Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Coba Proyek Sedernaha dengan Coding Python

Belajar Data Science di Rumah 08-November-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-senin-01-2023-11-08-151203_x_Thumbnail800.jpg

Pemrograman Python adalah langkah awal yang hebat untuk memasuki dunia Data Science. Meskipun terdengar menakutkan bagi sebagian orang, Python sebenarnya adalah bahasa yang sangat ramah pemula.


Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi cara membuat coding Python sederhana yang dapat diikuti oleh pemula sekalipun. Kita akan membahas proyek sederhana yang akan mengajarkan kita cara mengimpor data, membersihkannya, dan bahkan membuat grafik sederhana.


Mari mulai dari awal dan nikmati perjalanan ini!


1. Memulai dengan Mengimpor Data

Langkah pertama dalam coding Python adalah mengimpor data. Kita bisa memulai dengan dataset sederhana seperti daftar nama atau angka-angka. Misalnya, kita dapat membuat sebuah daftar nama teman-teman kita dan menyimpannya dalam Python. Ini adalah dasar dalam penggunaan Python untuk data science.

Python


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Membersihkan Data

Data yang kita impor mungkin memerlukan beberapa pemrosesan untuk membersihkannya. Ini bisa mencakup menghapus data yang tidak valid, mengganti data yang hilang, atau mengatur data dengan cara tertentu.


Misalnya, jika ada kesalahan penulisan nama dalam daftar teman, kita dapat membersihkannya.

Python


3. Membuat Grafik Sederhana

Python memiliki banyak pustaka yang memungkinkan kita untuk membuat grafik sederhana. Misalnya, kita bisa menggunakan pustaka Matplotlib untuk membuat grafik batang yang menunjukkan jumlah teman yang dimiliki oleh setiap orang.

Python


4. Mempelajari Struktur Dasar Python

Python

Selama proses ini, kita akan belajar tentang struktur dasar dalam Python, seperti variabel, list, loop, dan kondisi. Ini adalah pondasi yang penting untuk pemrograman Python.


5. Eksplore Lebih Lanjut

Setelah kita merasa nyaman dengan proyek sederhana ini, kita bisa mulai mengeksplorasi lebih banyak. Kita bisa mencoba proyek-proyek lain yang melibatkan analisis data, pembuatan grafik yang lebih rumit, atau bahkan pembuatan aplikasi sederhana.


Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL


Sahabat DQ bisa mempelajari coding Python yang lebih mendalam dan detail dengan mengakses modul Premium yang tersedia di DQLab.  DQLab merupakan platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur Chat GPT. 


Selain itu DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. 


Yuk sign up di DQLab untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih menarik. Daftar sekarang dan kejar impianmu untuk menjadi Data Analyst! Atau kamu ingin mempelajari Artificial Intelligence lebih dalam & intensif? Yuk ikuti DQLab LiveClass!


Nikmati pembelajaran secara langsung dengan metode simulasi yang akan membantu kamu dalam persiapan karir. Kunjungi halaman Bootcamp Data Analyst with SQL and Python untuk informasi lebih lanjut ya!


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login