LAST DAY PROMO 7.7! DISKON 98%
Belajar Data Science Bersertifikat, 12 Bulan hanya 177K!
0 Hari 1 Jam 12 Menit 31 Detik

Cocok untuk Pemula! Ini Pilihan Bootcamp Python Terbaik

Belajar Data Science di Rumah 28-Februari-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/longtail-selasa-01-2024-02-28-152842_x_Thumbnail800.jpg

Python menjadi salah satu bahasa pemrograman yang akhir-akhir ini banyak diminati. Ini karena sintaksnya yang mudah dipahami bahkan bagi pemula dan bagi kalian yang tidak memiliki latar belakang IT. Banyak cara yang kini bisa kalian pilih untuk belajar Python. Salah satunya melalui bootcamp Python.


Bootcamp Python secara garis besar adalah program intensif yang akan mengajarkan materi yang disesuaikan dengan kebutuhan industri. Sehingga selama masa pembelajaran, diharapkan peserta memiliki keterampilan yang bisa digunakan untuk menunjang karir. Lantas apa saja keunggulan yang diberikan bootcamp? Dimana bootcamp Python yang tepat untuk belajar terutama bagi pemula? Yuk baca penjelasan berikut ini!


1. Apa Itu Belajar dengan Bootcamp?

Python

Bootcamp adalah salah satu pelatihan yang menawarkan program secara intensif dengan materi yang telah disesuaikan dengan kebutuhan industri. Dulu bootcamp hanya tersedia untuk materi berkaitan dengan bidang IT. Saat ini banyak sekali bootcamp yang ditawarkan untuk bidang keahlian lainnya.


Bootcamp memang dirancang agar lulusannya memiliki kompetensi yang banyak dibutuhkan perusahaan. Oleh karena itu, materi yang diberikan lebih pada praktik penyelesaian masalah dibandingkan penguatan dasar teori. 


Ada beberapa jenis bootcamp yang dibedakan berdasarkan cara pelaksanaannya. Diantaranya yaitu:

  • Live online bootcamp. Sistem yang diberlakukan adalah instruktur dan murid atau peserta bertemu di salah satu platform meeting online untuk melaksanakan pembelajaran. Kelas juga sudah diatur jadwalnya sehingga sesuai untuk peserta yang memiliki kesibukan lain. Media yang digunakan biasanya Zoom atau Google meet.

  • Online bootcamp. Ini artinya peserta dan instruktur tidak memiliki jadwal tertentu yang mengikat satu sama lain. Peserta dapat mengakses materi kapanpun dan dimanapun secara mandiri. Peserta juga bisa mengumpulkan tugas di hari tertentu sampai tenggat waktu yang diberikan. Pada sistem ini instruktur dan peserta tidak dapat berinteraksi secara langsung. Jika kalian memiliki jadwal yang sangat padat, sistem ini bisa menjadi pilihan belajar yang sesuai.


Apakah bootcamp sama dengan kursus online? Memang secara sistem hampir mirip, namun secara materi dan tujuannya berbeda. Materi yang diberikan pada bootcamp lebih padat dan banyak mempelajari aspek keterampilan. Tujuannya pun mempersiapkan peserta agar dapat memulai karier sesuai keterampilan bootcamp yang diambil.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Kelebihan Belajar Lewat Bootcamp

Python

Dengan program khusus tersebut, tentu bootcamp memiliki kelebihan dibandingkan pelatihan lainnya. Berikut kelebihan yang dimiliki bootcamp.

  • Belajar dari mentor yang berpengalaman. Bootcamp memiliki tujuan mempersiapkan peserta agar dapat segera bekerja. Oleh karena itu, biasanya instruktur yang mengajar adalah para ahli yang berpengalaman dan terjun langsung di perusahaan berkaitan dengan bidangnya. Sehingga secara keterampilan teknik, mentor ini tidak diragukan lagi.

  • Membangun portofolio dari projek. Bootcamp berfokus pada penyelesaian permasalahan di berbagai industri. Oleh karena itu dengan adanya projek yang diberikan, kalian bisa secara langsung membangun portofolio. Ini menjadi keuntungan bagi kalian yang ingin segera mendapatkan pekerjaan. Rekrutmen akan mempertimbangkan kandidat yang memiliki portofolio.

  • Memperluas networking. Kalian akan bertemu teman-teman baru dengan latar belakang yang beragam selama mengikuti bootcamp. Beberapa mungkin masih mahasiswa atau bahkan sudah bekerja tahunan dan ingin berganti karier. Dalam bootcamp, beberapa tugas akan dikerjakan secara berkelompok. Ini kesempatan bagi kalian untuk memperluas networking dan mendapatkan sudut pandang serta pemikiran baru terhadap penyelesaian masalah.

  • Memiliki skill baru dalam waktu singkat. Bootcamp biasanya berlangsung selama 12-48 minggu. Karena pembelajaran didesain secara intensif, maka keterampilan yang cukup beragam tersebut akan kalian kuasai dalam waktu yang singkat. Terlebih dengan langsung mengaplikasikannya pada real project, maka kemampuan kalian akan semakin terasah.


3. Materi Apa yang Dipelajari Pada Bootcamp Python?

Python

Salah satu bootcamp yang saat ini banyak diminati adalah bootcamp bahasa pemrograman Python. Hal ini karena Python memiliki sintaks yang mudah dipahami oleh pemula bahkan tanpa latar belakang IT. Selain itu, Python juga banyak digunakan oleh beragam pekerjaan baik yang bekerja dalam hal pengembangan aplikasi atau praktisi data.


Apa saja materi yang diberikan selama belajar di bootcamp Python? Berikut penjelasannya.

  • Pengenalan Python. Umumnya didahului dengan sejarah Python dan proses instalasi.

  • Dasar-dasar Python. Menjelaskan mode operasi dan style penulisan sintaks Python.

  • Tipe data pada Python. Menjelaskan tipe data Python seperti Number, String, List, Set, dan tipe lainnya.

  • Input/output dan operasi pada Python. Menjelaskan mekanisme input/output pada Python, dan juga operasi pada Python seperti operasi pada list, manipulasi string, operator, operands, dan expression.

  • Style guide pada Python. Menjelaskan style guide pada Python, PEP8, formatting kode, statement gabungan, dan prinsip penamaan.

  • Control flow. Menjelaskan flow control pada Python, percabangan dan perulangan.

  • Penanganan error. Menjelaskan cara menangani kesalahan ketika terjadi kesalahan syntax atau pengecualian di Python

  • Fungsi dan method. Menjelaskan fungsi dan method pada Python, argument, dan parameter.

  • Pemrograman berorientasi projek. Menjelaskan pemrograman berorientasi objek pada Python seperti object, class, method, inheritance, dan implementation.

  • Unit testing. Memahami teknik pengujian program secara otomatis pada Python dengan unit testing beserta contoh implementasinya

  • Library populer pada Python. Mempelajari beberapa library populer pada Python seperti String, OS, Pickle, JSON, Scrapper, Regex, dan Argument Parser.


Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL


4. Alasan Harus Belajar Bootcamp Python di DQLab 

Jika kalian bingung memilih bootcamp yang cocok dengan kebutuhan, kesibukan, dan merupakan pemula, kalian bisa belajar melalui program Bootcamp Live Class yang disediakan DQLab. Live Class adalah salah satu metode pembelajaran paling tepat yang ditawarkan DQLab agar Sahabat DQ bisa mulai belajar Python.


Tidak hanya Python, bahkan di sini kalian juga bisa belajar SQL yang juga menunjang pemahaman kalian di bidang data science. Apa saja manfaat mengikuti Live Class ini?

  • Variatif dan komplit. Variatif karena terdiri dari kelas pemula sampai advance. Komplit karena tidak hanya belajar teori tapi juga praktik. 

  • Materi dan rekaman dapat diakses selamanya.

  • Mendapatkan dukungan dari awal. Live Class memberikan kelas persiapan untuk memastikan kalian siap mengikuti kelas

  • Dibimbing dengan mentor berpengalaman.

  • Mendapatkan komunitas baru yang saling mendukung.


Selain bootcamp di atas, kalian juga bisa loh meningkatkan pemahaman kalian dalam menerapkan Python untuk sejumlah studi kasus yang ada di perusahaan. DQLab juga memilki modul belajar online yang akan membantu kalian menerapkan kemampuan tersebut secara bervariasi. Apa keunggulan modul belajar online DQLab?

  • Terintegrasi dengan Chat GPT yang membantu menjelaskan konsep serta coding yang tepat jika ada error

  • Dapat diakses kapanpun dan dimanapun

  • Dilengkapi Live Code Editor sehingga praktis tanpa perlu aplikasi tambahan


Tunggu apalagi? Yuk segera daftarkan diri kalian untuk ikuti Bootcamp Data Analyst with SQL and Python dan nikmati semua manfaat di atas!


Penulis : Dita Feby 

Editor : Annissa Widya

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login