3.3 TRIPLE THE SALE!
Belajar Data 6 BULAN Bersertifikat hanya Rp130K!

0 Hari 1 Jam 26 Menit 6 Detik

Confidence Interval dalam Statistik Data Analyst

Belajar Data Science di Rumah 15-Desember-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-rabu-03-2023-12-14-140731_x_Thumbnail800.jpg

Sebagai seorang data analyst, memahami konsep statistik adalah salah satu kunci yang perlu kamu kuasai agar bisa mengelola data dengan baik dan bijak sesuai dengan porsi kebutuhan. Statistik merupakan bekal utama seorang data analyst untuk merangkum, menginterpretasi, dan mengambil kesimpulan berdasarkan data.


Sebetulnya, ada banyak konsep statistik yang bisa kita kulik apabila difokuskan pada pekerjaan data analyst. Salah satu konsep yang paling penting dan perlu dikuasai adalah konsep interval kepercayaan (confidence interval).


Konsep interval kepercayaan (confidence interval) memiliki peran krusial dalam memberikan kerangka kerja untuk mengukur sejauh mana kita dapat yakin bahwa parameter statistik yang diestimasi, seperti rata-rata atau proporsi, berada dalam suatu rentang tertentu.


Dalam konteks data analyst, interval kepercayaan membantu dalam memberikan gambaran tentang seberapa akurat dan dapat diandalkan estimasi yang diperoleh dari sampel data. Interval kepercayaan biasanya dinyatakan dengan tingkat kepercayaan tertentu, seperti 95%. Ini berarti jika kita melakukan eksperimen atau survei seratus kali dan menghitung interval kepercayaan 95% setiap kali, sekitar 95 dari hasilnya akan mencakup parameter populasi yang sebenarnya.


Lalu, apa alasannya mengapa seorang data analyst perlu mempelajari konsep ini? Simak ulasannya berikut yuk sahabat DQLab!


1. Melakukan Interpretasi Data Lebih Luas

Konsep confidence interval digunakan sebagai panduan dalam mengukur ketidakpastian dan memberikan pandangan terkait seberapa tepat perkiraan yang dibuat dari sampel data. Tingkat kepercayaan yang umum digunakan adalah 90%, 95%, atau 99%, dan interval kepercayaan sering dihitung menggunakan rumus statistik yang melibatkan standar deviasi sampel, ukuran sampel, dan distribusi t- atau z-terkait, tergantung pada apakah deviasi standar populasi diketahui.


Penting untuk diingat bahwa konsep confidence interval bukanlah jaminan bahwa parameter populasi pasti berada dalam interval tersebut. Sebaliknya, hal ini memberikan perkiraan sejauh mana parameter mungkin berada berdasarkan sampel yang diambil.


Oleh karena itu, interpretasi hasil harus dilakukan dengan hati-hati, dan tingkat kepercayaan yang dipilih harus sesuai dengan kebutuhan analisis dan tingkat ketidakpastian yang dapat diterima dalam konteks tertentu.

Data Analyst

Sumber Gambar: AnalystPrep


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Pengambilan Keputusan

Penguasaan konsep confidence interval juga membantu dalam melakukan pengambilan keputusan berdasarkan data yang tersedia. Dengan memahami seberapa jauh hasil analisis dapat bervariasi dan tingkat ketidakpastian yang terkandung dalam interval kepercayaan, seorang data analyst dapat mengambil keputusan yang lebih insightful.


Dengan demikian, penguasaan konsep confidence interval bukan hanya merupakan keterampilan analitis, tetapi juga merupakan alat yang kuat dalam mendukung pengambilan keputusan yang informasional dan responsif terhadap ketidakpastian dalam data.


3. Menyampaikan Temuan Secara Efektif

Confidence interval dipakai sebagai cara jitu melakukan analisis data sebelum nantinya menyajikan hasil temuannya kepada pihak tim manajer terkait. Dengan mengintegrasikan konsep confidence interval dalam analisis, seorang data analyst dapat memberikan informasi yang lebih lengkap dan relevan kepada manajemen. 


Confidence interval membantu dalam penyajian hasil analisis secara lebih efektif kepada pihak manajerial dan non-teknis. Grafik atau tabel interval kepercayaan dapat digunakan untuk mengkomunikasikan tingkat ketidakpastian dengan jelas

Data Analyst

Sumber Gambar: nulib.github


Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya 


4. Evaluasi Pengaruh Margin of Error

Konsep confidence interval juga dipakai untuk menilai seberapa besar kesalahan yang mungkin muncul dalam estimasi dan sejauh mana hasilnya dapat bervariasi. Pemahaman tentang margin of error yang terkandung dalam interval kepercayaan sangat penting karena memberikan pandangan tentang batas atas dan batas bawah dari perkiraan yang dihasilkan dari sampel data.


Dengan memahami dan menggunakan konsep confidence interval, seorang analis dapat membuat klaim yang lebih berhati-hati dan dapat diandalkan terkait dengan parameter populasi yang mungkin diestimasikan dari sampel data. Hal ini membantu membangun kepercayaan dalam hasil analisis dan meningkatkan kredibilitas pengambilan keputusan berbasis data.


Penguasaan konsep interval kepercayaan membantu menangkap kompleksitas ketidakpastian dalam data dan mendorong pengambilan keputusan yang lebih cerdas berdasarkan kerangka kerja statistik yang solid. Dengan demikian, seorang data analyst dapat menyajikan hasil analisis dengan lebih akurat dan dapat dipercaya, memberikan nilai tambah bagi pemahaman dan interpretasi data.


Jadi, teman-teman, sekarang kalian tahu bahwa statistik adalah senjata rahasia yang digunakan oleh Data Analyst untuk memahami data dan membuat keputusan yang cerdas. Jangan takut untuk mempelajari lebih lanjut tentang statistik, karena ini adalah alat yang sangat berguna dalam dunia analisis data.


DQLab merupakan suatu platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan berbagai bahasa pemrograman populer. Selain itu DQLab merupakan platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT.


DQLab juga menggunakan metode HERO, yaitu Hands-On, Experiental Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis & aplikatif yuk langsung saja sign up di DQLab.id dan ikuti DQLab LiveClass Bootcamp Data Analyst with SQL and Python sekarang! 


Penulis: Reyvan Maulid




Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :