SUPER MID-YEAR SALE! DISKON 96%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 150K!

0 Hari 2 Jam 54 Menit 30 Detik

Catat Tugas Hingga Team Mate Seorang Data Scientist

Belajar Data Science di Rumah 02-Agustus-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/longtail-senin-02-2-2023-08-02-213946_x_Thumbnail800.jpg

Data scientist adalah role pekerjaan yang saat ini sedang mendapatkan spotlight. Seorang data scientist harus memiliki berbagai skills, antara lain skill data mining, machine learning, pemahaman bahasa pemrograman (R, Python, SQL), skill business intelligence seperti tableau dan GDS, skill data framework, pemahaman statistik yang kuat, serta skill komunikasi yang baik. Critical thinking dan keterampilan memecahkan masalah sangat penting untuk menafsirkan data. Selain itu, tugas seorang data scientist tidak akan jauh dari machine learning dan research. Tujuan utama mengapa perusahaan merekrut data scientist adalah membantu perusahaan untuk menganalisis tren untuk membuat keputusan yang lebih baik.


Tugas data scientist adalah untuk menganalisis sejumlah besar informasi mentah untuk menemukan pola yang akan membantu meningkatkan perusahaan dan pertimbangan dalam pengambilan keputusan. Perusahaan akan mengandalkan data scientist untuk membangun produk data untuk mengekstrak insight bisnis yang berharga bagi perusahaan. Role ini, harus memiliki kemampuan yang mumpuni seperti kemampuan analisis, matematika, dan statistik. 


Pada artikel kali ini, kita akan membahas detail role data scientist yang harus diketahui sebelum kita terjun ke dunia kerja. Penasaran? Yuk catat setiap poinnya!


1. Tanggung Jawab Data Scientist

Data Scientist

Data scientist bertanggung jawab untuk memanfaatkan bahasa pemrograman untuk mengembangkan sistem otomatis yang membantu perusahaan meningkatkan operasi bisnis. Salah satu tugas data scientist adalah mengumpulkan raw data dari berbagai sumber. Tugas ini memerlukan analisis hasil atau membuat studi baru dan mentransfernya ke dalam format yang sesuai yang kemudian dianalisis. Selain itu, data scientist harus bekerja sama dengan departemen lain dan membuat keputusan tentang ke mana data harus disimpan atau didistribusikan dan informasi apa yang dibutuhkan oleh semua departemen.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Teammate Data Scientist

Seorang Data Scientist biasanya bekerja dalam sebuah organisasi atau bisnis bersama tim Data Scientist lainnya untuk menganalisis berbagai jumlah data. Mereka dapat melaporkan kemajuan dan temuan mereka ke atasan seperti Lead Data Scientist. Selain itu, seorang data scientist juga sering kali bekerja dalam satu tim bersama data analyst dan data engineer. Ketiga roles ini saling mendukung pekerjaan satu sama lain.


3. Tugas Data Scientist

Data scientist menggunakan teknik coding dan pemrograman komputer lainnya untuk mengotomatiskan tugas pengumpulan dan penyimpanan data. Profesi ini akan bekerja sama dengan departemen perusahaan atau bahkan membuat sistem untuk menyimpan informasi yang dikumpulkan dalam database perusahaan. Data scientist membantu perusahaan dengan memberi stakeholders berbagai insight berharga untuk meningkatkan operasi bisnis agar lebih efektif dan efisien.


4. Data Scientist yang Baik

Data scientist yang baik adalah jembatan antara bisnis dan data. Profesi ini harus memiliki pemahaman teknis yang mendalam tentang bagaimana mengkomunikasikan data yang kompleks dengan cara yang dapat mudah dipahami sekaligus memiliki kemampuan untuk memvisualisasikan temuan kepada stakeholders yang tidak semua memahami data. Seorang data scientist yang baik juga akan memiliki keterampilan menulis yang sangat baik dan keterampilan analitis untuk menjawab dan memecahkan masalah.

Data Scientist


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


Yuk perdalam skill data science kamu bersama modul-modul dari DQLab! DQLab adalah platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science dan Artificial Intelligence dengan menggunakan bahasa pemrograman populer seperti R dan Python. Menariknya, DQLab adalah platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT yang memudahkan beginner untuk mengakses informasi mengenai data science secara lebih mendalam.


DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Jadi sangat cocok untuk kamu yang belum mengenal data science sama sekali. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis dan aplikatif, yuk sign up sekarang di DQLab.id atau ikuti DQLab LiveClass  Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner untuk informasi lebih lengkapnya! Ingin bangun portfolio? Yuk signup sekarang!


Penulis: Galuh Nurvinda K


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login