SUPER 6.6 SALE! DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 99K!

1 Hari 8 Jam 42 Menit 37 Detik

Coding Python Sederhana dengan Fungsi Enumerate

Belajar Data Science di Rumah 20-November-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/longtail-senin-01-2023-11-20-151136_x_Thumbnail800.jpg

Python memiliki serangkaian fungsi yang bisa diimplementasikan dan dioptimalkan dalam pengolahan data maupun manipulasi data. Salah satu fungsi yang bisa kamu pelajari dalam belajar bahasa pemrograman Python adalah fungsi Enumerate.


Salah satu keunggulan Python sebagai bahasa pemrograman adalah kemudahan penggunaannya dan dukungan terhadap berbagai fitur yang mempermudah pengolahan dan manipulasi data. Fungsi enumerate menjadi salah satu fitur yang memudahkan pengguna Python dalam mengakses dan memanipulasi elemen-elemen dalam iterable, seperti list, tuple, atau string.


Dengan menggunakan fungsi enumerate, dirimu dapat meningkatkan efisiensi dan kejelasan kode yang kamu ketikkan, mengurangi kebutuhan untuk melacak indeks secara manual. Ini sangat berguna ketika kamu perlu mengetahui posisi elemen selama iterasi, misalnya, saat melakukan operasi seperti pembaruan nilai, pengumpulan data berdasarkan indeks, atau memanipulasi struktur data.


Jika kamu adalah seorang pemula yang baru saja mengenal bahasa pemrograman Python, tidak ada salahnya kamu untuk mempelajari fungsi yang satu ini. Codingnya simple dan tentunya sangat ramah bagi pemula saat kamu mempelajarinya.


So, seperti apa fungsi enumerate ini? Simak yuk penjelasannya sahabat DQLab!


1. Fungsi enumerate pada List

Contoh penggunaan fungsi enumerate yang pertama dalam bahasa pemrograman Python adalah diaplikasikan pada tipe data list. Dalam contoh ini, kita memiliki sebuah list yang berisi beberapa elemen, dan kita ingin melakukan iterasi melalui list tersebut sambil mengetahui indeks dan nilai setiap elemen. Fungsi enumerate menyediakan cara yang efisien untuk melakukan hal ini.


Berikut adalah contoh lebih rinci:

Python


Pada contoh di atas, enumerate digunakan dalam sebuah loop for untuk mengiterasi melalui my_list. Setiap elemen dari list diakses dalam setiap iterasi, dan pasangan indeks dan nilai diteruskan ke variabel index dan value. Dengan demikian, selama iterasi, kita dapat dengan mudah mencetak atau melakukan operasi lain dengan menggunakan nilai dan indeks tersebut.


Output dari contoh tersebut adalah:

Python


Dengan cara ini, fungsi enumerate membantu kita mengakses informasi indeks dan nilai dengan lebih mudah dan membuat kode lebih bersih serta lebih mudah dipahami. Contoh ini hanya merupakan salah satu dari banyak cara di mana enumerate dapat diterapkan untuk meningkatkan efisiensi dan kejelasan kode Python.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Fungsi enumerate pada Indeks awal tertentu

Contoh penggunaan fungsi enumerate yang kedua dalam bahasa pemrograman Python adalah diaplikasikan pada indeks awal tertentu. Fungsi ini memungkinkan pengguna untuk menentukan nilai awal indeks saat melakukan iterasi melalui elemen-elemen suatu iterable. Dengan menggunakan argumen opsional start, kamu dapat mengatur indeks awal sesuai kebutuhan coding kamu.


Contoh penggunaan indeks awal tertentu pada fungsi enumerate:

Python


Berikut adalah outputnya:

Python


Dalam contoh di atas, kita memberikan nilai awal indeks start=101. Sebagai hasilnya, indeks pada setiap iterasi dimulai dari 101, 102, 103, dan seterusnya. Ini memberikan fleksibilitas tambahan dalam penentuan nilai awal indeks sesuai dengan kebutuhan atau preferensi kamu dalam mengelola data.


3. Fungsi enumerate pada String

Contoh penggunaan fungsi enumerate yang ketiga dalam bahasa pemrograman Python adalah diaplikasikan pada tipe data string. Dalam contoh ini, kita dapat memahami bagaimana enumerate membantu ketika ingin mengakses indeks dan karakter-karakter dari sebuah string selama iterasi.


Berikut adalah contohnya:


Outputnya akan menjadi:

Python


Dalam contoh di atas, setiap iterasi dari loop for memberikan kita pasangan indeks dan karakter dari string my_string. Ini sangat berguna saat kamu perlu mengakses elemen-elemen string dan mungkin melakukan operasi tertentu pada karakter-karakter tersebut.


Penggunaan enumerate pada string dapat berguna dalam skenario seperti mencari posisi suatu karakter, memodifikasi karakter tertentu, atau membangun struktur data baru berdasarkan karakter-karakter dan posisi mereka dalam string. Dengan demikian, fungsi enumerate memperkaya kemampuan pemrosesan string dalam Python.


Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL


4. Fungsi enumerate untuk Update Nilai pada List 

Contoh penggunaan fungsi enumerate yang terakhir dalam bahasa pemrograman Python adalah diaplikasikan saat update nilai pada list. Dalam contoh tersebut, enumerate mempermudah pengaksesan indeks dan nilai setiap elemen dalam list, memungkinkan kita untuk dengan mudah memodifikasi atau memperbarui nilai pada posisi tertentu.

Python


Pada contoh di atas, setiap elemen dalam my_list dikalikan dengan 2 menggunakan nilai yang diakses melalui enumerate. Tanpa enumerate, kita mungkin perlu menggunakan variabel indeks tambahan dan menulis loop iterasi yang lebih kompleks untuk mencapai hasil yang sama.


Penerapan enumerate membuat kode lebih ringkas dan mudah dimengerti, sehingga meningkatkan kejelasan dan keterbacaan. Ini adalah salah satu contoh bagaimana Python memprioritaskan kesederhanaan sintaksis dan kejelasan, memungkinkan pengembang untuk lebih fokus pada logika aplikasi daripada detail teknis dari indeks dan iterasi.


Hai sahabat DQ, ingin jago dalam bahasa pemrograman Python? Atau bingung buat pilih bootcamp yang cocok dengan kebutuhan, kesibukan, dan ingin belajar lebih lanjut? Kalian bisa belajar melalui program Bootcamp Live Class yang disediakan oleh DQLab. Live Class adalah salah satu metode pembelajaran paling tepat yang ditawarkan DQLab agar Sahabat DQ bisa mulai belajar Python.


Tidak hanya Python, bahkan di sini kalian juga bisa belajar SQL yang juga menunjang pemahaman kalian di bidang Data Science. Apa saja manfaat mengikuti Live Class ini?

  • Variatif dan komplit. Variatif karena terdiri dari kelas pemula sampai advance. Komplit karena tidak hanya belajar teori tapi juga praktik. 

  • Materi dan rekaman dapat diakses selamanya.

  • Mendapatkan dukungan dari awal. Live Class memberikan kelas persiapan untuk memastikan kalian siap mengikuti kelas

  • Dibimbing dengan mentor berpengalaman.

  • Mendapatkan komunitas baru yang saling mendukung.


Tunggu apalagi? Yuk segera daftarkan diri kalian atau Sign Up dan nikmati semua manfaat di atas!


Penulis: Reyvan Maulid


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login