PROMO PAYDAY! SERBU PAKET DATA SCIENCE 3 BULAN CUMA 100K!
Diskon Spesial 95% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 20 Jam 34 Menit 29 Detik 

Cepat & Mudah, Ini Tips Buat Grafik di Excel

Belajar Data Science di Rumah 23-November-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3ef7256b3286b821336071eaed856c57_x_Thumbnail800.jpg

Microsoft Excel adalah salah satu software milik microsoft yang biasa membantu kita dalam pekerjaan kita sehari-hari. Microsoft Excel ini memiliki fungsi sebagai software pengolahan data dan juga memiliki fungsi sebagai pembuat grafik yang cukup cepat dan juga mudah. Ketika kalian mengetahui caranya membuat sebuah grafik, tentunya ini akan memudahkan pekerjaan kalian jadi lebih cepat dan juga ringkas. Untuk langkah-langkah dalam membuat grafik excel ini pun cukup mudah, jadi kalian pasti dengan mudah memahami dan juga mempelajarinya.


Pada artikel berikut ini kita akan membahas bagaimana caranya membuat sebuah grafik pada microsoft excel. Mulai dari membuat grafiknya, mengubah tipe grafik, mengganti baris/kolom data, dan juga menambahkan label data khusus. Jadi simak artikel berikut ini!


1. Membuat Grafik di Excel

Hal yang pertama yang harus kalian lakukan adalah membuat sebuah tabel terlebih dahulu sebelum membuat grafiknya seperti contoh berikut ini.


Excel


Setelah kalian membuat tabel perhatikan langkah-langkah berikut ini dalam membuat sebuah grafik.

  • Pertama, kalian bisa memblok range datanya. 

  • Yang kedua , kalian bisa mengklik tab insert yang ada pada ribbon

  • Ketiga, kalian dapat melihat recommended chart pada charts group

  • Keempat, Excel akan memberikan rekomendasi chart kepada data yang kalian buat. Pilihlah yang menurut kalian cocok untuk data kalian.

  • Kelima, setelah semuanya selesai kalian bisa klik Ok untuk melanjutkannya.


Excel


Hasilnya akan diperlihatkan beberapa elemen di dalamnya seperti judul grafik, sumbu y, dan juga sumbu x.


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Mengubah Tipe Grafik

Setelah kalian memahami cara membuat grafik itu sendiri, selanjutnya kita akan mencoba mengubah tipe grafik yang ada pada grafik sebelumnya, langkah-langkahnya seperti berikut ini.

  • Pertama, kalian dapat mengklik chart atau grafik yang sudah ada.

  • Kedua, selanjutnya kalian klik tab design lalu kalian dapat klik change chart type.

  • Ketiga, nantinya akan muncul tampilan change chart type. Pada sisi kiri terdapat kategori chart yang tersedia di excel. Kalian bisa memilih pilihan column.

  • Keempat, klik design chart yang tersedia. pada pilihan ada 2, pilih salah satunya dan kemudian klik Ok untuk melihatnya.


Excel


Hasilnya akan seperti berikut :


Excel



3. Mengganti Baris atau Kolom Data

Untuk mengganti baris atau kolom data pada grafik punya kita. Caranya ialah silahkan kalian klik bagian mana saja pada grafik kalian, kemudian kalian klik tab design dan klik switch row/column. dan bisa kalian lihat hasilnya dibawah ini.


Excel


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


4. Menambahkan Label Data Khusus

Selanjutnya adalah menambahkan label data khusus ke dalam grafik yang kalian inginkan. Tetapi jika tidak hati-hati dalam menambahkannya, bisa saja grafik yang kalian buat terlihat berantakan. Cara menambahkan label data khusus adalah seperti berikut ini:

  • Kalian bisa klik chart mana saja yang ingin kalian pilih

  • Kemudian tambahkan label data, caranya ialah kalian klik chart elements, kemudian centangkanlah data labels dan lihat hasilnya.


Excel


Gabung dengan DQLab adalah solusi buat kamu yang ingin self learning tapi takut overdosis informasi. Kamu bisa belajar materi dasar hingga kompleks meskipun kamu ngga punya basic IT, lho. Disini kamu akan belajar skill data science mulai dari tools-tools pengolahan data dasar seperti excel secara online tanpa perlu keluar rumah. 


Excel


Dengan bermodalkan koneksi internet kamu bisa belajar secara fleksibel dan dapat diakses dimanapun dan kapanpun. Materinya pun disusun oleh mentor-mentor yang kompeten di bidangnya dari perusahaan unicorn dan startup. 


Jadi, jangan khawatir, kamu bisa mulai kursus data science online bersama DQLab! Sign up sekarang di DQLab.id atau klik button dibawah ini untuk nikmati pengalaman belajar yang seru dan menyenangkan! 


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :