami dan menginterpretasikan data dengan lebih baik. Dengan pustaka Python seperti Matplotlib, Seaborn, dan Plotly, kita bisa membuat berbagai jenis grafik, mulai dari diagram garis sederhana hingga plot 3D interaktif.


Kelebihan lain dari Python dalam visualisasi data adalah fleksibilitasnya. Dengan kombinasi kode dan kreativitas, kita bisa mendesain visualisasi yang informatif dan menarik.


Selain itu, Python juga memungkinkan integrasi visualisasi dengan aplikasi web. Jadi kalian bisa membuat dashboard interaktif untuk analisis data secara real-time.


3. Machine Learning

Python


Machine Learning (ML) menjadi hal utama yang kini semakin populer di dunia data science. Python yang dilengkapi dengan pustaka seperti Scikit-learn membantu kalian dalam proses melatih dan menguji model ML dengan mudah.


Dari regresi linear sederhana hingga algoritma klasifikasi kompleks, Scikit-learn menyediakan berbagai metode untuk analisis.


Selain itu, Python juga memiliki fungsi khusus lainnya untuk pemrosesan lanjutan seperti pemilihan fitur, tuning hyperparameter, dan validasi silang. Dengan ini, Python memudahkan bagi pemula maupun profesional untuk membangun solusi ML yang kuat.


4. Deep Learning

Python


Deep Learning adalah subset dari Machine Learning yang berfokus pada penggunaan jaringan saraf tiruan. Python yang dilengkapi TensorFlow dan PyTorch membantu para peneliti untuk mendesain, melatih, dan menerapkan model jaringan saraf dengan baik.


Keuntungan lain dari Python dalam Deep Learning adalah mampu berintegrasi dengan perangkat keras khusus, seperti GPU, yang mempercepat pelatihan model. 


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


5. Analisis Sentimen

Python


Analisis sentimen adalah teknik yang digunakan untuk mengevaluasi emosi atau pendapat dari teks. Python, dengan pustaka seperti NLTK dan TextBlob, memudahkan analisis sentimen dengan menyediakan alat untuk pemrosesan bahasa alami (NLP).


Sehingga kalian bisa melakukan analisis dari ulasan produk, komentar media sosial, dan banyak lagi untuk menentukan sentimen umum. Keunggulan Python dalam analisis sentimen juga terletak pada kemampuannya untuk memproses data dalam jumlah besar.


Dengan kombinasi dari teknik NLP dan kemampuan pemrosesan paralel, Python memungkinkan praktisi data untuk mendapatkan insight dari data teks dalam skala besar.


Tertarik untuk belajar Python lebih lanjut? DQLab siap membantu kalian! DQLab adalah platform belajar online yang memiliki metode  HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula.


Menariknya lagi, DQLab juga mengintegrasikan modulnya dengan fitur ChatGPT nih! Fungsinya untuk apa?

  • Membantumu mendapatkan penjelasan dari code yang sedang dipelajari.

  • Membantumu menemukan code yang salah atau tidak sesuai. 

  • Memberikan alternatif solusi dari problem/error yang kalian temukan.


Jadi, tunggu apalagi? Nikmati pengalaman belajar praktis dan menyenangkan di DQLab dengan Sign Up segera di sini atau ikuti Bootcamp Data Analyst with SQL and Python!


Penulis : Dita Feby 

Editor : Annissa Widya

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login