FLASH PROMO!! BELAJAR DATA SCIENCE ONLINE 6 BULAN 399K
Diskon 89%, Akses 74 Modul Data Science Premium, Metode Praktek Sandbox, Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 8 Jam 24 Menit 9 Detik 

Catat Skill Penting Excel untuk Karir yang Cemerlang

Belajar Data Science di Rumah 17-Januari-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/809066a8ae3c9df393b3b3830608d5a6_x_Thumbnail800.jpeg

Excel menjadi salah satu tool yang masih digunakan di berbagai bidang pekerjaan. Baik yang berkaitan dengan administratif maupun finansial. Bagi kalian seorang data analyst, Excel salah satu tools yang patut dikuasai karena keunggulannya yang mudah dan cepat dalam kebutuhan analisis data. Tidak hanya itu, kalian pun juga bisa menggunakan Excel untuk membuat rumus sendiri sesuai kebutuhan.


Skill Excel yang menjadi pondasi kuat karir seorang data analyst tentunya sudah pada tahap lanjut. Tidak hanya menggunakan rumus-rumus dasar, namun juga memprediksi data, pemanfaatan Pivot Table, bahkan menguasai VBA Macro. Skill Excel apa yang penting bagi pondasi karir? Yuk simak pembahasannya di bawah ini!


1. Kemampuan Pemodelan Statistika

Excel menyediakan fitur khusus yang memungkinkan kalian melakukan pemodelan statistik di dalam spreadsheet. Keunggulan inilah yang menjadi alasan skill Excel masih dibutuhkan di berbagai bidang pekerjaan. Dengan menguasai Excel level menengah, kalian dapat melakukan analisis lebih lanjut bahkan menghasilkan model yang bermakna dan bermanfaat bagi perusahaan. 


Fungsi pemodelan statistika Excel mencakup pembuatan histogram, mencari korelasi antar kumpulan data, menghitung nilai persentil, pengambilan sampel, melakukan regresi, dan analisis lanjut lainnya. Memanfaatkan Excel untuk melakukan pemodelan statistika akan meminimalisir human error ketika proses analisis statistika berlangsung.


Cara melakukan pemodelan statistika di Excel adalah dengan mengaktifkan fitur Add-In terlebih dahulu. 

Excel

Kemudian centang Analysis Toolpak. Klik OK.

Excel

Setelah itu kalian bisa melakukan beragam pemodelan statistika.


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Kemampuan Prediksi 

Jika kalian memiliki histori data yang berfokus pada waktu, kalian dapat menggunakan fungsi Excel untuk membuat prediksi dan perkiraan berkaitan dengan data tersebut. Hal ini sangat penting bagi perusahaan terutama jalannya bisnis karena akan mempengaruhi perubahan kondisi finansial perusahaan. Kalian bisa menggunakan tab Data pada Excel untuk kebutuhan tersebut. Contohnya, jika kalian ingin mencari tahu korelasi antara dua data series maka masukkan Forecast Sheet yang ada pada Data Tab untuk membuat diagram garis yang berkaitan dengan kedua data tersebut. 


Excel


3. Menguasai Pivot Table

Pivot table adalah fitur yang digunakan untuk menghitung, meringkas, dan menganalisis data pada program aplikasi Microsoft Excel. Alat ini memungkinkan pengguna melihat perbandingan, pola, dan tren pada sebuah data. Pivot table berupa tabel interaktif yang mampu menampilkan ringkasan dari suatu data berjumlah besar. Artinya, fitur ini dapat mengkalkulasi setiap item yang ditampilkan. 


Dalam pivot table kita bisa memilih suatu baris data atau pun kolom yang hendak dijadikan referensi dalam melihat jumlah total suatu data. Maka dari itu, fungsi pivot table ini adalah bertujuan agar sebuah data dapat disajikan secara ringkas berdasarkan parameter-parameter yang diberikan sesuai dengan kebutuhan data. Dengan menggunakan pivot table diharapkan dapat mempercepat analisa suatu data untuk mengambil suatu kesimpulan atau keputusan.


Excel


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


4. Menguasai VBA dan Macros

Excel

VBA Macro Excel digunakan untuk membuat fitur-fitur tambahan di Excel. Jadi kalian bisa membuat beberapa fitur untuk mempermudah pekerjaan dengan menggunakan Excel. Beberapa fungsinya yaitu:

  • Memasukkan data secara otomatis. Dengan menggunakan VBA kalian bisa memasukan data-data dalam jumlah besar secara cepat dan akurat. Contohnya ketika kalian bekerja di suatu perusahaan dan atasan menyuruh untuk mengumpulkan data pegawai. Dengan  VBA macro ini kalian bisa mengambil data yang detail mengenai karyawan hanya dengan memasukan NIK dan kemudian menekan tombol ENTER.

  • Membuat aplikasi berbasis Excel. Dengan menggunakan VBA Macro kalian bisa membuat aplikasi berbasis Excel. Sebagai contoh, kalian bisa membuat aplikasi penjualan barang, aplikasi perpustakaan, aplikasi keuangan dan lainnya. Dengan menggunakan VBA Macro, kalian bisa menciptakan aplikasi sederhana berbasis MS Excel. 

  • Membuat fungsi dan rumus sendiri. Dengan menggunakan VBA Macro, Kalian bisa menciptakan fungsi formula Sendiri. Artinya kalian bisa membuat suatu kondisi logika beserta fungsi formulanya. 

Dengan memiliki beberapa skill lanjutan berkaitan dengan Excel seperti di atas, tentu akan mempermudah Sahabat DQ mendapatkan karir yang lebih luas bahkan dengan cepat dapat menapaki jenjang karir yang lebih tinggi. Tentunya kemampuan tingkat lanjut tersebut didapatkan dengan sering berlatih dan praktik. 


Tak perlu khawatir mencari platform yang sesuai dengan kebutuhanmu, DQLab menjadi salah satu solusi tepat karena menghadirkan bootcamp Liveclass Data Analyst with Excel. Di sini kalian akan belajar secara intensif penggunaan Excel sebagai tools menghasilkan reporting dan analisis data. Kalian akan dibimbing dengan mentor berpengalaman, serta materi dapat kalian akses selamanya.


Excel


Segera Sign Up dan perdalam skill Excel mu sebagai pondasi berkarir yang lebih cemerlang!


Penulis: Dita Feby

Editor: Annisa Widya



Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :