Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Coba Coding Python Sederhana Bersama DQLab

Belajar Data Science di Rumah 05-Juni-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/fb43bf2a3711845c02e9058899ad8d66_x_Thumbnail800.jpeg

Python merupakan salah satu bahasa pemrograman yang pada saat ini sangat populer. Hal ini karena Python bisa melakukan banyak hal seperti merancang sebuah program perangkat lunak, bisa juga dipakai untuk membangun suatu website, dan bisa melakukan sebuah analisis data dengan macam-macam script code. Python ini juga menjadi pilihan bahasa pemrograman untuk para programmer karena bahasa ini memiliki beberapa macam kelebihan seperti bahasa pemrograman yang fleksibel dan juga sangat user friendly.


Alasan lainnya Python ini menjadi pilihan adalah bahasa ini mudah sekali untuk dipelajari oleh para pemula. Salah satu cara bagi kalian para pemula untuk belajar Python ini adalah mencoba untuk membuat sebuah program Python sendiri. Dengan melakukan hal tersebut bisa melatih kemampuan logika pemrograman kalian sehingga dapat menguasai bahasa pemrograman ini dengan lebih cepat lagi. Jika kalian masih bingung bagaimana cara membuat program sederhananya, kalian bisa melihat beberapa contoh coding python sederhana pada artikel berikut ini: 


1. Program Python dengan Menggunakan Fungsi Rekursif

Sebelumnya apakah kalian mengetahui apa itu fungsi rekursif? Fungsi rekursif adalah sebuah fungsi yang bisa melakukan panggilan dirinya sendiri tanpa adanya perintah. Pemanggilan ini bisa terus terjadi sampai menemukan suatu kondisi yang telah ditetapkan terpenuhi. Kalian bisa menerapkan fungsi rekursif ini dalam banyak kasus, contohnya seperti menghitung bilangan kuadrat. Untuk lebih jelasnya lagi kalian bisa melihat gambar di bawah ini:

Python

Hasil output dari code diatas adalah:

Python


Bisa kalian lihat bahwa program diatas user akan diminta untuk memasukkan nilai pada x dan y, kemudian fungsi pangkat akan dipanggil lewat parameter x dan y. Selama y bukanlah 0 maka fungsi pangkat ini akan terus dipanggil lewat return value dengan menghitung nilai dari x * pangkat(x,y-1).


Baca juga : Yuk Cari Tahu Perbedaan Python R dan SQL


2. Menghitung Volume Balok

Selanjutnya, kalian bisa membuat program untuk menghitung volume balok. Kalian bisa langsung lihat programnya seperti dibawah ini:

Python


Contoh program ini bernama program sekuensial yang dimana program ini didesain untuk dieksekusi dari atas ke bawah tanpa adanya struktur lain seperti percabangan maupun perulangan. Dalam bahasa pemrograman ini untuk menerima inputan, user bisa menggunakan fungsi input(). Fungsi ini nantinya akan menganggap bahwa semua nilai memiliki tipe string sehingga tidak diperlukannya konversi ke dalam tipe numerik seperti integer maupun float. Untuk outputnya sendiri bisa kalian lihat pada gambar di bawah ini.

Python


3. Menjumlahkan Dua Angka

kalian juga bisa menggunakan Python ini untuk membuat program menjumlahkan dua angka dengan menggunakan fungsi input. Fungsi input disini adalah untuk menuliskan angka, tetapi fungsi input hanya bisa menghasilkan format string. Untuk bisa dijumlahkan kalian perlu mengubah inputan tersebut menjadi format angka dengan menggunakan fungsi int. Selanjutnya kalian bisa menggunakan operator “+” untuk menjumlahkan kedua angka dan menampilkan hasilnya dengan fungsi print. Kalian bisa lihat pada gambar dibawah ini:

Python


Hasil dari input tersebut adalah seperti berikut ini:

Python


Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL


4. Menentukan Bilangan Ganjil dan Genap

Program sederhana lainnya yang bisa kalian coba adalah menentukan bilangan ganjil dan juga genap. Untuk menentukan bilangan tersebut ganjil atau genap kalian bisa menggunakan operator pembanding dengan kondisi, jika bilangan yang dimasukan dilakukan operasi modulus yang tidak menghasilkan sisa pembagian atau nol maka tampilan untuk output bilangan tersebut adalah bilangan genap, untuk kondisi bilangan yang bernilai false maka akan bisa dipastikan bahwa bilangan tersebut adalah bilangan ganjil. Lebih jelasnya lagi kalian bisa simak code di bawah ini:

Python


Untuk hasil outputnya adalah seperti berikut ini:

Python


Python


Selangkah lebih siap untuk mulai berkarir di bidang data! Yuk, bangun skil yang dibutuhkan perusahaan untuk menghadapi transformasi digital dengan data. Salah satu skill yang bisa kamu mulai perlajari adalah bahasa python. Karena python termasuk kategori high level language, syntax-syntaxnya juga mudah dipahami khususnya untuk pemula. Kamu juga ngga perlu khawatir jika kamu belum memiliki pengalaman tentang bahasa python sebelumnya, kamu tetap bisa mengasah pemahaman mendasar kamu tentang python, kamu bisa bergabung dalam rangkaian modul DQLab yang berjudul “Python for Data Professional Beginner”. Modul ini terdiri dari 3 part yang bisa kamu selesaikan secara bertahap loh. 

Python

Caranya gimana? Mudah banget kok cukup signup sekarang ke DQLab.id lalu pilih menu learn. Setelah itu kamu sudah bisa menikmati pembelajaran yang praktis dan aplikatif dan jago machine learning bersama DQLab! Tunggu apa lagi? Yuk, signup sekarang dan mulai belajar Module Premium di DQLab!



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login