SUPER 6.6 SALE! DISKON 96%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 120K!

0 Hari 4 Jam 41 Menit 39 Detik

Coding Python Sederhana Gunakan Operasi Aritmatika

Belajar Data Science di Rumah 13-September-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-senin-01-2023-09-13-135000_x_Thumbnail800.jpg

Halo teman-teman mungkin sebagian besar dari kita sudah tidak asing dengan berbagai jenis bahasa pemrograman yang saat ini cukup banyak dipelajari oleh para peminat profesi praktisi data. Salah satu yang populer digunakan oleh para pemula adalah bahasa python.


Bahasa python ini memiliki berbagai kelebihan seperti bersifat open source, mudah dipelajari, sintaks yang sederhana, memiliki banyak library, dan masih banyak yang lainnya . Pada artikel kali ini kita akan mencoba mempraktekkan coding Python sederhana dengan menggunakan operasi aritmatika.


Bahasa python merupakan bahasa pemrograman yang telah banyak digunakan oleh perusahaan besar. Kecanggihan teknologi di zaman sekarang ini menuntut para pemuda untuk bisa terus berinovasi dan berkreasi dengan memanfaatkan fasilitas maupun tools yang dapat digunakan untuk belajar seperti bahasa Python.


Bahasa python memiliki beberapa manfaat seperti memiliki komunitas yang besar, developer dapat mudah membaca dan memahami bahasa python, dapat digunakan dengan bahasa pemrograman lain, serta bersifat open source sehingga dapat digunakan oleh siapapun.


1. Struktur Python

Program python memiliki struktur secara umum terdiri dari beberapa hal berikut:

  • statements : instruksi yang diberikan secara baris per baris untuk dijalankan oleh mesin

  • variables : lokasi penyimpanan yang dapat digunakan untuk menampung sebuah data atau informasi

  • literals : simbol-simbol yang dapat digunakan untuk mengisi suatu variabel

  • operators : simbol-simbol yang dapat digunakan untuk mengubah nilai dari satu variabel dengan melibatkan satu atau lebih variabel dan literal

Perhatikan contoh coding struktur python sederhana berikut


Python


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Tipe Data Python

Bahasa python memiliki beberapa tipe data dasar, yaitu null, boolean, numeric dan text. Berikut ini adalah penjelasan secara singkatnya

  • null : tipe data yang digunakan untuk menyimpan nilai kosong atau tidak ada yang dinyatakan dengan None

  • boolean : tipe data yang digunakan untuk menyimpan nilai kebenaran (true atau False) dari suatu ekspresi logika

  • numeric : tipe data yang digunakan untuk menyimpan data berupa angka, yang terdiri dari dua macam yaitu int (bilangan bulat) dan float (bilangan riil)

  • text : tipe data yang digunakan untuk menyimpan data teks


3. Library Python

Library dalam bahasa pemrograman merupakan sebuah tempat untuk menyimpan kumpulan sintaks atau kode yang nantinya dapat dipanggil kembali oleh pengguna dengan mudah. Dengan menggunakan library maka pengguna tidak perlu mengetikkan ulang kode ketika akan menggunakannya. Bahasa python dikenal memiliki begitu banyak library yang dapat digunakan sesuai dengan keperluannya.


Beberapa contoh library Python yang cukup populer di kalangan data sains adalah library tensorflow, numpy, scipy, pandas, matplotlib, keras, scikit-learn, pytorch, scrapy, seaborn, dll. Setiap library memiliki cara mengimport yang berbeda-beda. Berikut ini beberapa contoh cara mengimport library python.

Python


4. Contoh Coding Python

Bahasa python dikenal dengan bahasa yang mudah dipelajari oleh pemula. Bahasa python ini memiliki sintaks yang sederhana dan mudah dipahami. Pada contoh dibawah ini kita akan mencoba menghitung total harga baju, celana dan sepatu dengan mendefinisikan beberapa variabel serta penerapan beberapa operasi aritmatika di dalamnya.


Seperti yang dapat dilihat bahwa cara penulisan sintaksnya cukup mudah dipahami oleh orang yang ingin memulai belajar bahasa pemrograman. Dengan demikian tidak heran jika Python ini termasuk dalam salah satu bahasa pemrograman yang populer.

Python


Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL


Mempelajari bahasa python saat ini menjadi minat banyak kalangan usia. Ya, bahasa pemrograman ini memang dikenall memiliki berbagai manfaat dan banyak dibutuhkan perusahaan. Kamu bisa mulai belajar dasar-dasar python di DQLab.


DQLab merupakan suatu platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan berbagai bahasa pemrograman populer. Selain itu DQLab merupakan platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT.


DQLab juga menggunakan metode HERO, yaitu Hands-On, Experiental Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis & aplikatif yuk langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan ikuti DQLab LiveClass Bootcamp Data Analyst with SQL and Python sekarang! 


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login