Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Coding Python Sederhana untuk Permudah Grocery

Belajar Data Science di Rumah 01-November-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-senin-01-2023-11-01-190026_x_Thumbnail800.jpg

Python adalah salah satu bahasa pemrograman yang cukup populer dan banyak digunakan dalam pekerjaan bidang data. Kemudahan penggunaan serta kemampuannya dalam mengerjakan banyak tugas membuat para praktisi data memfavoritkan bahasa pemrograman ini.


Namun ternyata, coding Python tidak hanya berguna untuk pekerjaan yang bersifat teknis di perusahaan saja. Kita bisa menggunakan coding sederhana Python untuk mempermudah pekerjaan sehari-hari.


Misalnya saja dalam belanja bulanan. Belanja bulanan bisa menjadi tugas rutin yang seringkali memerlukan perencanaan dan pengaturan yang baik. Jika belanja bulanan dilakukan tanpa perencanaan, akan ada kemungkinan kita berbelanja lebih dari budget yang telah ditentukan.


Python dapat membantu kita untuk membuat alat sederhana yang bisa mempermudah proses ini. Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa contoh penggunaan kode Python yang dapat mempermudah belanja bulanan. Yuk, liat pembahasannya!


1. Membuat Daftar Belanja

Contoh penggunaan pertama coding Python untuk mempermudah belanja bulanan adalah dengan membuat daftar belanja yang terstruktur. Python dapat dengan mudah membantu kita membuat daftar belanja, dengan menggunakan code berikut: 

Python


Kode di atas akan meminta kita untuk memasukkan item-item belanjaan, dan akan menyimpannya dalam sebuah list. Proses penginputan item baru akan terhenti jika kita menuliskan “selesai” di list. Berikut adalah contoh penggunaannya:

Python


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Menghitung Total Belanja

Untuk bisa mengetahui apakah barang-barang yang akan dibeli masih masuk budget atau tidak, kita bisa menghitung estimasi total belanja. Tentunya untuk bisa melakukan hal ini, kita harus memiliki list harga barang terlebih dahulu.


Hal ini bisa didapatkan dengan survey di website atau media sosial supermarket tujuan. Berikut adalah contoh codingnya:

Python


Code di atas, akan menyesuaikan harga dengan list barang yang sudah ditambahkan di pembahasan poin pertama. Selanjutnya, output dari kode ini adalah menjumlahkan seluruh harga barang yang ada di dalam list belanja.


3. Mengingatkan Jadwal Belanja

Kita juga bisa membuat coding sederhana Python untuk mengingatkan jadwal belanja bulanan. Kita bisa memanfaatkan modul datetime untuk melakukan hal ini. Berikut adalah contoh penggunaan code nya:

Python


Kode di atas akan memberikan peringatan berapa hari lagi hingga jadwal belanja bulanan kita tiba. Jika tanggal belanja bulanan sudah lewat atau tepat dengan tanggal hari ini, maka output yang muncul adalah:

Python


4. Otomatisasi Pengisian Daftar Belanja

Python dapat digunakan untuk mengotomatisasi pengisian daftar belanja dengan mengambil data dari sumber lain, seperti file teks atau database. Kita bisa memanfaatkan library Python seperti Pandas untuk melakukan hal tersebut. Berikut adalah contoh codingnya:

Python


Dari code di atas, kita akan mengambil list barang untuk belanja bulanan dari file CSV. Untuk menggunakan code ini, pastikan kita telah menuliskan nama file yang sesuai agar Python bisa membacanya dengan benar.


Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL


Sahabat DQ bisa mempelajari coding Python yang lebih mendalam dan detail dengan mengakses modul Premium yang tersedia di DQLab.  DQLab merupakan platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur Chat GPT. 


Selain itu DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. 


Yuk sign up di DQLab untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih menarik. Daftar sekarang dan kejar impianmu untuk menjadi Data Analyst! Atau kamu ingin mempelajari Artificial Intelligence lebih dalam & intensif? Yuk ikuti DQLab LiveClass!


Nikmati pembelajaran secara langsung dengan metode simulasi yang akan membantu kamu dalam persiapan karir. Kunjungi halaman Bootcamp Data Analyst with SQL and Python untuk informasi lebih lanjut ya!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login