JULY SPECIAL ! DISKON 96%
Belajar Data Science Bersertifikat, 12 Bulan hanya 180K!
0 Hari 0 Jam 7 Menit 54 Detik

Coba Fungsi Keuangan pada Microsoft Excel

Belajar Data Science di Rumah 08-Januari-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/longtail-selasa-08-2024-02-16-202846_x_Thumbnail800.jpg

Microsoft excel adalah salah satu aplikasi atau software pengolah spreadsheet di bawah naungan Microsoft. Microsoft excel ini memiliki beberapa fungsi dan rumus yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Salah satu fungsi dalam Microsoft Excel adalah fungsi keuangan (NPV/IRR) yang sering digunakan oleh perusahaan besar maupun untuk kepentingan pribadi. Fungsi keuangan merupakan bagian yang perlu dipelajari dengan baik karena sangat dibutuhkan untuk berbagai keperluan.


Microsoft excel adalah suatu tools data scientist yang biasa digunakan untuk pengolahan data. Selain itu, Microsoft excel memiliki berbagai kegunaan seperti untuk menghitung kumpulan data dalam berbagai operasi, membuat daftar laporan keuangan, membuat daftar nilai, menghitung kurs mata uang, membuat daftar hadir, menyajikan data dalam berbagai bentuk, dan lainnya.


Pada artikel kali ini khususnya kita akan mengenali beberapa fungsi keuangan yang biasa digunakan.


1. Fungsi Keuangan Excel

Dalam setiap perusahaan pada umumnya membutuhkan laporan keuangan setiap bulan yang disusun secara rapi dan sistematis. Terdapat banyak software atau tools yang bisa digunakan untuk mempermudah pembuatan laporan keuangan, salah satunya adalah microsoft excel.


Dalam microsoft excel menyediakan fungsi keuangan yang bisa digunakan seperti fungsi ACCRINT, ACCRINTM, AMORDEGRC, AMORLINC, COUPDAYBS, COUPDAYS, COUPDAYSNC, COUPNCD, COUPNUM, COUPPCS, DB, DDB, DISC, DOLLARDE, DURATION, EFFECT, FV, INTRATE, IPMT, IRR, ISPMT, MIRR, NPV, NOMINAL, ODDLPRICE, dan masih banyak fungsi keuangan lainnya.

Excel


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Fungsi IRR

IRR atau Internal Rate of Return merupakan tingkat bunga atau rate of return pada saat nilai sekarang dari net cash flow dikurang dengan investasi awal sama dengan nol. IRR ini berkaitan erat dengan NPV, fungsi nilai bersih saat ini . Tingkat pengembalian yang dihitung oleh IRR adalah suku bunga yang sesuai dengan nilai bersih 0 (nol) saat ini. Berikut rumus sintaks IRR dalam excel

Excel

dengan argumen Nilai, yaitu array atau referensi ke sel yang berisi angka yang ingin dipakai untuk menghitung tingkat pengembalian internal. Argumen Perkiraan merupakan angka yang diperkirakan mendekati hasil IRR.


3. Fungsi NPV

Pada bagian sebelumnya kita telah mengenal fungsi keuangan dalam bisnis dan beberapa formula atau rumus keuangan terdapat di excel. NPV atau biasa dikenal dengan Net Present Value merupakan sebuah konsep penting dalam suatu perusahaan yang berguna untuk mengukur kemampuan perusahaan dalam menjalankan investasinya yang nantinya akan berdampak pada cash flow perusahaan.


Jika NPV bernilai positif, maka proyek tersebut diharapkan akan memperoleh keuntungan, dan bila NPV bernilai negatif maka diharapkan tidak mengeluarkan biaya yang berlebihan. Secara umum sintaks dari rumus NPV dalam excel adalah sebagai berikut.

Excel

Jika n adalah jumlah arus kas dalam daftar nilai, maka rumus untuk NPV adalah

Excel


4. Fungsi Keuangan dalam Perusahaan

Fungsi keuangan adalah suatu bagian penting yang perlu dipelajari dalam dunia bisnis. Dalam dunia bisnis. Untuk kelancaran bisnis diperlukan manajemen keuangan untuk dapat merencanakan anggaran dengan baik.


Terdapat beberapa fungsi manajemen keuangan dalam perusahaan, diantaranya yaitu mengelola keuangan perusahaan, mengendalikan keuangan perusahaan, dan melaporkan keuangan perusahaan. Pengelolaan manajemen keuangan ini dapat diaplikasikan dengan berbagai fungsi dalam excel untuk memudahkan perhitungan.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with Excel


Microsoft excel merupakan salah satu hal yang perlu dikuasai oleh para praktisi data. Microsoft excel ini bisa membantu meringankan pekerjaan. Kamu bisa belajar dasar-dasar Microsoft excel di DQLab.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab dan ikuti Bootcamp Data Analyst with Excel 


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login