PROMO PUNCAK LEBARAN DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan BERSERTIFIKAT hanya Rp 99K!

1 Hari 23 Jam 16 Menit 21 Detik

Coding Python Sederhana Argument Kata Kunci Arbitrer

Belajar Data Science di Rumah 05-Maret-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-senin-01-2024-03-05-162545_x_Thumbnail800.jpg

Python merupakan salah satu bahasa pemrograman yang sangat fleksibel yang mana memungkinkan pengguna untuk membuat fungsi dengan beragam jenis argumen. Salah satunya adalah argumen kata kunci arbitrer. Argumen kata kunci arbitrer merupakan salah satu fitur yang sangat berguna dalam Python, karena memungkinkan fungsi untuk menerima sejumlah argumen yang tidak terbatas saat dipanggil, tanpa harus mendefinisikan parameter yang spesifik di dalam definisi fungsi. 


Dengan menggunakan argumen kata kunci arbitrer, pengguna dapat memberikan input yang beragam dalam bentuk pasangan "nama-nilai", yang kemudian dapat diakses dan diolah di dalam fungsi dengan mudah. Ini memungkinkan pengembang untuk menulis kode yang lebih dinamis dan mudah dipahami, serta memberikan fleksibilitas yang tinggi dalam penggunaan fungsi di berbagai konteks dan skenario pengembangan perangkat lunak.


Selain itu, penggunaan argumen kata kunci arbitrer juga dapat meningkatkan keterbacaan kode, karena setiap argumen memiliki label yang jelas, sehingga memudahkan pengguna lain untuk memahami bagaimana fungsi tersebut digunakan dan apa yang diharapkan dari argumen yang diberikan. 


Dengan demikian, argumen kata kunci arbitrer merupakan salah satu fitur yang memperkaya kemampuan Python dalam memenuhi kebutuhan pengguna dalam pengembangan perangkat lunak yang beragam dan kompleks. Kali ini, DQLab akan membahas tentang coding python sederhana dengan menggunakan argumen kata kunci arbitrer. Penasaran kan? Yuk kita sama-sama belajar bareng!


1. Apa itu Argumen Kata Kunci Arbitrer?

Argumen kata kunci arbitrer memungkinkan fungsi untuk menerima sejumlah argumen yang tidak diketahui sebelumnya saat fungsi tersebut dipanggil. Dalam Python, kita menggunakan tanda ** di depan parameter fungsi untuk menunjukkan bahwa itu adalah argumen kata kunci arbitrer. Ini memungkinkan kita untuk memanggil fungsi dengan sejumlah argumen yang tidak terbatas dalam bentuk pasangan "nama-nilai".


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Manfaat Argumen Kata Kunci Arbitrer?

Argumen kata kunci arbitrer adalah fitur yang kuat dalam Python yang memungkinkan fleksibilitas dan kustomisasi tingkat tinggi dalam fungsi. Dengan menggunakan argumen kata kunci arbitrer, pengguna dapat dengan mudah memberikan sejumlah argumen yang tidak terbatas dengan sintaksis yang jelas dan mudah dibaca. Ini membuat Python menjadi pilihan yang kuat untuk berbagai jenis pengembangan perangkat lunak, dari pemrograman skrip sederhana hingga pengembangan aplikasi web yang kompleks. 


Berikut adalah manfaat penerapan argumen kata kunci arbitrer pada bahasa pemrograman Python bagi praktisi data:

  • Fleksibilitas: Memungkinkan pengguna untuk memberikan sejumlah argumen yang tidak terbatas saat memanggil fungsi.

  • Pembacaan kode yang lebih mudah: Dengan menggunakan pasangan "nama-nilai", kode menjadi lebih mudah dibaca karena setiap argumen memiliki label yang jelas.

  • Kustomisasi tingkat tinggi: Cocok untuk penggunaan di mana pengguna ingin memberikan berbagai jenis argumen tanpa harus menentukan parameter yang tepat di dalam fungsi.


3. Contoh 1: Membuat Argumen Kata Kunci Arbitrer

Untuk lebih jelas, mari kita simak contoh berikut ini. Misalkan kita ingin membuat fungsi yang dapat menggabungkan data pengguna dari berbagai sumber, misalnya nama, alamat email, dan nomor telepon. Kita dapat menggunakan argumen kata kunci arbitrer untuk menerima berbagai pasangan "nama-nilai" tanpa harus mendefinisikan parameter yang spesifik. 

Python


Dari sintaks di atas, dihasilkan output sebagai berikut:

Python


Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL


4. Contoh 2: Membuat Argumen Kata Kunci Arbitrer

Misalkan Kita ingin membuat fungsi yang memungkinkan pengguna untuk menambahkan barang ke keranjang belanja mereka dengan berbagai jumlah. Argumen kata kunci arbitrer dapat digunakan untuk menangani kasus di mana pengguna ingin menambahkan barang dengan jumlah yang berbeda tanpa harus menentukan parameter untuk setiap jenis barang. 


Berikut adalah contohnya:

Python

Dari sintaks di atas, dihasilkan output sebagai berikut:

Python


Dalam kedua contoh ini, kita menggunakan argumen kata kunci arbitrer untuk menerima input dari pengguna tanpa harus menentukan parameter yang spesifik di dalam definisi fungsi. Ini memungkinkan fleksibilitas dalam penggunaan fungsi, sehingga pengguna dapat memberikan berbagai pasangan "nama-nilai" sesuai kebutuhan mereka.


Hai sahabat DQ, ingin jago dalam bahasa pemrograman Python? Atau bingung buat pilih bootcamp yang cocok dengan kebutuhan, kesibukan, dan ingin belajar lebih lanjut? Kalian bisa belajar melalui program Bootcamp Live Class yang disediakan oleh DQLab. Live Class adalah salah satu metode pembelajaran paling tepat yang ditawarkan DQLab agar Sahabat DQ bisa mulai belajar Python.


Tidak hanya Python, bahkan di sini kalian juga bisa belajar SQL yang juga menunjang pemahaman kalian di bidang Data Science. Apa saja manfaat mengikuti Live Class ini?

  • Variatif dan komplit. Variatif karena terdiri dari kelas pemula sampai advance. Komplit karena tidak hanya belajar teori tapi juga praktik. 

  • Materi dan rekaman dapat diakses selamanya.

  • Mendapatkan dukungan dari awal. Live Class memberikan kelas persiapan untuk memastikan kalian siap mengikuti kelas

  • Dibimbing dengan mentor berpengalaman.

  • Mendapatkan komunitas baru yang saling mendukung.


Tunggu apalagi? Yuk segera daftarkan diri kalian atau Sign Up dan nikmati semua manfaat di atas, atau ikuti Bootcamp Data Analyst with SQL and Python!


Penulis: Reyvan Maulid

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login