PROMO PUNCAK LEBARAN DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan BERSERTIFIKAT hanya Rp 99K!

0 Hari 2 Jam 56 Menit 37 Detik

Contoh Business Intelligence dalam Dunia Industri

Belajar Data Science di Rumah 03-Maret-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/5e2239c6ca86c59cd47164079a264d81_x_Thumbnail800.png

Contoh aplikasi Business Intelligence yang ada di dalam dunia industri, baik itu industri data, perbankan, perhotelan, dan lain lain, menunjukkan bahwa profesi ini sangat mempengaruhi berbagai sektor. Tentunya, setiap perusahaan dituntut untuk mengikuti dan menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman. Sehingga setiap perusahaan harus mampu untuk terus mengembangkan diri dengan cara melahirkan berbagai inovasi baru. Seiring dengan perkembangan teknologi informasi, persaingan bisnis semakin ketat, dan perkembangan teknologi informasi yang membuat data semakin melimpah. Informasi yang dihasilkan dari data dan teknologi merupakan faktor penting dalam perkembangan perusahaan. Dengan bantuan informasi tersebut, maka perusahaan dapat meningkatkan kinerjanya dalam pengambilan keputusan yang akurat dengan resiko yang minimal, sehingga tercapai keuntungan yang maksimal dan kemajuan perusahaan.

Lalu, bagaimana membuat informasi tersebut menjadi tepat dan efektif agar mudah dipahami dan membuat suatu perusahaan dapat membuat keputusan yang tepat? Disinilah Business Intelligence dibutuhkan. Business Intelligence dapat membantu perusahaan dalam mengidentifikasi berbagai jenis pelanggan dan menghasilkan produk atau layanan yang dapat memenuhi kebutuhan pelanggan dengan menentukan strategi penetapan harga untuk menghasilkan manajemen pendapatan yang lebih baik. Pada artikel ini, DQLab akan mencoba membandingkan penerapan BI pada berbagai jenis industri, penasaran industri apa saja? Yuk simak penjelasannya!

 

1. Industri Perhotelan

Pemilik hotel juga menerapkan Business Intelligence untuk mengumpulkan informasi statistik mengenai rata-rata hunian dan tarif per kamar. BI membantu untuk menemukan total pendapatan yang dihasilkan per kamar. Selain itu BI juga membantu dalam mengumpulkan data statistik tentang market share dan data survei pelanggan dari hotel-hotel lainnya untuk menentukan posisi kompetitif hotel tersebut. Dengan menganalisis tren ini, dapat membantu manajemen hotel untuk memberikan penawaran-penawaran kepada customer.


Baca juga : Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut langkah-langkahnya!

 

2. Online Transaction Processing (OLTP)

Dalam sistem pemrosesan transaksi online (OLTP), informasi yang dapat dimasukkan ke dalam database product seperti penambahan lini produk dan perubahan harga produk. Sejalan dengan itu, dalam sistem query Business Intelligence yang akan dieksekusi untuk area subjek produk dapat dilakukan penambahan lini produk baru atau perubahan pendapatan kenaikan harga produk. Dalam database periklanan, sistem query yang bisa dijalankan seperti perubahan dalam opsi iklan dan meningkatkan anggaran siaran/iklan. Sejalan dengan sistem tersebut, Business Intelligence akan menganalisa berapa banyak klien baru yang akan ditambahkan karena adanya perubahan anggaran pada siaran/iklan.

 

3. Industri Perbankan

Penerapan Business Intelligence dalam industri perbankan merupakan kunci sukses dalam efektivitas dan efisiensi perusahaan. Terutama dalam kemampuan mendapatkan, mengelola, dan menganalisa data nasabah, produk, jasa, dan kolega dalam jumlah yang besar. Contoh penerapan Business Intelligence dalam industri perbankan antara lain seperti manajemen customer relationship, analisis customer credit, manajemen risiko, dan segmentasi pasar. Peran Business Intelligence dalam aktivitas ini dapat memberikan layanan yang lebih personal kepada nasabah dan secara fundamental dapat meningkatkan kualitas pelayanan bank.


Baca juga : Mulai Belajar Data Science GRATIS bersama DQLab selama 1 Bulan Sekarang!

4. Yuk Mulai Belajar Menjadi Data Scientist Bersama DQLab!       


Gunakan Kode Voucher "DQTRIAL", dan simak informasi di bawah ini mendapatkan 30 Hari FREE TRIAL:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Buka academy.dqlab.id dan pilih menu redeem voucher 

  3. Redeem voucher "DQTRIAL" dan check menu my profile untuk melihat masa subscription yang sudah terakumulasi. 

  4. Selamat, akun kamu sudah terupgrade, dan kamu bisa mulai Belajar Data Science GRATIS 1 bulan.

    Penulis: Salsabila Miftah

    Editor : Annissawd


    Mulai Karier
    sebagai Praktisi
    Data Bersama
    DQLab

    Daftar sekarang dan ambil langkah
    pertamamu untuk mengenal
    Data Science.

    Buat Akun


    Atau

    Sudah punya akun? Login