Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Coding Python Sederhana dengan Konsep Inheritance

Belajar Data Science di Rumah 25-Juli-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/longtail-senin-01-2023-07-25-201058_x_Thumbnail800.jpg

Python memiliki banyak konsep dan formula yang bisa diaplikasikan dalam melakukan manipulasi dan klasifikasi data. Salah satu konsep yang digunakan dalam bahasa pemrograman yaitu Inheritance (Pewarisan). Di dalam bahasa pemrograman Python, inheritance (pewarisan) merupakan konsep yang memungkinkan sebuah kelas untuk mewarisi atribut dan metode dari kelas lain. Kelas yang mewarisi disebut sebagai kelas anak (child class atau subclass), sedangkan kelas yang memberikan warisan disebut sebagai kelas induk (parent class atau superclass).


Dalam inheritance, kelas anak akan mewarisi atribut dan metode dari kelas induk, sehingga kita dapat menggunakan kembali kode yang sudah ada dan memperluas fungsionalitas kelas tanpa harus menulis ulang. Dengan menggunakan inheritance, kita dapat membagi tanggung jawab antara kelas-kelas dalam hierarki. Kelas induk dapat berisi atribut dan metode yang bersifat umum, sementara kelas anak dapat berisi metode yang lebih spesifik untuk keperluan kelas tersebut. Nah, kali ini kita akan membahas lebih detail terkait dengan coding Python sederhana melalui konsep Inheritance. Penasaran kan seperti apa? Yuk kita langsung bahas bareng-bareng sahabat DQLab!


1. Konsep Dasar Inheritance

Konsep dasar inheritance (pewarisan) adalah salah satu pilar fundamental dalam pemrograman berorientasi objek (Object-Oriented Programming/OOP). Dalam inheritance, sebuah kelas (kelas anak atau subclass) dapat mewarisi atribut dan metode dari kelas lain (kelas induk atau superclass). Hal ini memungkinkan kita untuk menggunakan kembali kode yang sudah ada, memisahkan tanggung jawab secara hierarkis, dan membangun struktur kelas yang lebih terstruktur dan terorganisir.


Inheritance (pewarisan) adalah salah satu konsep penting dalam bahasa pemrograman Python, yang memungkinkan kita untuk membuat kelas baru (kelas anak atau subclass) berdasarkan kelas yang sudah ada (kelas induk atau superclass). Dalam inheritance, kelas anak akan mewarisi atribut dan metode dari kelas induk, sehingga kita dapat menggunakan kembali kode yang sudah ada dan memperluas fungsionalitas kelas tanpa harus menulis ulang.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Sintaks Dasar Inheritance Python

Dalam Python, inheritance dapat diimplementasikan dengan mendefinisikan kelas anak menggunakan sintaks berikut:

Python

Contoh di atas menunjukkan cara mendefinisikan kelas anak Anak yang mewarisi dari kelas induk Induk. Dalam hal ini, kelas Anak akan memiliki semua atribut dan metode yang ada di kelas Induk.

Python

Dalam contoh di atas, kita telah membuat kelas Hewan sebagai kelas induk yang memiliki atribut nama dan jenis, serta metode suara. Selanjutnya, kita mendefinisikan kelas anak Anjing dan Kucing, yang masing-masing mewarisi atribut dan metode dari kelas Hewan. Kita juga melakukan override metode suara() untuk menentukan suara yang sesuai untuk setiap jenis hewan.


3. Definisi “Induk Kelas” dan “Anak Kelas”

Namun, seringkali kita ingin melakukan penyesuaian pada kelas anak atau menambahkan metode baru yang unik untuk kelas anak tersebut. Untuk melakukan hal ini, kita dapat melakukan override terhadap metode yang ada di kelas induk:

Python

Dalam contoh di atas, kelas Anak memiliki metode metode_anak, yang tidak ada di kelas induk. Selain itu, kita melakukan override pada metode metode_induk, sehingga kelas anak akan menggunakan versi metode yang telah didefinisikan di dalam kelas anak, bukan metode dari kelas induk.


Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL


4. Membuat Objek dari “Kelas Induk” dan “Anak Kelas”

Ketika menggunakan inheritance, kita dapat membuat objek dari kelas anak dan mengakses atribut dan metode baik dari kelas anak maupun kelas induk:

Python

Dengan inheritance, kita dapat memanfaatkan kembali kode yang sudah ada dan memperluas fungsionalitas kelas dengan cara yang lebih terstruktur dan mudah dipahami.


Ingin belajar coding yang simple dan terstruktur? Ya di DQLab jawabannya! Nah, website DQLab sangat membantu kalian untuk belajar proses manipulasi data, loh. DQLab menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. 


Taukah kalian kalau DQLab juga merupakan program belajar online pertama yang mengintegrasikan modulnya dengan ChatGPT? Dengan ini, proses belajar menjadi lebih menyenangkan karena:


  • Membantu kalian menjelaskan lebih detail code yang sedang dipelajari

  • Membantu menemukan code yang salah atau tidak sesuai

  • Memberikan solusi atas problem yang dihadapi pada code

  • Membantu kalian belajar kapanpun dan dimanapun


Yuk, segera ikuti DQLab LiveClass Bootcamp Data Analyst with SQL and Python dan kembangkan kemampuan kalian menggunakan Python! 


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login