PROMO PUNCAK LEBARAN DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan BERSERTIFIKAT hanya Rp 99K!

1 Hari 7 Jam 56 Menit 31 Detik

Contoh Aplikatif Machine Learning dalam Usaha Bakery

Belajar Data Science di Rumah 01-September-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/longtail-senin-07-2023-09-02-091021_x_Thumbnail800.jpg

Machine learning dapat digunakan dalam berbagai bidang. Baik di skala kecil, skala menengah, maupun skala besar. Tak terkecuali dalam usaha bakery, machine learning pun juga bisa diaplikasikan. Machine learning dapat digunakan dalam berbagai cara di bidang bakery untuk meningkatkan efisiensi, kualitas produk, dan pengalaman pelanggan.


Secara detail dan spesifik, penggunaan machine learning dinilai sangat berguna khususnya dalam hal pengelolaan persediaan bakery. Dengan menganalisis data permintaan, waktu produksi, dan masa simpan produk, bakery dapat mengoptimalkan tingkat persediaan mereka sehingga tidak terlalu banyak atau terlalu sedikit produk yang tersedia.


Penerapan machine learning dalam bidang bakery dapat membantu bisnis meningkatkan efisiensi operasional, mengurangi pemborosan, meningkatkan kualitas produk, dan memberikan pengalaman yang lebih baik kepada pelanggan. Jika bakery memiliki berbagai jenis produk, sistem rekomendasi berbasis machine learning dapat membantu pelanggan dalam memilih produk yang sesuai dengan preferensi mereka, meningkatkan penjualan dan kepuasan pelanggan.


Dengan menggunakan Machine Learning dengan bijak, usaha bakery dapat mengoptimalkan operasi mereka, meningkatkan kualitas produk, dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Namun, penting untuk mencatat bahwa penggunaan Machine Learning juga memerlukan investasi dalam sumber daya manusia yang terampil dan infrastruktur teknologi yang memadai.


Kali ini, kita akan mengupas lebih dalam terkait dengan penerapan machine learning secara khusus dalam usaha bakery. Selengkapnya kalian bisa cek artikelnya lewat postingan berikut ini yuk sahabat DQLab!


1. Prediksi Permintaan Produk

Machine Learning dapat digunakan untuk menganalisis data penjualan sebelumnya, musiman, tren, dan faktor-faktor lainnya untuk memprediksi permintaan produk roti dan kue tertentu. Ini dapat membantu toko roti mengoptimalkan produksi dan persediaan mereka.

Machine Learning

Sumber Gambar: Snack Food & Wholesale Bakery


Baca juga : Yuk Kenali Macam-Macam Algoritma Machine Learning!


2. Pengoptimalan Rasa dan Resep

Dengan menggunakan Machine Learning, Anda dapat menganalisis data umpan balik pelanggan terhadap berbagai resep roti dan kue. Dengan memahami preferensi pelanggan, model dapat merekomendasikan modifikasi resep yang mungkin meningkatkan kualitas rasa dan tekstur produk.


3. Pengenal Gambar untuk Dekorasi Kue

Dalam hal dekorasi kue, Machine Learning dapat digunakan untuk membangun model pengenalan gambar. Ini memungkinkan toko roti untuk mengotomatisasi proses mengidentifikasi pola dan gambar tertentu yang sering digunakan dalam dekorasi kue.

Machine Learning

Sumber Gambar: Youtube Joon’s Little Table


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


4. Pengenalan Sentuhan Akhir pada Roti/Kue

Untuk produk-produk yang memerlukan sentuhan akhir tertentu, seperti memastikan tekstur yang tepat atau warna yang konsisten, Machine Learning dapat membantu dalam proses ini dengan menganalisis gambar produk dan memberikan umpan balik untuk perbaikan.


Tertarik untuk membangun usaha bakery dengan bantuan machine learning? Yuk perdalam pengetahuan dan penguasaan materi machine learning kamu bersama DQLab! DQLab merupakan suatu platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan berbagai bahasa pemrograman populer. Selain itu DQLab merupakan platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT.


DQLab juga menggunakan metode HERO, yaitu Hands-On, Experiental Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis & aplikatif yuk langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan ikuti DQLab LiveClass Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner sekarang! 


Penulis: Reyvan Maulid



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login