PROMO PAYDAY! SERBU PAKET DATA SCIENCE 3 BULAN CUMA 100K!
Diskon Spesial 95% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 13 Jam 35 Menit 32 Detik 

Coba Teknik Analisis Data Guna Report yang Strategis

Belajar Data Science di Rumah 23-November-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/26638e3fd99ec4b2d1577db05531d587_x_Thumbnail800.jpg

Pada kegiatan penelitian, terdapat macam-macam teknik analisis data yang sering digunakan oleh peneliti. Penelitian kuantitatif yang cenderung dengan data yang bersifat numerik dapat dilakukan dengan analisis deskriptif, analisis inferensial, analisis regresi. Adapun penelitian kualitatif yang cenderung dengan data yang bersifat non numerik biasanya dilakukan dengan cara observasi, wawancara, studi literatur, focus group discussion, dan masih banyak lainya.


Teknik analisis data adalah suatu metode atau cara yang digunakan dalam proses analisis data. Proses analisis data pun memerlukan teknik analisis data yang tepat dan sesuai agar tepat sasaran dan menghasilkan kesimpulan yang sesuai. Dengan memilih teknik analisis data yang tepat, peneliti juga dapat menggali informasi yang lebih dalam. Proses analisis pun dapat dilakukan dengan memeriksa seluruh data dari berbagai instrumen penelitian. Ingin tahu beberapa contoh teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif!


1. Analisis Deskriptif

Analisis deskriptif merupakan salah satu teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data dengan cara memberikan gambaran terkait data yang tidak bertujuan untuk membuat kesimpulan yang berlaku untuk umum. Analisis deskriptif pada penelitian kuantitatif (data yang bersifat numerik) biasanya menampilkan nilai-nilai seperti nilai rata-rata, median, nilai maksimum, nilai minimum, rentang, standar deviasi. Beberapa langkah mudah analisis deskriptif antara lain 1) merumuskan masalah, 2) menentukan jenis informasi atau data, 3) menentukan prosedur pengumpulan data, 4) menganalisis data, 5) mengambil keputusan berdasarkan hasil analisis data.


Teknik Analisis Data


Baca juga : Langkah-Langkah Menggunakan Teknik Analisis Data Kualitatif


2. Analisis Regresi

Analisis regresi adalah teknik analisis data yang sering digunakan pada penelitian kuantitatif. Teknik ini digunakan untuk menguji apakah terdapat pengaruh antara satu variabel dengan variabel lainnya. terdapat dua jenis regresi yaitu regresi linear sederhana dan regresi linear berganda. Regresi linear sederhana yaitu menggunakan satu variabel independen (bebas) dan satu variabel dependen (terikat). Adapun regresi linear berganda menggunakan dua atau lebih variabel independen (bebas) dan satu variabel dependen (terikat).


Teknik Analisis Data


3. Focus Group Discussion

Focus Group Discussion atau FGD merupakan teknik analisis data kuantitatif yang cara kerjanya dengan melakukan diskusi bersama dalam suatu kelompok. dikarenakan teknik ini bertemakan diskusi, maka perlu diatur dengan baik agar isi diskusi tidak menyimpang dari tujuan awal. Untuk memudahkannya terdapat beberapa langkah FGD yang dapat diikuti yaitu 1) memilih moderator, 2) menyiapkan tim, 3) menjelaskan topik diskusi serta mengajukan pertanyaan, 4) meringkas isis diskusi, 5) menganalisis data, da 6) mengambil keputusan.


Teknik Analisis Data


4. Wawancara

Pernahkah kalian melihat seseorang dalam suatu kegiatan melakukan sesi tanya jawab dengan narasumber? Ya, proses tersebut disebut dengan wawancara. Pada saat wawancara pihak pewawancara mengajukan beberapa pertanyaan kepada narasumber atau responden. Beberapa tahap persiapan pada saat wawancara yang dapat dilakukan untuk mempermudah antara lain menentukan topik wawancara, mengumpulkan informasi dari berbagai sumber data, menentukan narasumber yang sesuai dengan topik wawancara,  dan menyusun daftar pertanyaan.


Teknik Analisis Data


Baca juga : Contoh Teknik Analisis Data Dalam Penelitian Kuantitatif


Teknik analisis data merupakan salah satu bagian penting yang perlu diterapkan ketika proses analisis data. Terdapat berbagai jenis teknik analisis data yang dapat dipelajari di DQLab dan langsung coba belajar berbagai tools data science secara live code loh!


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.

Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :