JULY SPECIAL ! DISKON 96%
Belajar Data Science Bersertifikat, 12 Bulan hanya 180K!
0 Hari 10 Jam 32 Menit 50 Detik

Catat! Ini Rumus Dasar Excel dalam Dunia Kerja

Belajar Data Science di Rumah 29-September-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-jumat-08-2023-09-29-151436_x_Thumbnail800.jpg

Berbicara tentang fungsi Excel, beberapa orang pastinya tidak asing lagi dengan software Microsoft Excel. Excel adalah aplikasi dasar spreadsheet yang paling banyak digunakan oleh setiap orang. Fungsi utama Excel adalah untuk melakukan perhitungan, sehingga banyak pengguna (termasuk pelajar dan pekerja kantoran) menggunakan aplikasi ini.


Tidak peduli apa posisimu, kemampuan komputasi pastinya sangat dibutuhkan. Hampir semua pekerjaan di bidang akuntansi dan keuangan, industri, statistik dan penelitian, dan banyak bidang lainnya membutuhkan bantuan program pengolahan data dengan Excel. 


Meskipun munculnya banyak perangkat lunak spreadsheet lainnya, Excel tetap menjadi perangkat lunak spreadsheet standar dalam dunia kerja. Excel tetap banyak diminati karena software ini mudah untuk digunakan terutama bagi pemula. Setiap pengolahan data pada aplikasi Microsoft Excel menggunakan rumus, terutama rumus untuk menyelesaikan masalah logika. 


Jadi, sudahkah kamu tahu dengan Microsoft Excel? Tahukah kamu apa saja rumus dasar penghitungan yang bisa diselesaikan oleh Excel? Pada artikel ini, DQLab akan berbagi rumus-rumus dasar dalam Microsoft Excel yang paling sering digunakan dalam pengolahan data. Langsung saja yuk kita lihat bersama!


1. LOWER, UPPER & PROPER

Selanjutnya pada fungsi yang berkaitan dengan teks, terdapat beberapa fungsi di dalamnya, antara lain upper, lower dan proper. Fungsi lower merupakan fungsi yang digunakan untuk mengubah semua huruf menjadi huruf kecil semua.


Sedangkan sebaliknya, fungsi upper merupakan fungsi yang digunakan untuk mengubah semua huruf menjadi huruf besar semua. Adapun fungsi proper digunakan untuk mengubah huruf awal setiap kata dalam teks menjadi huruf besar.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with Excel


2. VLOOKUP dan HLOOKUP

Fungsi vlookup merupakan fungsi dalam Microsoft Excel yang cukup sering digunakan dalam dunia kerja. Fungsi ini digunakan untuk mencari data pada kolom pertama sebuah tabel data, lalu mengambil nilai dari sel manapun di baris yang sama berdasarkan tabel data tersebut.


Begitu pula dengan hlookup, fungsi ini digunakan untuk mencari data pada baris pertama sebuah tabel data, lalu mengambil nilai dari sel manapun di kolom yang sama berdasarkan tabel data tersebut.


3. IF & IFERROR

Fungsi if dan iferror merupakan fungsi logika dalam Microsoft Excel. Adapun fungsi if Excel untuk menghasilkan nilai berdasarkan uji logika tertentu yang telah diinputkan sebelumnya.


Sedangkan fungsi iferror merupakan fungsi yang digunakan untuk menghasilkan nilai tertentu jika nilai yang diuji menghasilkan nilai error atau menunjukkan kesalahan. Begitu pula sebaliknya, jika nilai yang diuji tidak menghasilkan error makan fungsi iferror akan mengembalikan nilai yang diuji.


4.  DATE, DATEVALUE & DATEDIF

Jika dilihat dari beberapa nama fungsinya, kita dapat menebak bahwa fungsi ini berkaitan dengan tanggal. Fungsi date digunakan untuk mendapatkan format tanggal berdasarkan informasi tanggal, bulan dan tahun yang kita tentukan.


Fungsi datevalue digunakan untuk mengkonversi tanggal dalam bentuk teks menjadi nomor seri tanggal Excel. Sedangkan fungsi datedif digunakan untuk menghasilkan selisih tanggal, bulan atau tahun di antara dua tanggal tertentu.


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


Sekarang ini Excel merupakan salah satu skill yang wajib dikuasai di dunia kerja. Apalagi melihat banyaknya permintaan perusahaan dengan skill Excel maka dapat menjadi nilai tambah agar dapat melakukan pengolahan data. Jika kamu tertarik untuk belajar Excel lebih lanjut, kamu bisa loh belajar di DQLab.


DQLab adalah platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science dan Artificial Intelligence dengan menggunakan bahasa pemrograman populer seperti R dan Python.


Menariknya, DQLab merupakan platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT yang memudahkan beginner untuk mengakses informasi mengenai data science secara lebih mendalam.


DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Jadi sangat cocok untuk kamu yang belum mengenal data science sama sekali. Yuk, sign up sekarang di DQLab.id dan ikuti Bootcamp Data Analyst with Excel!


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login