TEBUS HOKI! BELI 1 GRATIS 1
Belajar Data 6 BULAN GRATIS 6 BULAN hanya Rp180K!

0 Hari 3 Jam 6 Menit 22 Detik

Coding Python Sederhana dengan Metode rfind

Belajar Data Science di Rumah 11-April-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/52a2a82641ae9c6371f08f49e225473e_x_Thumbnail800.jpeg

Python merupakan salah satu bahasa pemrograman populer yang digunakan dalam pengembangan aplikasi dan analisis data. Dalam Python, terdapat berbagai metode yang dapat digunakan untuk memproses dan memanipulasi data. Salah satu metode yang sering digunakan adalah metode rfind(). rfind() adalah metode string di Python yang digunakan untuk mencari indeks terakhir dari suatu substring di dalam sebuah string. 


Substring yang dicari akan diidentifikasi dari sebelah kanan string. Jika substring ditemukan, maka rfind() akan mengembalikan indeks dari awal substring tersebut. Namun, jika substring tidak ditemukan, maka rfind() akan mengembalikan nilai -1. Dalam penggunaannya, kita dapat mengatur indeks awal dan akhir pencarian substring. 


Terus gimana nih penerapan dari metode rfind() dalam bahasa pemrograman Python? Tentunya kamu perlu tahu juga kalau kamu ingin belajar bahasa pemrograman Python. Buat kamu yang penasaran dengan bagaimana caranya, langsung aja simak selengkapnya melalui artikel berikut ini sahabat DQLab.


1. Mengenal Metode rfind()

Rfind() adalah metode string yang digunakan untuk mencari indeks terakhir dari sebuah substring dalam sebuah string. Rfind() dikhususkan sebagai salah satu fungsi yang diaplikasikan dalam melakukan manipulasi data. Secara khusus, rfind() mengembalikan indeks terakhir dari kemunculan substring yang dicari dalam sebuah string. Jika substring tidak ditemukan dalam string, maka rfind() akan mengembalikan nilai -1.


Baca juga : Yuk Cari Tahu Perbedaan Python R dan SQL


2. Sintaks Dasar Metode rfind()

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah format sintaks dasar dalam metode rfind()

Python

Keterangan: 

  • String: string yang akan dicari substringnya.

  • Substring: Substring yang akan dicari dalam string.

  • Start: indeks awal pencarian substring. Jika tidak diberikan maka pencarian dimulai dari awal string. Elemen Start pada sintaks dasar metode rfind() bersifat opsional. 

  • End: indeks awal pencarian substring. Jika tidak diberikan maka pencarian dimulai dari awal string. Elemen Start pada sintaks dasar metode rfind() bersifat opsional. 


3. Mencari Substring pada String

Biar semakin penasaran belajarnya, kali ini kita akan berikan contoh pengaplikasian sintaks pada metode rfind(). Kita mulai dari mencari substring dalam string. Langsung aja yuk.


Diketahui ada string bertuliskan kalimat “Belajar Python sangat menyenangkan” dimana kita ingin mencari indeks dari substring pada kata “Python”. Kira-kira pada urutan berapa? Atau pada indeks keberapa? Adapun sintaks beserta perintah dalam melakukan pencarian substring diantara string pada bahasa pemrograman Python telah disajikan pada gambar berikut

Python

Pada contoh di atas, kita mencari indeks terakhir dari substring pada kata “Python” dalam satu kalimat string. Pada kalimat lengkap dituliskan “Belajar Python sangat menyenangkan” dimana substring pada kata “Python” muncul pada indeks ke-7 string. Kata “belajar” memiliki enam kata sehingga kata “Python” dimulai dari huruf P maka sudah masuk indeks ke-7. Dengan demikian, rfind() mengembalikan nilai atau menghasilkan output yaitu 7.


Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL


4. Mencari substring pada string dengan batas pencarian

Diketahui ada string bertuliskan kalimat “Belajar Python sangat menyenangkan” dimana kita ingin mencari indeks dari substring pada kata “Python”. Kira-kira pada urutan berapa? Atau pada indeks keberapa? 


Namun perbedaannya dengan contoh yang pertama adalah jika contoh pertama hanya menghitung secara keseluruhan dari string yang tersedia. Sedangkan contoh kedua lebih kepada pengguna ingin mencari substring dengan batas pencarian yang sudah ditentukan. 


Adapun sintaks beserta perintah dalam melakukan pencarian substring diantara string pada bahasa pemrograman Python telah disajikan pada gambar berikut

Python

Pada contoh diatas, kita ingin melakukan pencarian substring di dalam string namun dengan batas pencarian yang telah ditentukan. Kali ini, kita ingin mencari substring khusus huruf n dalam string tersebut. Pada kalimat lengkap dituliskan “Belajar Python sangat menyenangkan” dimana substring pada kata “Python” muncul pada indeks ke-7 string. 


Namun kita mencari indeks terakhir dari serangkaian string yang disediakan dengan batas pencarian antara indeks ke-0 sampai ke-9. Karena substring “n” terakhir muncul pada indeks ke-9 dalam batas pencarian yang telah ditentukan, dengan demikian rfind() mengembalikan nilai atau menghasilkan output yaitu 9.


5. String tidak mengandung Substring

Terakhir yaitu string tidak mengandung substring. Artinya, string tidak mengndung substring yang dicari. Jadi ketika string yang telah dituliskan ternyata tidak sesuai dengan substring yang dicari maka akan menghasilkan output lainnya. Berikut adalah contoh pengaplikasiannya

Python

Pada contoh diatas, string yang kita miliki masih sama ya. Dimana Pada kalimat lengkap dituliskan “Belajar Python sangat menyenangkan”. Adapun substring yang dicari adalah Java. Namun, kalau dilihat-lihat sebenarnya antara substring dan stringnya menunjukkan ketidaksesuaian. Pada contoh di atas, kita mencari indeks terakhir dari substring "Java" dalam string "Belajar Python sangat menyenangkan". Karena substring "Java" tidak ditemukan dalam string, maka rfind() mengembalikan nilai -1.


Belajar coding python akan sangat mudah dan so easy kalau misalnya tidak praktek buat nulis array dan printilan-printilannya. Yuk langsung aja belajar coding Python bersama DQLab! Dengan modul dan materi yang update, belajar python menggunakan bahasa menjadi lebih mudah dan terstruktur bersama DQLab


DQLab adalah platform belajar online yang memiliki metode  HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Menariknya lagi, DQLab juga mengintegrasikan modulnya dengan fitur ChatGPT nih! Fungsinya untuk apa?

  • Membantumu mendapatkan penjelasan dari code yang sedang dipelajari.

  • Membantumu menemukan code yang salah atau tidak sesuai. 

  • Memberikan alternatif solusi dari problem/error yang kalian temukan.


Jadi, tunggu apalagi? Nikmati pengalaman belajar praktis dan menyenangkan di DQLab dengan Sign Up segera di sini!


Penulis: Reyvan Maulid



Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :